counter 10 Macam Buah Untuk Diet Sehat – Sami Share

Kesehatan

10 Macam Buah Untuk Diet Sehat

on

Sebagai makanan sehat, buah-buahan mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Mengkonsumsi buah-buahan juga dapat menghindarkan dari dehidrasi karena kandungan buah-buahan sebagian besar adalah berupa cairan.

Diantara sumber-sumber energi dan gizi yang sangat baik bagi tubuh adalah buah-buahan terutama bagi yang sedang diet. Buah-buahan juga memiliki faedah melancarkan sirkulasi darah, menjaga sistem kekebalan tubuh, melancarkan dan memperbaiki sistem pencernaan, menjaga kesehatan kulit serta rambut.

Bagi yang sedang menjalani program diet, buah-buahan dapat menjadi salah satu media detoksifikasi yang baik. Dan bila ingin mengurangi berat badan, bisa melakukan diet sehat dengan buah-buahan juga.

Berikut beberapa buah yang baik untuk diet sehat.

1. Diet sehat dengan buah nanas

Nanas

Selain kaya vitamin, serat dan mineral, buah nanas juga bebas dari lemak dan kolesterol. Buah nanas juga bisa mengurangi keinginan untuk terus makan karena 85% kandungan buah nanas adalah air sehingga membuat perus tetap kenyang dalam waktu lama.

2. Diet sehat dengan buah semangka

Semangka

Hampir mirip dengan nanas, buah semangka juga bebas dari lemak dan kolesterol. Kandungan buah semangka sebagian besar adalah air yang membuat perut terasa kenyang dalam waktu lama sehingga mengurangi hasrat ingin terus makan. Buah semangka kaya akan vitamin A dan vitamin C yang berfungsi mengurangi tekanan darah serta meningkatkan energi tubuh.

3. Diet sehat dengan buah pisang

Buah-Pisang

Buah pisang memiliki kandungan lemak rendah dan kaya akan serat yang berfungsi melancarkan proses metabolisme tubuh. Buah pisang juga memiliki kandungan pati yang banyak yang berfungsi mempercepat proses pembakaran lemak. Buah pisang memiliki kandungan 68% air sehingga membuat perut terasa kenyang lebih lama. Apalagi jika dikombinasikan dengan air putih.

4. Diet sehat dengan buah apel

Buah Apel

Buah apel memiliki banyak sekali nutrisi dan gizi. 85% kandungan buah apel berupa cairan sehingga buah apel juga dapat mengurangi dehidrasi. Buah apel kaya akan serat dan memiliki kandungan vitamin A, B1, B2, B3, B6 dan vitamin C. Diet sehat dengan buah apel sangat baik karena kandungan antioksidan yang disebut querceti dapat meningkatkan kekebalan tubuh sehingga mengurangi risiko depresi.

5. Diet sehat dengan buah jeruk

Buah Jeruk

Buah jeruk memiliki kandungan kalsium dan vitamin C yang tinggi. Jeruk juga memiliki kandungan karbohidrat sehingga dapat meningkatkan energi. Memiliki kandungan lemak rendah dan kandungan air dalam jumlah banyak. Makan jeruk dapat mengurangi hasrat ingin makan berlebihan.

6. Diet sehat dengan buah kiwi

Buah Kiwi

Buah kiwi boleh dikatakan sebagai buah terbaik. Buah kiwi dijuluki “nutritional all – star” karena kandungan nutrisinya yang lengkap mulai dari karbohidrat, vitamin, protein dan berbagai mineral. Disamping baik untuk diet, buah kiwi juga baik untuk pencernaan.

7. Diet sehat dengan buah lemon

Lemon

Buah berwarna kuning cerah dengan rasa asam ini mengandung berbagai macam mineral. Disamping kandungan vitamin C-nya yang besar, buah lemon juga mengandung vitamin B kompleks seperti thiamin, vitamin B6, riboflavin, dan asam pantotenat. Cara termudah memanfaatkan buah lemon untuk diet adalah dengan memerasnya, kemudian diseduh dengan air hangat, lalu meminumnya secara rutin dan teratur.

8. Diet sehat dengan buah strawberry

Strawberri

Buah strawberry memiliki kandungan vitamin melimpah seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B6, vitamin K, vitamin A, and vitamin E. Buah strawberry juga memiliki kandungan mineral yang tinggai dan kaya akan serat. Satu cangkir jus srawberry atau lebih dari 220 gram memenuhi 13% asupan serat yang disarankan untuk kesehatan yang membuat perut terasa kenyang lebih lama.

9. Diet sehat dengan buah persik atau Peach

Buah Persik

Dalam setiap 100 gram, buah persih memiliki kandungan nutrisi Energi 165 kJ (39 kcal), Karbohidrat 9,5 gr, Gula 8.4 gr, Diet serat 1,5 gr, Lemak 0,3 gr, Protein 0,9 gr, Vitamin A 16 mg (2%), Folat (Vit. B9) 4 mg (1%), Vitamin C 6,6 mg (11%), Vitamin E 0,700 mg, Besi 0,25 mg (2%), Kalium 190 mg (4%), Beta carotene, Karotenoid, dan magnesium. Untuk komsumsi diet, buah ini bisa dikonsumsi secara langsung ataupun dibuat makanan lain.

10. Diet sehat dengan buah-buahan kering

Buah-buahan Kering

Masuk dalam kategori ini ini adalah buah Kurma, plum dan kismis. Buah kering memiliki kandungan melimpah seperti vitamin A, vitamin K, dan berbagai mineral seperti mangan, kalsium dan zat besi. Seperti halnya buah segar, buah kering cenderung mengandung kadar lemak dan sodium yang sangat rendah sehingga sangat baik dikonsumsi bagi yang sedang diet.

Itu adalah beberapa buah-buahan yang baik untuk diet sehat. Tentunya harus dilakukan secara wajar dan tidak berlebihan.

Recommended for you