counter 10 Tips Agar Tubuh Tetap Sehat Di Musim Panas – Sami Share

Kesehatan

10 Tips Agar Tubuh Tetap Sehat Di Musim Panas

on

Bagi banyak orang yang memiliki hobi travelling, musim panas tentu sangat menguntungkan. Mereka punya banyak waktu dan kesempatan untuk bepergian tanpa khawatir kehujanan dan jalanan yang becek.

Sebagian lagi merasa senang karena bisa menjual dagangan yang kurang laku di musim hujan seperti pedagang es dan yang sejenisnya.

Sehat Saat Cuaca Panas

Namun, musim panas juga bisa jadi sangat meresahkan karena bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan. Datangnya musim panas rentan terhadap datangnya berbagai macam penyakit.

Cuaca dan suhu udara yang panas merangsang pertumbuhan mikroorganisme penyebab penyakit seperti bakteri, virus serta berbagai macam kuman. Belum lagi daya tahan tubuh yang menurun, persediaan air bersih yang minim dan udara yang kering semakin membuat keadaan lingkungan menjadi tidak sehat.

Oleh karena itu, perlu tips – tips khusus agar tubuh tetap sehat di musim panas dan jauh dari berbagai penyakit.

1. Pakai pakaian ringan berbahan katun

Saat musim panas, produksi keringat mengalami peningkatan. Hal ini sangat disukai bakteri penyebab biang keringat. Jadi, upayakan untuk selalu menjaga kesejukan tubuh agar bakteri tidak semakin berkembang dan menyebabkan terjadinya infeksi kulit. Pakaian katun ringan bisa menjaga kesejukan tubuh sehingga produksi keringat bisa dikurangi.

2. Tetap berada di tempat teduh

Udara yang panas membuat tubuh mudah lelah. Bila dipaksakan tetap terpapar sinar matahari langsung, tentu dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti stroke. Usahakan juga untuk minum banyak air putih agar tidak mengalami dehidrasi.

3. Pakai pelindung kepala dan wajah

Topi Pelindung Sinar Matahari

Terkadang kita tidak bisa menghindar dari sinar matahari langsung karena berbagai alasan seperti pekerjaan, olah raga, sedang di pantai dan lainnya. Gunakan selalu pelindung kepala dan wajah. Cara paling mudah untuk melindungi kepala adalah dengan mengenakan topi. Sedangkan untuk wajah, gunakan tabir surya agar tidak terkena dampak sinar matahari yang berbahaya. Tetap di tempat teduh, mengenakan topi dan tabir surya bisa menjadi cara untuk terhindar dari biang keringat dan bau badan tak sedap.

4. Biasakan mencuci tangan dengan sabun

Ingat, di musim panas kuman bisa berkembang dimana-mana. Di dalam rumah, di toilet, di pekarangan, di beranda, di kamar, di dapur dan di manapun. Apapun yang dipegang oleh telapak tangan berpotensi menyebarkan kuman penyebab penyakit. Dengan membiasakan mencuci tangan dengan sabun, penyebaran penyakit yang disebabkan oleh kuman pada telapak tangan bisa dihindari.

5. Mandi dengan air dingin secara teratur

Ada banyak sekali manfaat mandi dengan air dingin. Salah satunya adalah menghilangkan racun dan kuman yang dalam tubuh. Mandi dengan air dingin dapat mengontrol produksi keringat yang berlebihan yang menjadi tempat tumbuhnya kuman bau badan.

6. Jaga cairan tubuh

Minum Banyak Air Putih

Saat musim panas, cairan tubuh lebih mudah menurun secara tajam karena produksi keringat yang berlebih. Cara termudah dan terbaik menjaga cairan tubuh atau mengembalikan cairan tubuh yang hilang adalah minum banyak air putih yang sehat, aman dari zat berbahaya. Selain air putih, mengkonsumsi buah – buahan yang memiliki banyak kadar air juga baik untuk menstabilkan cairan tubuh.

7. Selalu konsumsi makanan sehat

Salah salah satu manfaat mengkonsumsi makanan sehat terutama yang mengandung vitamin adalah meningkatkan sistem antibodi atau kekebalan tubuh. Saat musim panas, tubuh rentan terkena infeksi musim panas. Dengan mengkonsumsi makanan sehat, hal tersebut bisa dihindari. Pastikan juga makanan yang dikonsumsi telah dicuci hingga bersih.

8. Jauhi kebiasaan menggosok mata

Seperti yang umum terjadi, cuaca yang panas membuat tubuh cepat lelah dan mata mudah mengantuk. Upaya menahan rasa mengantuk meningkatkan produksi air mata sehingga biasanya, orang yang menguap karena mengantuk matanya menjadi sembab dan berair. Menggosok mata dengan tangan telanjang di musim panas berisiko menimbulkan masalah kesehatan mata karena adanya kuman pada tangan yang digunakan untuk menggosok. Selain itu, menggosok mata juga bisa menyebarkan infeksi mata ke orang lain yang berada dekat. Sebaiknya gunakan sapu tangan, tisue atau handuk bersih untuk membersihkan mata.

9. Jaga kebersihkan tempat air

Walaupun sedikit, air yang menggenang lama di satu tempat tanpa ada pergantian bisa menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk. Terlebih di musim panas dimana volume air banyak berkurang, nyamuk-nyamuk akan berebut untuk tempat berkembang biak bila menemukan air menggenang. Jadi, selalu jaga kebersihan tempat-tempat air. Bila tidak ada sirkulasi, kosongkan tempat air kemudian keringkan. Bila tetap akan digunakan, tutup tempat air rapat – rapat, atau sesering mungkin air diisi ulang.

10. Bersihkan tempat makan dan alat makan

Makanan dan Minuman Sehat Musim Panas

Pastikan tangan sudah dicuci bersih saat akan mulai mengolah makanan. Peralatan-peralatan memasak juga kering dan bersih. Begitu juga saat menyajikan makanan, pastikan alat makan seperti piring, gelas, sendok, garpu dan lainnya telah dicuci bersih dan dikeringkan guna menghindari keracunan makanan yang disebabkan berbagai bakteri dan kuman musim panas.

Itulah tips-tips khusus yang bisa dilakukan agar tubuh tetap sehat di musim panas, terhindar dari berbagai penyakit dan masalah kesehatan lainnya.

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *