counter 4 Manfaat Besar Berhenti Makan Nasi Putih – Sami Share

Info

4 Manfaat Besar Berhenti Makan Nasi Putih

on

Sebagai salah satu sumber karbohidrat, makan nasi putih memang begitu penting dilakukan tiap hari. Mengkonsumsi nasi putih tak hanya menghilangkan lapar, tapi juga mengembalikan energi yang hilang karena berbagai aktifitas. Tapi perlu diketahui juga, mengkonsumsi nasi putih dengan porsi yang tidak teratur juga bisa berakibat kurang baik. Selain membuat berat badan makin meningkat juga rentan mendatangkan bahaya bagi kesehatan.

Banyak para ahli mengungkapkan, dibandingkan dengan orang yang mengurangi konsumsi nasi putih, orang yang makan nasi putih tidak teratur lebih berisiko terhadap berbagai penyakit seperti diabetes, sembelit dan yang lain. Seperti dikutip dari situs kesehatan boldsky, orang yang berhenti mengkonsumsi nasi putih akan merasakan manfaat yang sangat besar bagi kesehatan tubuhnya, diantaranya:

Berhenti makan nasi putih dan ganti dengan nasi beras merah

1. Gula darah terkendali di tingkat rendah

Meninggalkan konsumsi nasi putih membantu mengontrol gula darah di tingkat rendah. Hal ini sangat baik bagi kesehatan. Kadar gula darah yang terlalu tinggi dalam tubuh bisa menjadi sebab timbulnya berbagai penyakit.

2. Selamat dari susah buang air besar

Susah buang air besar terjadi karena saluran pencernaan yang tidak lancar. Hal ini bisa terjadi karena banyak faktor, salah satunya adalah kekurangan serat pada makanan yang dikonsumsi. Nasi putih tidak memiliki serat yang banyak dan mencukupi kebutuhan pencernaan sehingga risiko susah buang air besar bagi orang yang mengkonsumsinya akan lebih besar dari pada orang yang meninggalkan makan nasi putih.

3. Mempercepat penyembuhan diabetes

Seperti ditulis di atas, beras putih memiliki kandungan gula yang tinggi. Bagi penderita diabetes, nasi putih adalah konsumsi yang harus dihindari karena kandungan gulanya yang tinggi membuat proses penyembuhan jadi lebih sulit. Karena itu, meninggalkan makan nasi putih sangatlah dianjurkan bagi penderita diabetes yang sedang menjalani masa penyembuhan.

4. Karbohidrat terkontrol

Tingginya kadar karbohidrat pada nasi akan sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan tubuh. Mengkonsumsinya dengan porsi yang tidak teratur membuat berat tubuh meningkat dan mudah menjadi gemuk. Dengan meninggalkan makan nasi putih karbohidrat akan terkontrol dan berat badan pun bisa dengan mudah berada di posisi stabil.

Lalu, apa pengganti yang baik bila harus meninggalkan mengkonsumsi nasi putih?

Banyak ahli kesehatan dan gizi menyarankan untuk menukar nasi putih dengan nasi merah atau nasi dari beras merah. Sama-sama memiliki kemampuan menghilangkan lapar, nasi merah memiliki keunggulan lebih tinggi dari nasi putih. Kandungan gulanya lebih rendah dari nasi putih. Begitu pula kandungan karbohidrat dan patinya, nasi merah mengandung karbohidrat dan pati yang lebih baik dari nasi beras putih. Bila diukur secara mudah, makan setengah porsi nasi merah cukup untuk menjaga energi satu hari dengan perut terasa kenyang lebih lama.

Jadi, tak perlu takut berhenti makan nasi putih dan menggantinya dengan nasi beras merah kalau memang itu membawa manfaat bagi kesehatan. Bukannya kesehatan lebih penting dari segalanya?

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *