5 Cara Mudah Mengatasi Ibu Hamil Sesak Nafas

Ibu hamil sesak nafas memang hal umum yang biasanya terjadi terutama pada trimester yang terakhir, penyebab sesak nafas ibu hamil ini karena sang bayi sudah bisa mendorong naik. Sehingga secara tidak langsung diafragma dan juga paru paru mengalami perubahan dari keadaan yang biasanya. Akibatnya, ibu hamil pun akan bernafas lebih cepat serta terjadi sesak nafas.

Ibu hamil sesak nafas ini sebenarnya bisa diatasi dengan cara yang alami, nah apabila di rumah anda ada yang mengalami hal seperti ini maka silahkan menyimak artikel yang satu ini. Di bawah ini akan dijelaskan bagaimana saja cara mengatasi ibu hamil yang terkena sesak nafas.

Ibu hamil sesak nafas

Berikut 5 Cara Mengatasi Sesak Nafas Pada Ibu Hamil

1. Perhatikan Posisi Tidur

Salah satu cara mengatasi ibu hamil sesak nafas adalah dengan memperhatikan posisi tidur, jika ibu hamil mengalami gangguan saat tidur maka sebaiknya bersandar dengan menggunakan 3 bantal untuk mengatasi sesak nafas. Hal ini karena pada kehamilan ini ibu hamil harus menyesuaikan diri, selain itu juga biasanya akan ada gangguan yang lebih kuat dibandingkan kehamilan trimester pertama.

2. Olahraga Teratur

Olahraga ini banyak sekali manfaatnya untuk ibu hamil, contohnya bisa mengatur pernafasan, bisa menyehatkan tubuh dan juga sang calon bayi serta mencegah terjadinya penyakit. Agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan, maka anda harus menceritakan apa saja yang dirasakan sehingga si instruktur olahraga bisa menyesuaikan. Selain itu juga senam yoga pun bisa bermanfaat bagi ibu hamil, karena bisa membantu proses kelahiran bayi.

3. Mengkonsumsi Makanan Yang Sehat

Cara mengatasi ibu hamil sesak nafas yang berikutnya adalah dengan mengkonsumsi makanan sehat, makanan ini bisa membantu anda untuk menjaga berat badan saat hamil. Selain itu juga, cobalah untuk mengurangi beberapa jenis makanan yang lemaknya tinggi, kadar gula dan garam yang cukup tinggi. Hal ini karena jenis makanan tersebut bisa menambah berat tubuh, sehingga bisa menyebabkan sesak nafas yang jauh lebih parah.

4. Hindari Minuman Yang Bersoda

Minuman yang bersoda ini juga harus dihindari oleh ibu hamil, hal ini karena bisa meningkatkan pengeluaran cairan yang jauh lebih tinggi sehingga tidak baik untuk kesehatan. Perbanyak minum air putih saat sedang hamil, hal ini jauh lebih baik dibandingkan dengan mengkonsumsi jenis minuman yang bersoda.

5. Periksa Ke Dokter

Terkadang sesak nafas bisa mengkhawatirkan ibu hamil, cara terbaik untuk mengetahui solusinya adalah dengan memeriksakan diri pada dokter. Disana akan dijelaskan apa saja makanan dan minuman yang dianjurkan, serta akan diberitahu bagaimana posisi tidur yang nyaman.

Demikianlah 5 cara mengatasi ibu hamil sesak nafas, semoga bisa membantu anda dalam mengatasi masalah sesak nafas pada ibu hamil.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *