counter 20 Bahan Alami Untuk Perawatan Rambut – Sami Share

Kecantikan

20 Bahan Alami Untuk Perawatan Rambut

on

Bukan rahasia jika semua orang ingin memiliki rambut sehat dan indah. Berbagai upaya dilakukan untuk mendapatkan. Wajar memang, karena memiliki rambut sehat dan indah membuat penampilan semakin terlihat cantik dan menarik.

Bagi anda yang memiliki banyak uang menginginkan rambut indah bukan suatu masalah. Anda tinggal mendatangi salon kecantikan rambut untuk mendapatkan rambut indah berbagai model secara instant. Tentu ada biaya tak sedikit yang harus dikeluarkan.

Rambut Hitam Indah Terpanjang

Namun, bagi anda yang berkantong cekak atau yang ingin berhemat apakah anda tetap dapat mendapatkan rambut sehat dan indah tanpa harus keluar banyak uang. Yaitu dengan menggunakan bahan bahan dari alam atau herbal. Menggunakan bahan alami untuk perawatan rambut bukanlah hal baru karena nenek moyang kita juga dulu menggunakannya sebelum muncul produk – produk kecantikan rambut yang modern. Sekalipun menggunakan bahan alami, namun hasilnya juga tidak kalah dengan menggunakan produk modern. Malah dalam beberapa hal, baham alami lebih aman dari pada produk modern yang proses pembuatannya menggunakan bahan kimia.

Berikut adalah 20 bahan alami untuk perawatan rambut. Bahan – bahan tersebut dapat dengan ditemukan karena banyak yang berada di sekitar anda.

1. Lidah buaya

Dalam bahasa latin dikenal dengan nama aloevera. Lidah buaya sudah sangat populer sebagai tumbuhan untuk perawatan rambut yang sangat ampuh. Lidah buaya memiliki kandungan tonik yang bermanfaat untuk menyuburkan rambut dan memberikan nutrisi.
Ambil satu batang lidah dan patahkan menjadi dua. Gosokkan lendir yang keluar dari kedua ujung patahan pada kulit kepala sambil lakukan pijatan ringan. Diamkan selama kurang lebih 15 menit lalu bilas rambut menggunakan air bersih. Lakukan cara tersebut sekurang – kurangnya tiga kali dalam seminggu.

2. Minyak zaitun

Selain kegunaan utamanya untuk kuliner, minyak zaitun juga terkenal dengan khasiatnya untuk perawatan rambut, merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat dan membuat rambut menjadi lebih halus.
Lakukan cara ini di malam hari : teteskan 5 tetes minyak zaetun ke telapak tangan lalu oleskan pada kulit kepala sambil melakukan pijatan ringan. Diamkan selama satu malam baru kemudian dicuci dengan air bersih pada pagi hari setelah bangun tidur.

Minyak Zaitun

3. Santan kelapa

Caranya dengan mengoleskan santan kelapa keseluruh bagian rambut, lalu ditutup dengan handuk dan biarkan selama kurang lebih 15 menit. Lalu bilas menggunakan air bersih yang dingin. Melakukan perawatan rambut menggunakan santan kelapa membuat rambut terasa halus lembut, mengkilap serta membantu rambut tumbuh lebih cepat.

4. Madu

Tidak diragukan lagi bahwa madu memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan dan kecantikan termasuk untuk perawatan rambut.
Untuk menjaga kelembaban rambut dan kulit kepala, caranya dengan mengoleskan madu pada kulit kepala setelah keramas sambil lakukan pijatan ringan. Setelah beberapa saat baru dibilas kembali menggunakan air bersih yang dingin.
Untuk mencegah rambut bercabang, caranya adalah dengan mencampur madu dengan telur. Lalu oleskan pada bagian ujung rambut.
Untuk membuat rambut tampak berkilau, campurkan madu pada conditioner pada satu wadah. Oleskan campuran tersebut pada rambut setelah keramas seperti halnya menggunakan conditioner.

Madu

5. Seledri

Selain terkenal sebagai bahan penyedap pada masakan seperti bakso dan sop, seledri juga terkenal memiliki manfaat luar biasa untuk perawatan rambut. Ini dikarenakan seledri memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin a, vitamin b, natrium, zat besi serta kalsium. Seledri memiliki kemampuan menstimulasi rambut sehingga tumbuh lebih kuat dan sehat.
Iris halus 10 batang seledri lalu direbus. Saring air rebusan tersebut lalu dinginkan. Beri campuran cuka sebanyak satu sendok makan. Ramuan siap digunakan. Pastikan rambut dalam keadaan bersih dan kering. Usapkan air rebusan seledri pada seluruh bagian rambut dan kulit kepala. Diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air bersih.

6. Bawang merah

Bawang merah adalah bahan bumbu masakan yang cukup terkenal. Hampir setiap masakan selalu menggunakan bumbu bawang merah. Ternyata bawang merah juga dapat digunakan untuk perawatan rambut dengan khasiat cukup besar. Bawang merah dapat mencegah rambut dari kerontokan. Caranya juga terbilang mudah yaitu cukup dimakan mentah atau dimakan bersama acar.

Bawang Merah

7. Kemiri

Kemiri memiliki banyak kandungan mineral seperti fosfor, kalsium, kalium, magnesium, dan mineral lain yang semuanya membantu menjaga kesehatan rambut, mengatasi rambut rontok dan kusam. Yang dipakai dalam perawatan rambut adalah minyak yang dihasilkan dari buah kemiri. Caranya pemakaiannya adalah sebagai berikut :
Haluskan beberapa buah kemiri yang bagus lalu disangrai hingga mengeluarkan minyak. Oleskan minyak kemiri tersebut pada seluruh bagian rambut dan kepala lalu diamkan beberapa saat. Setelah kurang lebih 15 – 20 menit bilas dengan air bersih yang dingin.

8. Kulit apel

Memiliki fungsi melancarkan sirkulasi darah pada kulit kepala yang berpengaruh pada pertumbuhan rambut. Caranya kulit apel dihaluskan kemudian dioleskan pada rambut. Diamkan beberapa saat sebelum dibilas menggunakan air bersih.

Kulit Apel

9. Yoghurt

Cara melakukan perawatan rambut menggunakan yoghurt adalah dijadikan masker rambut. Campurkan yoghurt dengan madu dan lemon hingga benar benar campur. Balurkan pada seluruh bagian rambut dan diamkan selama 15 hingga 20 menit. Setelah itu bilas menggunakan air bersih dan shampo berbahan ringan.

10. Telur

Selain untuk kesehatan tubuh, kandungan protein telur yang sangat besar juga bermanfaat untuk kesehatan rambut. Rambut menjadi lebih lembut dan mudah diatur. Caranya adalah campur putih telur dengan sedikit minyak zaitun, lalu oleskan pada kulit kepala sambil dipijat ringan. Diamkan kurang lebih 15 – 20 menit agar kandungan telur meresap ke kulit kepala. Setelah itu bilas menggunakan air bersih dan shampo agar bau amis telur hilang.

11. Bunga sepatu

Untuk perawatan rambut, bunga sepatu memiliki manfaat mengatasi dan menghilangkan ketombe. Caranya sangat mudah. Bunga sepatu direbus hingga air mendidih dan berubah warna. Dinginkan air rebusan tersebut lalu tambahkan sedikit minyak kelapa. Oleskan keseluruh bagian rambut dan kulit kepala secara merata dan diamkan selama 45 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih dingin.

Bunga Sepatu

12. Oatmeal

Seperti banyak diketahui banyak orang, oatmeal adalah makanan yang berkhasiat menurunkan kolesterol, mencegah obesitas serta mengurangi risiko kanker usus. Namun tahukah anda bahwa oatmeal juga memiliki manfaat sangat besar untuk kesehatan rambut. Oatmeal membantu mengurangi kerontokan rambut serta menghilangkan ketombe. Caranya adalah dengan membuatnya menjadi masker rambut. Campurkan oatmeal, susu dan almond oil. Balurkan campuran tersebut ke seluruh bagian rambut dan diamkan selama kurang lebih 20 menit sebelum dibilas menggunakan air bersih.

13. Kelapa hijau

Merawat rambut menggunakan kelapa hijau bermanfaat untuk menjaga rambut tetap hitam kelam. Pilih satu buah kelapa hijau yang masih muda. Ambil dagingnya dan diparut. Campurkan sedikit garam dan air kelapa. Peras parutan kelapa hijau tadi dan diamkan air perasan tadi selama satu malam. Gunakan air perasan ini setiap kali keramas selama satu minggu berturut – turut.

Kelapa Hijau

14. Biji pepaya

Sama dengan kelapa hijau, biji pepaya juga berkhasiat menjaga rambut tetap hitam kelam. Caranya juga terbilang sangat mudah. Ambil biji pepaya satu genggam atau sekitar 30 – 40 butir kemudian di sangrai. Setelah itu tumbuk hingga halus. Campurkan satu sendok minyak kelapa hingga benar benar menyatu. Gosokkan campuran biji pepaya halus dan minyak kelapa tadi pada kulit kepala. Lakukan secara rutin.

15. Alpukat

Walaupun buah lebih dikenal karena rasanya yang lezat dan nikmat serta manfaatnya bisa menghaluskan kulit muka, ternyata alpukat juga memiliki manfaat menjaga warna hitam rambut. Caranya adalah haluskan buah alpukat dan campur dengan air jeruk. Balurkan ke seluruh bagian rambut secara merata lalu tutup dengan handuk atau topi mandi. Diamkan kurang lebih satu sampai satu setengah jam lalu bersihkan dengan air bersih dingin dan shampo.

Alpukat

16. Air teh

Kalau anda memiliki sisa air teh yang belum dicampur gula sebaiknya jangan dibuang. Air teh sangat berguna untuk kesehatan rambut dan menjaganya tetap hitam. Diamkan sisa air teh tersebut selama semalaman atau lebih. Setelah itu gunakan air teh tersebut untuk keramas pagi hari atau untuk sekedar membasahi rambut.

17. Merang

Khasiat utama dari merang padi untuk perawatan rambut adalah menjaga rambut tetap hitam kelam. Ambil beberapa ikat merang padi kemudian bakar dalam bejana atau wadah lain agar abunya tidak menyebar. Setelah menjadi abu, tambahkan air biasa dan air jeruk nipis. Aduk hingga tercampur semuanya. Diamkan di luar ruangan selama kurang lebih satu malam agar terkena air embun. Pada pagi hari abu yang sudah diembunkan satu malam akan mengendap dan turun. Ambil air endapan yang berada di permukaan dan gunakan untuk keramas. Lakukan cara tersebut sekurang – kurangnya 3 kali dalam seminggu.

18. Urang aring

Tanaman ini sudah terkenal sejak jaman dahulu sebagai bahan perawatan rambut. Urang aring bermanfaat menyuburkan rambut dan menjaga rambut tetap hitam kelam. Cara paling sederhana adalah dengan meremas – remas daun urang aring dengan sedikit air kemudian oleskan air remasan tersebut ke seluruh bagian rambut. Diamkan selama kurang lebih 10-15 menit baru kemudian dibilas menggunakan air bersih dingin.

Urang aring

19. Ketumbar

Biji ketumbar ditumbuk hingga halus lalu campurkan ke minyak rambut yang biasa dipakai. Biji ketumbar merangsang pertumbuhan rambut. Selain cara di atas juga bisa dengan cara mencampurkan ke dalam makanan sebagai bumbu masakan.

20. Jinten

Sama dengan khasiat ketumbar, jinten juga memiliki khasiat merangsang pertumbuhan rambut secara alami. Caranya adalah biji jinten hitam direbut. Saring airnya dan tambahkan kuning telur. Oleskan pada kulit kepala. Biji jinten juga membantu menghilangkan ketombe.

Jinten

Itulah 20 bahan alami untuk perawatan rambut yang dapat anda gunakan setiap saat. Dengan menggunakan bahan alami tersebut, anda tetap bisa mendapatkan rambut yang sehat dan indah tanpa harus keluar banyak uang. Dan yang terpenting adalah bahan – bahan tersebut aman digunakan karena tidak bercampur dengan bahan – bahan kimia.

Selamat mencoba !

Recommended for you

4 Comments

  1. Pingback: 5 Cara Mudah Menghilangkan Ketombe Pada Rambut | Sami Share

  2. Pingback: 3 Cara Favorit Wanita Menghilangkan Rambut Kemaluan | Sami Share

  3. Pingback: Tiga Cara Favorit Wanita Menghilangkan Rambut Kemaluan | Sami Share

  4. Pingback: 5 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Kesehatan Rambut - Sami Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *