counter 4 Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan – Sami Share

Info

4 Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan

on

Teh hijau adalah salah satu jenis teh yang berasal dari tanaman teh (camellia sinensis) yang hanya melalui proses dikukus guna menghilangkan kandungan katekin. Berbeda dengan teh hitam yang juga sama – sama berasal dari daun tanaman teh namun sudah melalui proses fermentasi sehingga senyawa antioksidannya menjadi berkurang bahkan hilang.

Dari sejak lama teh hijau sudah terkenal diseluruh dunia sebagai salah satu sajian minuman selain kopi. Selain rasanya yang khas, teh hijau memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan teh hijau memiliki antioksidan alami yang sangat kuat yang bernama polifenol yang membantu menyehatkan tubuh, kulit, dan rambut, serta membantu memperlambat pertumbuhan sel kanker.

Berikut 4 Manfaat Teh Hijau Bagi Kesehatan

Manfaat Teh Hijau

1. Daya Ingat Semakin Kuat

Minuman sehat yang banyak sekali mengandung antioksidan ternyata juga dapat memberikan manfaat untuk daya ingat. Hal tersebut juga telah diketahui sesuai hasil penelitian dilakukan di University of Basel, Jerman. Pada penelitian tersebut telah ditemukan bahwa, Teh Hijau dapat meningkatkan fungsi kognitif terhadap manusia termasuk juga salah satu memori pada otak. Bahkan pada penemuan tersebut juga disebutkan apabila Teh Hijau tersebut dapat pula digunakan untu perawatan dimensia serta gangguan terhadap kejiwaan.

2. Memori Meningkat Optimal

Selain itu juga, manfaat Teh Hijau ternyata dapat meningkatkan efektivitas daya ingat terhadap manusia. Penelitipun juga melihat adanya peningkatan memori yang cukup sekali signifikan sesudah responden mengkonsumsi Teh Hijau. Penemuan tersebut menjelaskan Teh Hijau tersebut dapat dimanfaatkan agar dapat membantu mengobati kehilangan ingatan disebabkan karena gangguan jiwa maupun karena trauma.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan salah satu ahli kesehatan, partisipan diberikan minuman dengan ekstrak teh hijau sebelum mereka diminta mengerjakan tugas yang mengetes kemampuan daya ingat. Aktivitas otak mereka kemudian dimonitor menggunakan mesin scan MRI, sehingga peneliti bisa melihat peningkatan konektivitas antara bagian-bagian otak.

Penelitiannya sudah dipublikasikan pada jurnal Psychopharmacology yang menunjukan Teh Hijau tersebut dapat meningkatkan memori pada waktu pendek terhadap otak.

3. Mengembalikan energi yang hilang

Selain untuk meningkatkan kemampuan otak, khasiat lainnya adalah dapat membangkitkan energi sesudah olahraga.

Teh Hijau adalah salah satu minuman mengandung kafein, tetapi dalam jumlah yang kecil, tidak sebanyak minuman kopi atau energy. Kafein tersebut pada teh hijau dapat memberikan tambahan tenaga ketika dibutuhkan. Selain itupun, Teh Hijau akan lebih sehat lagi karena tidak banyak proses pengolahannya.

4. Mencegah Kanker

Manfaat teh hijau lainnya adalah sebagai sumber antioksidan yang alami sehingga akan membantu untuk mencegah kanker, penyakit jantung serta syaraf. Untuk mendapatkannya minuman ini bisa disajikan dalam keadaan hangat maupun dingin.

Meskipun dapat menyehatkan, bukan berarti bebas untuk mengkonsumsinya sebanyak mungkin tetap dijaga dan di atur, tidak sesuai dengan yang Anda inginkan. Karena segala sesuatupun yang sehat akan berguna sekali dan akan pula tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan. Sarannya yaitu agar meminum teh, apapun jenisnya tidak lebih 3 cangkir dalam sehari atau sekitar 500 ml sehari agar dapat menjaga kesehatan misalnya 2 gelas atau 3 gelas dalam sehari. Seperti pagi, siang atau malam, atau pagi dan malam saja. Atur sebaiknya mungkin apapun minuman atau makanannya.

Itulah 4 manfaat teh hijau bagi kesehatan. Asalkan dikonsumsi dengan benar dan tidak berlebihan, manfaat manfaat di atas akan bisa didapatkan secara maksimal.

Recommended for you

1 Comment

  1. Kampung Inggris

    May 3, 2016 at 3:23 pm

    Wah… Nice share…. Jadi pengen coba… ^_^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *