counter 10 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil – Sami Share

Kesehatan

10 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

on

Dalam hal mengkonsumsi makanan sehat, ibu hamil mempunyai tanggung jawab yang tidak ringan. Ketika masih berbadan satu, makanan sehat yang dikonsumsi hanyalah untuk dirinya. Namun ketika sudah berbadan dua alias hamil, janin yang ada dalam kandungan ibu hamil memerlukan nutrisi yang harus dipenuhi melalui ibunya. Karenanya ibu hamil juga harus berfikir, apakah makanan sehat yang dimakan termasuk makanan sehat pula buat janinnya. Atau bisa dikatakan apakah makanannya termasuk makanan sehat untuk ibu hamil.

Diperlukan banyak pengetahuan tentang bagaimana ibu hamil dan janinnya bisa memperoleh asupan gizi serta nutrisi yang baik, yang benar-benar dibutuhkan melalui makanan sehat. Ada banyak jenis makanan sehat untuk ibu hamil yang bisa dipilih. Tidak harus semua, namun mana yang disukai atau yang benar-benar menjadi favorit.

Berikut adalah 10 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil :

Telur

Telur Rebus

Selain kandungan vitamin dan mineralnya yang tinggi, telur juga sumber protein untuk pertumbuhan sel-sel pada janin.

Kandungan lain dalam telur yaitu kolin yang berguna untuk menghindarkan janin dari risiko cacat tabung syaraf serta kandunagn lemak omega-3 untuk perkembangan penglihatan dan otak janin.

Ikan Salmon

Daging Ikan Salmon

Sama dengan telur, ikan salmon juga banyak mengandung protein kualitas tinggidan lemak omega-3 lemak. Ikan salmon memiliki merkury rendah yang tidak berbahaya bagi janin asalkan dikonsumsi secara wajar dan tidak berlebihan. Bahaya ikan yang mengandung merkury yang tinggi adalah dapat merusak perkembangan otak janin serta sistem saraf.

Alternatif bagi ibu hamil yang ingin mengkonsumsi ikan adalah memilih ikan air tawar seperti lele, gurami, dan sebagainya.

Kacang

Kacang Buncis

Diantara banyak jenis kacang yang ada, kacang buncis adalah yang terbaik karena mengandung banyak serat dan proteinnya paling banyak sayuran yang lain. Serat menjadi penting karena dapat mencegah terjadinya wasir pada ibu hamil. Disamping itu makanan dengan kandungan serat tinggi biasanya juga mengandung banyak gizi lain seperti besi, folat, kalsium, dan seng.

Ubi jalar

Ubi Jalar Orange

Warna orange pada ubi jalar adalah karena kandungan karotenoid dan pigmen tanaman. Ketika dikonsumsi akan menjadi vitamin A yang baik. Kandungan lain dalam ubi jalar adalah vitamin C, folat, dan serat.

Oatmeal

Oatmeal

Ini adalah makanan yang sangat terkenal di dunia dan termasuk makanan sehat untuk ibu hamil. Oatmeal adalah gandum berserat tinggi yang berguna untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh dan menjaga kadar gula tubuh. Oatmeal juga mengandung nutrisi lain seperti vitamin E, selenium, dan fitonutrien yang berguna untuk melindungi sel.

Walnut

Walnut

Walnut atau sejenis kacang kenari adalah salah satu biji-bijian yang memiliki kadar asam lemak omega-3 tinggi yang berguna untuk pertumbuhan otak janin.

Bagi ibu hamil yang tidak menyukai ikan atau telur, namun ingin terpenuhi kebutuhan omega-3-nya, walnut bisa jadi altertnatif.

Yogurt Yunani

Yogurt Yunani

Yogurt atau susu fermentasi adalah sumber kalsium yang berfungsi menjaga tulang dari pengeroposan. Bagi ibu hamil, yogurt menjadi penting karena disamping menjaga tulang sendiri agar tetap kuat juga untuk membuat kerangka tulang yang kuat dan sehat pada janin. Jika kalsium untuk ibu hamil kurang, maka akan kurang juga kalsium pada janin.

Mengapa Yogurt Yunani? Karena disamping kandungan utamanya yaitu kalsium, kandungan protein Yogurt Yunani dua kali dari protein yogurt lain.

Sayuran Daun Hijau Tua

Bayam

Sayuran dengan daun warna hijau tua seperti bayam dan yang lain termasuk makanan sehat untuk ibu hamil karena kaya akan vitamin dan nutrisi, meliputi vitamin A, C, dan K, serta folat. Sayuran juga bagus untuk menjaga kesehatan indera penglihat atau mata.

Daging tanpa Lemak

daging tanpa lemak

Daging sudah dikenal sebagai sumber protein hewani. Untuk konsumsi ibu hamil sebaiknya cari daging segar yang lemaknya sudah dipisah.

Buah dan Sayur Beraneka Warna

Sayuran Aneka Warna

Perbedaan warna warni dalam buah dan sayur adalah karena kandungan nutrisinya yang bermacam-macam. Setiap kelompok warna yang berbeda memberikan vitamin, mineral, dan antioksidan.

Ibu hamil yang gemar memakan buah dan sayur beraneka warna dipastikan akan mendapatkan berbagai nutrisi yang baik buat dirinya juga janinnya.

Ada keuntungan lain bagi ibu hamil yang gemar makan buah dan sayuran ketika tahap akhir kehamilan. Janin akan “merasakan” seluruh makanan yang dimakan ibunya lewat cairan ketuban. Itu artinya janin sudah diperkenalkan dengan berbagai rasa buah dan sayuran. Ketika nanti dilahirkan, bayi akan lebih mengenali dan mudah menerima rasa buah dan sayuran. Maka tidak mengherankan jika apa yang disukai ibunya ketika hamil, biasanya akan disukai bayinya ketika sudah dilahirkan.

Jadi, kembali ke tujuan utama. Mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil adalah salah satu cara agar ibu hamil serta janin yang dikandungnya dalam keadaan sehat.

Selamat menjaga kehamilan !

Recommended for you

3 Comments

  1. Pingback: Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil – Bagian 2 - Sami Share

  2. Pingback: Makanan Sehat Untuk Bayi -1 | Sami Share

  3. Pingback: Cara Mudah Mengatasi Rasa Mual Dan Muntah Saat Hamil | Sami Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *