14 Hal Yang Menyebabkan Anda Mudah Mengantuk

Rasa mengantuk adalah tanda – tanda yang umum yang diberikan tubuh agar segera beristirahat. Biasanya, tanda ini datang pada malam hari atau disaat tubuh sudah merasa lelah. Akan tetapi, terkadang mudah mengantuk itu datang pada Anda pada situasi yang tidak Anda inginkan seperti di waktu kerja, meeting atau saat jam kuliah. Sementara Anda merasa sudah cukup tidur malam serta tidak kecapekan.

Bila Anda mengalami rasa mengantuk dan kelelahan tapi bukan pada waktu yang sewajarnya, Anda harus waspada. Hal tersebut perlu segera ditangani karena mempengaruhi produktifitas, keselamatan, kualitas hidup. Selain itu, mudah mengantuk bukan pada waktunya juga bisa merupakan sebuah tanda – tanda tak baik pada kondisi kesehatan tubuh. Mungkin juga sebagai pertanda bahwa Anda mengalami gangguan kesehatan atau mengindap suatu penyakit.

Berikut adalah 14 hal yang menyebabkan Anda mudah mengantuk tanpa kenal tempat dan waktu yang perlu Anda ketahui.

1. Kekurangan Oksigen

Rasa mengantuk yang tak biasanya bisa juga terjadi karena respon tubuh terhadap indikasi kekurangan oksigen. Perlu diketahui, sel – sel otak memerlukan oksigen yang cukup guna melakukan aktifitas rutin sehari – hari. Bila ada kekurangan oksigen dalam kebutuhan metabolisme dasar tubuh, maka oksigen dalam otak pun akan kekurangan. Respon paling langsung terasa adalah rasa mengantuk.

Banyak hal yang menyebabkan orang kekurangan oksigen seperti kekurangan asupan zat besi. Makanan seperti sayur bayam daging merah, hati, ikan, kangkung, jagung adalah contoh – contoh makanan sumber zat besi. Tidak pernah mengkonsumsi makanan sumber zat besi tersebut bisa menyebabkan gangguna pembentukan sel darah merah yang dapat mengakibatkan anemia. Anda pun akan mudah terserang rasa kantuk.

2. Kebanyakan makan

Seharusnya, kalori dapat memberikan tambahan energi saat beraktifitas. Namun, yang terjadi kadang sebaliknya. Setelah Anda makan, Anda justru jadi mengantuk. Mengapa demikian? Jawabannya terletak pada makanan yang Anda konsumsi.

Karbohidrat, lemak, makanan bergula tinggi bila berlebihan dapat menyebabkan Anda cepat mengantuk. Hal tersebut dikarenakan makanan yang mengandung karbohidrat, lemak dan gula tinggi merupakan makanan – makanan yang paling berperan banyak dalam perubahan hormon tubuh. Saat makanan – makanan tersebut sampai pada usus halus akan memicu syaraf parasimpatis yang memberikan informasi ke tubuh agar memperlambat gerak tubuh. Tujuannya agar tubuh lebih fokus dalam mencerna makanan. Tidak mengherankan bila berlebihan makan, tubuh akan menjadi berat untuk bergerak dan mata terasa mengantuk walau sebelum makan rasa mengantuk itu belum terasa.

3. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan dan minuman manis

Setali tiga uang dengan kebanyakan makan, kebanyakan mengkonsumsi makanan dan minuman manis juga bisa jadi sebab mudah mengantuk. Memang, makanan dan minuman yang manis – manis sangat merangsang Anda untuk mengkonsumsinya karena memang enak. Bahkan bila tidak ditahan, Anda bisa ketagihan dan sulit berhenti. Akan tetapi perlu diketahui, kelebihan makanan manis memiliki dampak kurang baik bagi kesehatan. Makanan manis dapat meningkatkan hormon insulin yang dapat mempengaruhi produksi hormon serotonin dan melatonin. Kedua hormon itulah yang langsung berhubungan dengan perasaan mengantuk dan bahagia.

4. Makan Banyak di Malam Hari

Banyak makan di malam hari dan langsung tidur bisa mematikan insulin yang mengakibatkan kadar gula naik turun. Efeknya, Anda bisa terbangun secara mendadak dan sulit untuk tidur lagi. Meski makan banyak bisa bikin mata mengantuk, namun gangguan insulin menjadikan tidur malam tak bisa nyenyak. Bila sudah begitu, siangnya kala Anda menjalani aktifitas produktif, Anda diserang rasa mengantukayng amat hebat.

5. Alarm Tubuh terhadap Gejala Stroke

Menurut penelitian Dr. Bernadette Boden-Albala, asisten professor bidang neurologi pada Universitas Columbia, New York, AS, ngantuk yang berlebihan berpotensi terkena serangan stroke empat kali lebih tinggi. Biasanya hal ini terjadi pada usia lanjut. Cara mengenali mengantuk yang jadi tanda – tanda stroke cukup mudah yaitu mudah tertidur dalam segala situasi seperti saat duduk bersama, berbincang bersama atau saat menonton televisi. Yang lebih mengkhawatirkan bila mengantuk ini menyerang saat sedang mengemudi.

6. Mata Minus

Gangguan amta minus membutuhkan alat sambungan agar pandangan menjadi jelas yaitu kacamata. Bila kacamata ini ukurannya tidak tepat dengan kadar minusnya dan tidak dikoreksi secara benar, akan menyebabkan mata lelah dan cepat mengantuk saat membaca. Artinya kacamata yang digunakan harus diganti yang lebih baik dan sesuai.

7. Anemia (kurang darah)

Penyebab mudah mengantuk lain yang juga selalu sering terjadi adalah anemia atau kurang darah. Kurang darah terjadi karena kurangnya asupan zat besi sehingga sel darah merah yang mengangkut oksigen ke otak dan seluruh jaringan tubuh menurun. Oksigen yang cukup adalah salah satu faktor penting tubuh bisa menghasilkan energi. Bila kadarnya kurang, efek paling segera terasa adalah mudah mengantuk seperti tanpa sebab. Solusinya, cobalah periksa kadar gula darah ke dokter agar diketahui apakah Anda terkena anemia atau tidak.

8. Menurunnya hormon tiroid

Tiroid adalah kelenjar kecil berada di dasar leher, yang bertugas mengatur metabolisme dan kecepatan mengubah bahan bakar menjadi tenaga. Saat kelenjar ini pasif dan fungsi metabolisme terlalu lambat, Anda bisa merasa letih, lesu dan mudah mengantuk.

9. Diabetes

Penderita diabetes tipe 2 biasanya lebih mudah merasa lelah dan selalu mengantuk setiap waktu. Hal ini disebabkan karena glukosa dalam darah tinggi dan tidak bisa dikonversi menjadi energi.

10. Dehidrasi

Kekurangan air dalam tubuh atau dehidrasi bisa menjadi sebab Anda mudah mengantuk. Solusinya cukup mudah, segera penuhi kebutuhan air dengan minum air putih dalam jumlah yang agak banyak atau mengkonsumsi buah – buahan yang banyak mengandung air. Tubuh Anda akan kembali segar dan mengantuk jadi hilang.

11. Depresi

Bukan hanya ada masalah pada pengendalian emosi, depresi juga berperan penting terhadap masalah kesehatan fisik. Gejalanya paling umum bagi yang sedang depresi depresi biasanya kehilangan nafsu makan, sakit kepala, kelelahan dan selalu mengantuk.

12. Gangguan Tidur

Imsomnia atau gangguan tidur menyebabkan mood tidak bagus di pagi hari. Seperti diketahui, tidur berkualitas memiliki fungsi mengembalikan kesegaran tubuh serta memperbaiki sel – sel tubuh yang rusak. Bila fungsi ini tidak didapat akibat kurang tidur yang disebabkan gangguan tidur, sistem pernafasan menjadi terganggu sehingga menyebabkan cepat lelah dan mudah mengantuk.

13. Penyakit Jantung

Mudah mengantuk saat menjalani aktifitas sehari – hari bisa menjadi tanda – tanda buruk bagi kesehatan jantung Anda. Periksakan ke dokter untuk memastikan apakah jantung Anda dalam keadaan sehat.

14. Sindrom Kelelahan Kronis

Biasanya rasa lelah dan mengantuk akan cepat hilang setelah istirahat atau tidur. Namun hal ini seolah tidak berlaku bagi penderita sindrom kelelahan kronis atau chronic fatigue syndrome. Meski telah beristirahat yang cukup dan tidur dalam waktu yang cukup pula, rasa lelah tak cepat hilang. Tubuh tetap merasa capek, lesu, nyeri otot dan mudah mengantuk.

Hingga kini belum bisa dijelaskan secara medis mengapa fenomena sindrom kelelahan kronis ini bisa terjadi. Para ahli hanya menganalisis dan menerka – nerka, namun tidak bisa memastikan.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *