counter 5 Cara Paling Mudah Menghilangkan Cegukan – Sami Share

Info

5 Cara Paling Mudah Menghilangkan Cegukan

on

Cegukan memang terdengar sepele, namun bila cegukan terus menerus berlangsung maka hal tersebut dapat berpotensi untuk mengganggu aktifitas sehari-hari Anda. Pada dasarnya, cegukan merupakan sebuah peristiwa terjadinya kontraksi berlebihan pada diafragma secara tiba-tiba dan tidak sengaja, peristiwa yang terjadi secara tiba-tiba dan tidak sengaja tersebut biasanya akan berulang-ulang selama beberapa menit, sehingga pada saat diafragma “kejang” seperti itu maka pita suara akan menutup dengan cepat hingga membuat seseorang yang mengalami cegukan akan mengeluarkan suara “hik” yang dikenal dengan istilah cegukan atau dalam bahasa medisnya disebut dengan singultus.

Bila berbicara mengenai penyebabnya, maka akan ada berbagai penyebab cegukan yang sebagian besar diantaranya memang terjadi karena kebiasaan manusia sehari-hari, diantaranya seperti tertawa terlalu keras dan berlebihan, terlalu berlebihan mengkonsumsi makanan pedas, makan yang terlalu cepat, langsung minum minuman dingin setelah mengkonsumsi makanan pedas, dan karena terlalu banyak minum minuman beralkohol. Namun, selain itu (meskipun jarang terjadi) ada juga cegukan yang disebabkan karena tumor dan juga penyakit ginjal.

Lalu, bagaimana cara yang efektif untuk meredakan cegukan agar cepat hilang? Sebenarnya ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar cegukan dapat segera reda, diantaranya seperti 5 cara menghilangkan cegukan berikut ini :

1. Menarik nafas dalam-dalam

Biasanya cara yang paling praktis ini cukup efektif untuk menghilangkan cegukan, yang perlu Anda lakukan adalah menarik nafas dalam-dalam dan lakukan cara tersebut secara berulang-ulang selama 10 menit, namun biasanya cara ini akan berhasil dalam menghilangkan cegukan kurang dari 10 menit

2. Minum air putih

Selain menarik nafas dalam-dalam, ada satu lagi cara yang sederhana dan tak kalah praktisnya, sebab Anda hanya perlu minum air putih dalam jumlah yang cukup banyak

3. Bernafas menggunakan kantong kertas

Biasanya cara ini dilakukan bila seseorang mengalami cegukan yang lumayan parah. Bila cegukan yang Anda alami tidak kunjung berhenti, maka sebaiknya Anda mencoba untuk menghilangkannya dengan bernafas menggunakan kantong kertas

4. Menelan gula

Cara yang satu ini juga termasuk cara yang cukup efektif untuk menghilangkan cegukan, untuk menggunakannya, Anda hanya perlu menelan satu sendok makan gula namun dengan cara yang sedikit berbeda, sebab ketika gula masuk ke dalam mulut Anda harus melumerkan gula tersebut di lidah baru setelah itu menelannya.

5. Berenang

Berenang selama kurang lebih 20 menit juga cukup efektif untuk menghilangkan cegukan yang mengganggu, hanya saja sebaiknya Anda perlu memastikan bahwa suhu airnya antara 20-25 derajat Celsius.

Namun, cara-cara diatas perlu Anda kesampingkan dan sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter bila Anda mengalami gejala cegukan yang perlu ditindak medis, diantaranya seperti cegukan yang Anda alami tidak kunjung hilang meskipun sudah Anda coba menghilangkannya dengan cara-cara yang sudah disebutkan diatas, atau bila cegukan yang Anda alami tersebut sering kambuh dan terjadi terus menerus selama lebih dari 3 jam hingga mengganggu pola makan dan pola tidur Anda.

Selain itu, Anda juga perlu segera memeriksakan ke dokter bila Anda mengalami cegukan terus menerus selama 3 jam disertai dengan sakit perut yang terasa sangat parah, demam, sesak napas, muntah hingga cegukan yang sampai mengakibatkan Anda meludah darah, atau merasa seolah-olah tenggorokan tertutup. Bila Anda mengalami cegukan yang seperti itu, maka dokter akan memberikan pengobatan medis dengan melihat seberapa parah cegukan yang Anda alami, biasanya pengobatan medis yang akan dilakukan dokter, mulai dari obat cegukan berdasarkan resep dokter hingga anestesi dan pembedahan untuk memblokir dan menonaktifkan syaraf frenikus yang berperan sebagai pengontrol diafragma.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *