12 Manfaat Minum Susu Sapi Tiap Hari

Masih teringat slogan 4 sehat 5 sempurna yang pernah populer tahun 90-an ? Anda pasti masih ingat bahwa susu menjadi satu – satunya nutrisi penyempurna kebutuhan gizi tubuh manusia. Tidak memandang tingkatan umur dan golongan, susu menjadi konsumsi yang sangat dibutuhkan mulai dari bayi, anak-anak, remaja, orang tua hingga usia lanjut. Tidak mengherankan karena susu memang memiliki kandungan gizi yang sangat luar biasa seperti protein, lemak, vitamin A, vitamin D, mineral kalsium, zat besi, tiamin, zinc dan tidak ketinggalan juga kandungan karbohidrat.

Sekalipun slogan 4 sehat 5 sempurna sudah tak lagi diberlakukan dan berganti menjadi slogan Pedoman Gizi Seimbang, hal tersebut tak mengubah posisi pentingnya susu sebagai salah satu sumber gizi dan nutrisi.

Susu Sapi Segar

Ada banyak sekali jenis susu yang biasa dikonsumsi seperti susu sapi, susu kambing, susu onta, susu kedelai buat yang tidak suka susu hewani karena alergi atau sebab yang lain, dan tentunya Air Susu Ibu atau ASI sebagai makanan utama bayi 0 hingga usia 24 bulan. Semua jenis susu tersebut di atas memiliki kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Salah satu jenis susu yang paling populer dan paling banyak dikonsumsi adalah susu sapi yaitu susu yang dihasilkan dari binatang sapi. Ada banyak sekali khasiat dan manfaat minum susu sapi tiap hari bagi kesehatan tubuh manusia.

1. Minum susu sapi dapat memberi gizi alami yang seimbang

Hal ini dikarenakan susu sapi mengandung zat gizi yang terbilang lengkap seperti karbohidrat, vitamin, protein, lemak dan mineral yang pas dan bisa mencukupi kebutuhan gizi tubuh manusia sehingga dengan minum susu sapi kesehatan akan semakin terjaga.

2. Susu sapi mengandung sembilan gizi penting

Susu sapi memiliki sembilan kandungan gizi yang penting dan bermanfaat bagi kesehatan, yaitu Protein, Vitamin A, Vitamin B 2, Vitamin B 12, Vitamin D, Kaslium, Fosfor, Niasin, dan Kalium.

3. Susu sapi sangat baik untuk kesehatan tulang

Sudah sangat terkenal bila susu sapi sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan menjaga kesehatan tulang dikarenakan susu sapi memiliki kandungan kalsium, magnesium, fosfor dan protein yang sangat esensial.
Karena itulah, susu sapi sangat baik dikonsumsi oleh anak-anak agar pertumbuhan tulangnya bisa baik dan sehat. Begitu pula bagi wanita, sangat dianjurkan untuk rutin minum susu sapi untuk menjaga kekuatan tulang dan terhindar dari pengeroposan tulang atau osteoporosis.

4. Susu sapi sangat baik untuk kesehatan gigi

Sama halnya dengan untuk kesehatan tulang, kandungan kalsium dan fosfor susu sapi membantu menjaga kesehatan gigi. Kandungan protein kaseinnya membantu melindungi email gigi.

5. Susu sapi dapat mengurangi risiko penyakit jantung

Sebuah penelitian di salah satu universitas terkenal di Inggris, Cardiff University mengungkapkan bahwa mengkonsumsi susu sapi secara rutin setiap hari mampu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh sehingga mengurangi risiko terkena berbagai penyakit berbahaya seperti stroke dan serangan jantung.

6. Susu sapi dapat menurunkan tekanan darah

Cukup dengan mengkonsumsi 3 porsi susu sapi atau produk olahan susu sapi disertai dengan makan buah-buahan sehat dapat mengurangi tekanan darah pada anak-anak dan dewasa.

7. Susu sapi bermanfaat menurunkan risiko diabetes tipe 2

Sebuah penelitian tentang kesehatan pernah dilakukan tahun 2005 mengungkapkan bahwa pria yang rutin mengkonsumsi susu sapi rendah lemak memiliki risiko terkena diabetes tipe 2 yang sangat kecil dibandingkan dengan yang tidak suka minum susu sapi. Penelitian lain juga menemukan bahwa dari 37.000 wanita dewasa yang rajin mengkonsumsi susu sapi rendah lemak memiliki risiko sangat kecil terkena diabetes tipe 2.

8. Susu sapi mencegah, menghambat pertumbuhan kanker usus besar

Kandungan asam linoleat terkonjugasi (bagian dari komponen lemak alami) dan kalsiumnya dikenal mampu menghambat dan mencegah kanker usus besar. Setidaknya dengan hanya minum susu sapi satu gelas sehari dapat mengurangi risiko terkena kanker usus besar hingga 15%.

9. Susu sapi menurunkan risiko payu**** pada wanita

Hal ini didasarkan pada sebuah penelitian kesehatan yang pernah dilakukan di Norwegia. Dari 45.000 responden wanita terungkap bahwa wanita yang memiliki kebiasaan minum susu sapi semenjak kecil dan berlanjut hingga dewasa lebih tahan dan terlindung dari terkena penyakit kanker payu****.

10. Susu sapi membuat tidur makin nikmat dan berkualitas

Susu sapi memiliki satu kandungan zat yang dapat merangsang hormon melatonin yakni hormon yang merangsang datangnya rasa mengantuk pada manusia. Karena rangsangan inilah, orang minum susu sapi menjadi lebih mudah tidur dan pulas.

11. Susu sapi berfungsi menetralisir racun dalam makanan

Susu sapi dapat berfungsi sebagai toksik atau penetralisir racun dalam makanan seperti logam, cadmium dan timah yang diserap oleh tubuh.
Wajar juga bila ada larangan minum obat dengan susu. Walaupun tak sepenuhnya benar, beberapa kandungan obat memang akan kehilangan khasiat dan menjadi netral saat diminum dengan susu seperti Tetrazykline (seperti Doxycyclin dan Minocyclin) dan beberapa Fluorchinolone (terutama Ciprofloxacin dan Norfloxacin). Solusi terbaik saat minum obat adalah tidak dengan air putih saja, bukan dengan susu.

12. Susu sapi menjaga kecantikan wanita

Saat wanita rutin minum susu sapi, tulang dan gigi menjadi terjaga kesehatannya, menjadi kuat serta tidak mudah rapuh. Kandungan protein pada susu sapi juga membantu menguatkan rambut dan mencegah kerontokan. Sementara kandungan vitamin A, biotin, vitamin B6 dan kalium secara bersamaan menjaga rambut tetap berkilau dan lembut. Bagi wanita, mengkonsumsi susu sapi secara rutin secara tidak langsung juga menjaga kecantikan tubuh dan kecantikan rambut.

Gerakan minum susu tiap hari

Kesimpulan

Jangan ragu untuk memasukkan susu sapi ke dalam daftar menu sehari-hari karena minuman ini begitu luar biasa manfaatnya dan sangat menyehatkan. Tidak perlu berlebihan, cukup dua hingga tiga gelas satu hari dan terus dilakukan tiap hari, kita akan merasakan manfaat besar minum susu sapi seperti di atas.

Semoga bermanfaat!

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

1 Comment
  1. 1 year ago
    Tania

    I’m Megan from IDNtimes. We would like to feature your original photos as part of our content. The credit’s still yours and we will put the backlink to your blog. If you feel uncomfortable, please tell us at tania@idntimes.com.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *