counter 11 Manfaat Tidur Malam Hari – Sami Share

Info

11 Manfaat Tidur Malam Hari

on

Dulu, sebelum ilmu pengetahuan berkembang dan manusia masih berada pada peradaban masa lalu, belum tersentuh modernisasi, para ahli sering kali mengabaikan tidur dan melewatkannya dari penelitian – penelitian. Tidur juga dianggap penuh dengan mitos – mitos yang kadang tidak masuk akal bila dipikir jaman sekarang.

Namun kini berbeda, tidur menjadi satu hal yang sangat diperhatikan. Para ahli mulai memahami betapa pentingnya tidur dalam kehidupan manusia. Tidur menjadi salah satu faktor perkembangan kehidupan manusia. Dengan tidur, manusia menjadi sehat. Dengan sehat, secara logika manusia akan panjang umur meskipun pada secara hakikat panjang pendek umur manusia hanyalah Tuhan yang mengetahui. Faktanya, kala sesesorang mengalami kurang tidur, sistem kekebalan tubuh bisa mengalami penurunan dan risiko terserang penyakit semakin besar.

Oleh karena itu, apapun profesi dan situasinya, seseorang butuh istirahat yang cukup. Dan salah satu cara istirahat terbaik adalah dengan tidur di malam hari. Bila diteliti lebih jauh akan diketemukan banyak sekali manfaat tidur malam hari bagi kesehatan manusia seperti mencegah penyakit jantung, kanker hingga memperbaiki sel – sel tubuh yang rusak.

Berikut adalah 11 keuntungan dan manfaat tidur malam hari bagi kesehatan

1. Tidur malam menjaga jantung senantiasa sehat

Stroke dan serangan jantung sering terjadi pada jam – jam pagi atau subuh. Tidur yang kurang atau tidak tidur sama sekali sering dikaitkan dengan memburuknya tekanan darah dan meningkatnya kolesterol yang semuanya dapat memicu meningkatnya risiko terkena stroke dan penyakit jantung. Secara medis, jantung akan lebih sehat bila tidur selama 7-8 jam tiap malam.

2. Tidur malam mencegah penyakit kanker

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang bekerja malam di bawah paparan cahaya sangat rentan terkena kanker usus besar dan kanker yang lain. Hal ini disebabkan adanya perbedaan kadar melatonin pada orang terpapar cahaya malam hari dengan yang tidak terpapar. Melatonin adalah hormon yang membuat orang merasa mengantuk dan penjaga tubuh dari kanker Saat cahaya yang terpapar ke tubuh pada malam hari, maka kadar melatonin akan berkurang sedikit demi sedikit. Bila dibiarkan terjadi berulang – ulang dalam waktu yang lama, risiko terkena kanker akan makin meningkat. Jadi, upayakan untuk tidur malam hari dalam keadaan gelap karena dengan begitu tubuh akan terbantu dalam memproduksi melatonin.

3. Tidur malam mengurangi stres

Saat tubuh kurang tidur atau bahkan tidak tidur sama sekali, tubuh akan berada pada posisi dan kondisi waspada sangat tinggi. Kewaspadaan tinggi ini lantas memicu pelepasan hormon stres dan kenaikan tekanan darah. Dampak buruknya bila tekanan darah semakin meninggi, risiko terkena serangan penyakit jantung dan stroke akan semakin meningkat.

4. Tidur malam mengurangi peradangan

Selain meningkatkan risiko terkena panyakit jantung seperti di atas, hormon stres yang meningkat akan meningkatkan risiko peradangan pada tubuh dan meningkatkan risiko terkena penyakit kanker dan diabetes. Salah satu dampak fisik dari terjadinya peradangan adalah tubuh akan terlihat cepat tua, lebih tua dari umurnya. Bisa dilihat di sekitar kita, orang – orang yang mengalami kurang tidur atau mengabaikan waktu tidur malam biasanya terlihat lebih tua dari umurnya.

5. Tidur malam meningkatkan kesiagaan

Sudah pasti, tidur malam yang cukup dan berkualitas dapat mengembalikan semangat dan kesiagaan pada keesokan harinya. Saat terbangun, tubuh akan terasa lebih bugar dan berenergi sehingga segala aktifitas dapat dilakukan dengan penuh gairah dan semangat. Dengan begitu, produktifitas kerja akan semakin meningkat karena semua pekerjaan dilakukan dengan rasa senang, semangat dan penuh konsentrasi. Bagi pelajar, tidur malam hari yang baik juga dapat mengembalikan semangat belajar di pagi harinya. Belajar jadi tidak malas karena tubuh terasa segar. Konsentrasi pikiran dan daya ingat juga terjaga sehingga mampu mengikuti segala pelajaran tanpa rasa jengah dan jenuh.

6. Tidur malam meningkatkan daya ingat

Sebuah penelitian tidak dapat memahami alasan mengapa kita tidur dan bermimpi. Namun, fakta yang ada saat tidur terjadi sebuah proses penggabungan memori atau memory consolidation. Saat kita tidur, fungsi tubuh memang mengalami penurunan kecuali otak. Otak tetap berproses, otak menggabung beberapa peristiwa, perasaan dan berbagai memori yang telah berlalu. Kita bisa merasakannya saat bermimpi, terkadang mimpi yang terlihat adalah beberapa kejadian yang telah berlalu sangat lama di tempat yang berbeda – beda. Semakin baik kualitas tidur, semakin baik pula otak mengingat dan memproses berbagai peristiwa dan memori.

7. Tidur malam membantu mengurangi berat badan

Banyak pendapat yang mengungkapkan bahwa kelebihan tidur dapat menyebabkan meningkatnya berat badan dan berisiko obesitas. Begitu pula, tidur yang sangat kurang juga berisiko meningkatkan berat badan. Saat tubuh mengalami kurang tidur, keseimbangan hormon dalam tubuh akan terganggu dan akan mempengaruhi pola nafsu makan. Orang yang tidak tidur malam atau tidur sangat malam umumnya memiliki kebiasaan dan keinginan untuk terus ngemil makanan. Ada baiknya, bagi yang tidak ingin nafsu makannya meningkat di malam hari, lebih baik tidur malam dengan segera. Dengan begitu, keinginan untuk tetap ngemil akan terhenti oleh aktifitas tidur.

8. Tidur malam membuat pikiran makin cerdas

Sebagaimana tersebut di atas, tidur malam dapat mengurangi stress, mengembalikan kesegaran tubuh dan pikiran saat pagi hari. Tubuh yang segar menjadikan semangat untuk beraktifitas makin meningkat. Efek baiknya, akan semakin meningkat pula daya ingat dan konsentrasi pikiran. Pikiran pun menjadi lebih mudah menemukan berbagai solusi terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi baik permasalahan yang berkaitan dengan pekerjaan maupun permasalahan yang berkaitan dengan kegiatan belajar mengajar di sekolah.

9. Tidur malam menurunkan risiko depresi

Antara gangguan tidur malam dan depresi ibarat sebuah siklus. Depresi dapat menyebabkan orang susah tidur atau insomnia. Begitu pula sebaliknya, kurang tidur atau tidak bisa tidur malam dikarenakan suatu hal juga dapat menyebabkan depresi. Mana yang harus didahulukan tergantung mana yang jadi penyebab. Bila keluhan depresi muncul setelah mengalami kurang tidur yang amat sangat, maka tidur adalah solusi terbaik untuk mengatasi depresi serta solusi baik menurunkan risiko depresi di kemudian hari. Tidurlah dengan tidur yang baik dan berkualitas di malam hari. Namun, bila depresi mengakibatkan sulit tidur, maka mengatasi penyebab timbulnya depresi adalah prioritas yang harus didahulukan.

10. Tidur malam memperbaiki sel – sel dan bagian tubuh yang rusak

Saat tidur, tubuh akan bereaksi memperbaiki sel – sel tubuh yang rusak dan mengganti sel – sel tubuh yang mati atau tak berfungsi serta memperkuat kembali sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan saat tidur tubuh akan meningkatkan produksi protein menjadi lebih banyak. Protein inilah yang kemudian memperbaiki berbagai kerusakan – kerusakan di atas dan memproduksi sel – sel baru untuk menggantikan sel – sel lama yang telah aus dan mati.

11. Tidur malam mengurangi risiko kecelakaan

Secara logika, orang yang tidur malam hari cukup mempunyai risiko lebih kecil mengalami kecelakaan dari pada orang yang kurang tidur atau malam tidak tidur sama sekali. Sering kita mendengar berita kecelakaan kendaraan yang disebabkan pengemudi mengantuk atau kehilangan konsentrasi setelah malamnya kurang tidur. Begitu pula dengan kecelakaan yang terjadi di tempat kerja. Banyak kasus kecelakaan di tempat kerja yang disebabkan karena kehilangan konsentrasi akibat terlalu lelah dan mengantuk.

Itulah 11 manfaat tidur malam hari yang sangat penting untuk diketahui. Siapapun orangnya dan apapun profesinya, tidur adalah hal yang sangat penting dilakukan untuk mengistirahatkan seluruh fungsi fisik tubuh serta mengistirahatkan pikiran dan mengembalikan energi yang telah terkuras.

Semoga bermanfaat !

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *