counter 5 Akibat Buruk Kurang Tidur Yang Harus Diwaspadai

Info

5 Akibat Buruk Kurang Tidur Yang Harus Diwaspadai

on

Tidur adalah salah satu cara untuk mendapatkan kembali kebugaran baik kebugaran fisik, pikiran maupun kebugaran emosional setelah sebelumnya waktu dan pikiran dihabiskan untuk berbagai aktifitas. Untuk itu sangat dianjurkan agar setiap orang mendapatkan tidur yang cukup. Kurang tidur membuat istirahat kurang berkualitas dan tidak menyehatkan.

Pada umumnya, durasi waktu tidur yang sehat bagi orang dewasa adalah antara 7 hingga 8 jam tiap hari. Artinya, jika durasi waktu tidur yang sehat tidak dicapai secara maksimal kemungkinan besar akan timbul beberapa masalah yang berkaitan dengan kesehatan tubuh, kurang bisa mengembalikan kebugaran serta mudah terkena penyakit.

Akibat buruk kurang tidur

Selain tidak mendapatkan tidur yang berkualitas, beberapa akibat buruk yang ditimbulkan akibat kurang tidur adalah :

1. Mudah terkena penyakit

Seringkali timbul keluhan seperti pusing kepala setelah bangun tidur, salah satunya dikarenakan waktu tidur yang kurang dan sangat sedikit. Dan bukan tidak mungkin badan menjadi masuk angin dan terserang penyakit lain yang lebih parah.

2. Badan menjadi lemas dan tidak bergairah

Dikarenakan kurangnya waktu tidur, maka kebugaran tubuh yang diharapkan bisa kembali dengan tidur menjadi tidak didapatkan. Akibatnya badan menjadi lemas dan tidak bergairan untuk melakukan aktifitas apapun baik itu yang berhubungan dengan pekerjaan, maupun yang berhubugan dengan pembelajaran seperti sekolah, kuliah, mengajar.

Tidak Bergairah

3. Kinerja otak menjadi lemah dan kemampuan berpikir menurun

Hal ini berbeda dengan banyak orang yang beranggapan bahwa dengan mengurangi waktu tidur bisa menambah tingkat produktifitas. Padahal, ketika orang sudah mulai mengantuk maka pikiran akan menjadi susah untuk berkonsentrasi terhadap apapun serta kurang teliti.

4. Meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan kerja

Berkesinambungan dengan menurunnya kinerja otak, maka tingkat kecelakaan kerja pun menjadi meningkat dikarenakan kurangnya konsentrasi pada pekerjaan.

Kecelakaan Kerja

5. Meningkatkan risiko terjadinya kecelakaan lalu lintas

Beberapa kasus kecelakaan terjadi akibat para pengemudi mengantuk karena kurang tidur. Baik pengemudi kendaraan roda empat atau lebih maupun kendaraan roda dua, semuanya berisiko celaka saat mengemudi dalam keadaan mengantuk.

So, karena buruknya akibat yang disebabkan karena kurang tidur, berhati-hatilah. Usahakan untuk selalu memperhatikan dan mendapatkan tidur yang berkualitas. Ketahui pula penyebab-penyebab kurang tidur agar lebih mudah cara mengatasinya.

Recommended for you