4 Manfaat Sayur Genjer Dan Nutrisinya

Sayuran yang satu ini memang kurang terkenal dibandingkan dengan sayur yang lain semacam kol, sawi, bayam, kacang panjang atau brokoli. Namun dari sisi nutrisi, sayur genjer tidak kalah dengan sayur yang lain. Soal rasa juga tidak perlu khawatir dan ragu, sensasi agak agak licin olahan genjer saat dimakan membuat rasa sayur genjer sangat unik dan semakin nikmat.

sayur genjer

Manfaat sayur genjer ini memang cukup untuk memberikan nutrisi pada tubuh. Banyak orang yang mengkonsumsi sayur genjer untuk dijadikan sebagai sayuran pelengkap makanan pokok seperti nasi. Ditelisik lebih jauh, sayur genjer memiliki khasiat sangat baik untuk kesehatan terutama untuk sistem pencernaan. Nah bagi anda yang belum pernah mengkonsumsi sayur genjer, tak ada salahnya untuk mencoba sayuran ini.

Sayur genjer memilik rasa tidak pahit, hanya saja cara memasaknya jangan terlalu masak karena jika terlalu masak, kandungan vitaminnya bisa hilang. Cukup beberapa menit saja di masak, setelah itu langsung angkat dan siap untuk disantap.

Lalu apa saja nutrisi dan manfaat sayur genjer ?

Berikut adalah beberapa nutrisi yang terkandung dalam sayur genjer dan manfaat yang bisa didapat dengan mengkonsunsi sayur genjer.

1. Mengandung Serat

Salah satu manfaat sayur genjer yang pertama adalah mengandung serat, serat adalah salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Ada beberapa peran zat serat untuk tubuh yang sangat penting seperti mencegah penyakit sambelit dan melancarkan proses pencernaan. Selain itu juga, serat juga bisa menstabilkan zat gula darah dalam tubuh, dapat membantu pencernaan makanan dan juga meningkatkan sistem metabolisme.

2. Mengandung Kalsium Tinggi

Kandungan kalsium yang ada pada sayur genjer mampu memberikan nutrisi penuh untuk tubuh. Beberapa manfaat penting kalsium adalah mampu mencegah terjadinya osteoporosis, dapat menjaga kesehatan gigi serta tulang dan membantu pertumbuhan gigi dan juga tulang.

3. Dapat Menambah Nafsu Makan

Manfaat sayur genjer yang ketiga adalah dapat menambah nafsu makan. Bagi anda yang selama ini nafsu makannya berkurang, ada baiknya mengkonsumsi sayur genjer. Khasiat genjer yang dapat meningkatkan nafsu makan akan membuat selera makan meingkat. Jangan heran bila kemudian berat badan naik. Badan tidak lagi terlihat kurus karena berat badan stabil. Untuk manfaat ini, cukup konsumsi sayur genjer tiga kali dalam satu minggu.

4. Mengandung Zat Besi

Zat besi yang ada dalam sayur genjer dapat membantu pembentukan sel dalam tubuh. Mengkonsumsi sayur genjer berarti meningkatkan zat besi yang akan membantu dalam membentuk sel dalam tubuh. Untuk manfaat ini, cukup dengan mencampurkannya dalam pecel atau pun gado gado, bisa juga dibuat menjadi tumisan.

Olahan Sayur Genjer

Bagi yang menyukai rasa pedas, masak sayur genjer dapat ditambahkan dengan cabai yang cukup banyak atau sesuai keinginan. Tetapi jika anda menyukai rebusan maka genjer ini bisa dijadikan rebusan sayur yang ditambahkan sedikit garam.

Demikianlah 4 manfaat sayur genjer, semoga bisa membantu anda dalam mengetahui apa saja khasiat genjer yang sangat luar biasa.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *