counter 4 Makanan Sehat Ini Tak Baik Bila Dimakan Di Kantor – Sami Share

Kesehatan

4 Makanan Sehat Ini Tak Baik Bila Dimakan Di Kantor

on

Bekerja di kantor biasanya identik dengan kerja otak. Akan tetapi, energi yang dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan di kantor tidak selalu lebih ringan dari pada yang bekerja fisik. Bahkan beberapa pekerjaan kadang dapat mengakibatkan rasa lelah yang amat sangat.

Karena itu pekerja kantor sangat dianjurkan untuk selalu menjaga energi agar gairah dan semangat kerjanya tidak menurun. Salah satunya adalah dengan selalu menjaga pola makan dan asupan gizi. Beberapa pekerja kantor ada yang memilih membawa makanan ke tempat kerjanya. Bisa makanan ringan, bisa juga makanan berat. Tujuannya agar sewaktu – waktu diperlukan bisa langsung mengambil dan memakannya.Bekerja Sambil MakanHal yang harus diperhatikan bagi pekerja yang melakukan kebiasaan seperti ini adalah apakah makanan yang dibawanya benar – benar dapat membantu meningkatkan kinerjanya. Atau justru malah sebaliknya, menurunkan gairah dan semangat kerja.

Beberapa ahli mengungkapkan bahwa ada beberapa makanan yang sebenarnya sangat bergizi dan penuh nutrisi, namun tidak baik bahkan cenderung berbahaya jika dikonsumsi di kantor tempatnya bekerja. Hal ini dikarenakan efek yang ditimbulkan dari makan makanan tersebut yaitu menghambat kinerja sistem saraf dan otak.

Berikut 4 makanan sehat yang tidak baik jika dimakan saat bekerja di kantor.

1. Kopi

Biji – bijian yang satu ini memang sangat populer. Kandungan kafeinnya yang tinggi membuat kopi terkenal sebagai penghilang rasa ngantuk dan membangkitkan semangat baru. KopiNamun tahukah Anda, dibalik khasiat kopi yang luar biasa terdapat dampak yang sangat tidak menyenangkan. Beberapa dokter menyarankan agar meninggalkan kebiasaan minum kopi dikala bekerja di kantor. Menurut mereka, kopi memang dapat menciptakan efek segar dan bergairah selang 60 hingga 60 menit setelah meminumnya. Sehabis itu khasiat kopi akan mulai luruh dan berbalik ke arah sebaliknya. Efek segar itu akan hilang dan Anda akan mulai merasakan lesu melebihi sebelum Anda minum kopi.

2. Cherry

Selain rasanya yang lezat, buah cherry juga memiliki banyak khasiat penting bagi kesehatan. Namun jika Anda memakannya pada saat Anda bekerja di kantor justru tidak baik dan sangat merugikan. Mengapa ?

Buah cherry memiliki banyak kandungan gizi, diantaranya adalah sebagai berikut: Antioksidan, Mineral, Ellagic acid, Vitamin C,Vitamin A, Bioflavonoid, Anthocyanin, Perillyl, dan Melatonin.

Melatonin dikenal sebagai hormon yang berguna untuk mengatasi gangguan sulit tidur. Hormon ini bisa ditemukan di dalam tumbuhan, hewan ataupun mikroba. Dan salah satu tumbuhan yang mengandung hormon melatonin adalah buah cherry.Buah CherryKarenanya, makan buah cherry sangat tidak dianjurkan bagi Anda yang bekerja di kantor karena akan menimbulkan efek ngantuk yang luar biasa satu jam setelah Anda memakannya. Merugikan bukan ?

Waktu yang baik untuk makan buah cherry adalah malam hari dikala tidak ada aktifitas lain yang lebih penting selain tidur.

3. Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang dikenal memiliki khasiat menghasilkan energi tinggi dibanding buah lainnya. Pisang juga sebagai salah satu sumber mineral dan vitamin terbaik.

Kandungan mineralnya meliputi potassium, magnesium, besi, fosfor, kalium, serta kalsium. Sedang kandungan vitaminnya meliputi vitamin B komplek, B 6, vitamin C, sedikit vitamin Z, serta memiliki kandungan serotonin aktif yang berfungsi meningkatkan kinerja otak dan melancarkan fungsi otak.

Mineral potassium dan magnesium dikenal sebagai zat yang mampu membuat otot menjadi lebih rileks. Dalam keadaan rileks penuh, tidur akan menjadi mudah dan lelap.Buah Pisang Selain itu, pisang memiliki kandungan amino acid L-tryptophan yang menjadi bahan dasar terbentuknya zat serotonin dan zat melatonin alami.

Dikhawatirkan, jika Anda suka makan buah pisang pada saat jam kerja di kantor, tubuh Anda akan lebih rileks dan Anda akan mudah terserang kantuk.

4. Daging

Bukan rahasia lagi kalau daging adalah makanan paling favorit di seluruh dunia. Tidak hanya rasanya yang lezat jika diolah secara benar, daging adalah sumber protein terbaik yang tidak akan ditemukan dalam tumbuhan. Protein daging berfungsi memperbaiki jaringan tubuh lama yang rusak dan membangun jaringan baru. Selain itu protein daging juga memiliki manfaat menciptakan antibodi dan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Daging juga sumber mineral dan kaya vitamin. Mineralnya terdiri dari Zinc, selenium dan zat besi. Zinc berfungsi membentuk jaringan dan meningkatkan metabolisme tubuh. Selenium memiliki fungsi menghancurkan lemak dan zat kimia berbahaya. Zat besi bermanfaat membentuk sel darah merah pengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Sedangkan vitamin dalam daging terdiri dari vitamin A, B, dan vitamin D. Fungsinya membuat gigi dan tulang menjadi kuat, menyehatkan mata, dan menjaga kulit tetap sehat.

Satu lagi yang menjadi favorit dari khasiat daging adalah bisa menahan lapar dalam waktu yang relatif lama.Steak Hanya saja, ketika Anda mencerna daging, tubuh Anda memerlukan banyak energi yang berakibat sirkulasi darah ke otak menjadi terhambat.

Unsur lain yang terdapat dalam daging dalah triptofan. Para ahli mengungkap bahwa salah satu efek unsur triptofan adalah dapat menyebabkan rasa mengantuk. Unsur triptofan ini juga terkandung banyak dalam permen.

Jadi bagi Anda yang sedang bekerja di kantor, silahkan buang jauh – jauh hasrat Anda untuk menikmati lezatnya daging pada saat kerja karena bisa saja berakibat merugikan bagi Anda juga bagi perusahaan tempat Anda bekerja.

Kesimpulan :
Sebaiknya Anda berhati – hati dalam mengkonsumsi makanan pada saat kerja. Pastikan bahwa makanan yang ada makan atau minuman yang Anda minum tidak memiliki kandungan yang dapat menurunkan gairah dan semangat kerja Anda.

Semoga bermanfaat !

Recommended for you

1 Comment

  1. Pingback: Obat Herbal Ambeien yang Alami dan Aman | Sami Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *