3 Camilan Sehat Ini Bisa Sangat Berbahaya Bagi Kesehatan

Siapa sih yang tak suka ngemil? Hampir semua orang suka dengan yang namanya camilan. Makanan ringan yang biasa dikonsumsi sebagai selingan makan besar itu memang tidak pernah kehilangan penggemar. Selain harganya yang relatif murah dan jenisnya yang beraneka macam, camilan memiliki cita rasa yang bervariasi pula. Ada yang pedas, manis gurih serta ada pula yang berasa kombinasi.

Sebagai salah satu jenis barang konsumsi, camilan dalam bentuk apapun pasti memiliki pengaruh terhadap kondisi kesehatan. Beberapa camilan sangat berguna menunjang asupan gizi yang dibutuhkan tubuh. Namun tidak sedikit camilan yang justru berdampak buruk terhadap kesehatan dikarenakan terbuat dari bahan baku yang tidak berkualitas, salah dalam pengolahan atau kondisi tubuh yang tidak bisa menerima.

Beberapa camilan yang disangka sebagai camilan sehat terkadang juga tak sepenuhnya sehat. Seperti beberapa contoh camilan berikut ini, semua dikira sebagai camilan sehat. Tapi ternyata tidak benar – benar sehat bahkan cukup berbahaya, seperti dilansir dari foxnews, Selasa (19/1/2016).

Tomat

Daun dan batang tomat memiliki kandungan racun alkali dan glycoalkaloid yang bisa menyebabkan sakit perut. Perhatikan selalu, saat menikmati tomat jangan sampai daunnya ikut termakan. Begitu pula saat memasak, jangan pernah mencoba untuk mengolah daun tomat menjadi masakan.

Tuna

Tidak diragukan bila ikan tuna mengandung gizi yang sangat luar biasa bila dikonsumsi secara wajar. Ada kalori, protein, karbohidrat, vitamin, lemak dan juga mineral yang semuanya sangat bermanfaat bagi kesehatan. Namun perlu diingat, ikan tuna juga bisa sangat berbahaya karena memiliki kandungan merkuri yang cukup tinggi. Bila dikonsumsi berlebihan bisa mengakibatkan terganggunya fungsi otak. Bila dikonsumsi berlebihan oleh wanita hamil bisa menggangu kesehatan janin yang mengakibatkan bayi terlahir dalam keadaan cacat. Sangat direkomendasikan bagi anak – anak dan wanita hamil untuk menghindari camilan yang berbahan ikan tuna.

Kacang Mete

Kacang mete yang sering ditemukan di pusat perbelanjaan atau di supermarket dalam keadaan mentah ternyata tidak benar – benar mentah seratus persen. Biasanya sudah melewati proses dikukus agar kandungan bahan kimia urushiol yang terdapat di dalamnya lenyap. Urushiol memiliki dampak buruk bagi kesehatan yaitu alergi fatal yang ditandai dengan mual dan muntah. Karenanya, jangan sekali-kali menjadikan kacang mete mentah sebagai camilan karena sangat berbahaya.

Itulah beberapa contoh camilan yang dikira sehat, tapi sebenarnya tersimpan bahaya yang mengincar. Salah dalam mengkonsumsi bisa berakibat fatal.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *