14 Tips Aman Menggunakan Toilet Umum

Tidak selalu keinginan Anda untuk buang air besar atau buang air kecil dapat Anda lakukan di rumah. Berbagai aktifitas terkadang mengharuskan Anda untuk menggunakan fasilitas toilet umum seperti ketika di kantor, di mall, di sekolah, di kampus, di pom bensin, di tempat kerja dan di tempat lain.

Sekilas toilet umum di tempat – tempat tersebut memang terlihat bersih dan beraroma wangi. Padahal kalau Anda tahu, ada banyak sekali kuman yang berkembang biak di toilet umum tersebut yang dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti flu, bronkitis serta penyakit pada pencernaan. Kuman seperti e.colli, salmonella adalah sebagian dari banyak kuman yang banyak berkembang di toilet umum.

Apakah Anda lantas harus mengurungkan niat untuk menggunakan toilet dan menahan diri dari hasrat buang air kecil atau buang air besar ? Tentu tidak. Anda justru dapat terkena dampak buruk yang lebih besar seperti terkena infeksi saluran kemih atau saluran kencing jika memaksakan menahan diri.

Toilet Umum

Anda tetap harus menyelesaikan hasrat Anda untuk menggunakan toilet umum dengan tetap memperhatikan faktor keamanan untuk diri Anda sendiri baik harta benda maupun kesehatan. Lalu, adakah tips aman menggunakan toilet umum, karena di setiap toilet umum tidak pernah terpampang tips – tips tersebut. Tentu ada…

Tips aman menggunakan toilet umum

Berikut adalah 14 tips aman menggunakan toilet umum untuk Anda yang sering menggunakannya.

  1. Panjatkan do’a dalam hati saat Anda mau masuk ke toilet umum. Minta perlindungan kepada Tuhan agar dijauhkan dari segala risiko yang mungkin timbul di toilet umum.
    Doa Masuk WC
  2. Jangan membawa barang bawaan berat karena akan merepotkan diri Anda sendiri. Lebih baik barang bawaan yang berat Anda titipkan di tempat penitipan atau minta teman untuk menjaganya barang sebentar sementara Anda ke toilet.
  3. Pastikan Anda tidak meninggalkan barang berharga bawaan Anda seperti tas, dompet, handphone, smartphone dan yang lain di luar bilik toilet karena sangat berisiko mengundang tindak kejahatan.
  4. Jangan meletakkan barang bawaan Anda di lantai toilet. Sekalipun terlihat kering, lantai toilet sangat riskan terhadap kuman dan bakteri. Apalagi lantai toilet dalam keadaan basah, tentu lebih besar lagi risiko terkena bakteri.
  5. Sebelum menggunakan toilet, ada baiknya Anda siram dulu agar sisa – sisa air kencing dan kotoran dari orang yang menggunakan sebelumnya bisa hanyut bersama air. Ingat, sisa kencing dan kotoran adalah sarang bakteri penyakit.
  6. Jika kloset yang tersedia di toilet adalah kloset duduk, pastikan dudukannya dalam keadaan kering dan bersih. Siram dulu dengan air lalu seka menggunakan tisu.
  7. Pasang dudukan kolset jika memang tersedia. Jika tidak, Anda dapat melapisinya menggunakan tisu.
  8. Jika dudukan kloset terlihat kotor dan sulit dibersihkan, Anda tetap harus menyelesaikan hasrat Anda untuk buang air kecil atau buang air besar. Lakukan dengan cara duduk melayang tanpa menyentuh dudukan kloset. Pergunakan tangan Anda untuk bertumpu pada dinding atau pintu.

    Selanjutnya…

  9. Lakukan dengan tenang. Tangan jangan usil menyentuh benda – benda yang ada di bilik toilet. Begitu juga ketika menekan tombol menyiram dan membuka pintu. Gunakan tisu untuk melapisi tangan Anda.
  10. Pastikan kloset dalam keadaan tertutup ketika Anda menekan tombol menyiram jika memang kloset memiliki tutup. Dalam keadaan terbuka, kuman dan bakteri dapat meloncat keluar dan menempel pada baju dan tubuh Anda.
  11. Usai Anda keluar dari bilik toilet, jangan lupa cuci tangan Anda dengan sabun selama kurang lebih 30 detik. Cuci semuanya mulai dari telapak tangan, punggung tangan, jari – jari dan sela – sela jari. Juga bagian bawah kuku Anda.
  12. Segera keringkan menggunakan handuk kecil atau tisu. Sekalipun di toilet tersedia tisu atau handuk kecil, akan lebih aman jika Anda menggunakan handuk kecil Anda sendiri atau tisu yang Anda bawa.
  13. Setelah semua usai, segeralah keluar dari toilet umum. Bagaimanapun juga, toilet umum adalah tempat yang tidak aman bagi kesehatan disebabkan banyaknya bakteri dan kuman penyakit yang tak terlihat.
  14. Jangan lupa membaca do’a dan bersyukur kepada Tuhan karena masih diberi nikmat bisa buang air kecil dan air besar dengan lancar sehingga Anda terhindar dari berbagai penyakit.

Doa Keluar WC

Selain memperhatikan 14 tips aman menggunakan toilet umum di atas, yang terpenting untuk Anda perhatikan adalah selalu menjaga kesehatan tubuh. Cukup nutrisi dan gizi, cukup istirahat, cukup olahraga serta menjaga diri dari segala hal yang dapat mengganggu pikiran.

Kalau tubuh Anda benar-benar sehat, tubuh Anda memiliki antibodi yang berfungsi menangkal berbagai kuman dan bakteri penyebab penyakit. Anda pun bisa menggunakan toilet umum di mana pun Anda membutuhkannya tanpa harus takut terkena penyakit yang disebabkan kuman dan bakteri.

Selamat menggunakan toilet umum !

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *