5 Ibadah Ini Bisa Bikin Wanita Tambah Cantik

Tujuan ibadah yang utama tentu mencari ridho Allah SWT. Ibadah menjadi salah satu bukti kepatuhan manusia terhadap perintah Allah, Tuhan Yang Maha Pencipta.

Agar ibadah benar-benar diterima Allah, harus dilakukan dengan rasa ikhlas semata-mata karenaNya dan untukNya. Bukan karena faktor lain yang bersifat duniawi meski manfaat dari ibadah itu sendiri banyak yang berkaitan dengan hal duniawi seperti kekayaan, kesehatan, keharmonisan, kecantikan dan yang lain.

Sebagai contoh, berikut ini adalah 5 ibadah yang bisa bikin wanita tambah cantik.

1. Wudhu

Wudhu wajib dilakukan manakala seseorang hendak melaksanakan shalat dan masih dalam keadaan hadats kecil karena wudhu adalah salah satu cara menghilangkan hadats kecil.

Dengan berwudhu minimal lima kali dalam sehari semalam bisa bikin wajah tambah cantik alami. Ya, karena dengan wudhu wajah menjadi lebih bersih dari segala kotoran, bekas kosmetik serta debu.

Syaikh Ali Ahmad Al Jurjawi ketika menjelaskan hikmah dan rahasia wudhu dalam buku Indahnya Syariat Islam menuliskan “Air dapat menghilangkan zat najis dan baunya yang tidak enak, yang mengganggu setiap orang, Bau ini jika bercampur dengan udara lalu masuk ke tubuh akan merusak kesehatan . Karena dapat masuk dengan sangat mudah ke lubang terkecil seperti pori-pori .. “

Begitu pula seorang ahli kesehatan, DR. Sagiran, M.Kes, Sp.B dalam buku Mukjizat Gerakan Shalat menuturkan : “Membasuh wajah, kedua tangan sampai kedua siku dan seluruh anggota wudhu secara umum memiliki manfaat yang sangat besar dalam menghilangkan keringat dan kuman-kuman dari permukaan kulit. Air wudhu juga berfungsi membersihkan kulit dari kandungan minyak yang tertahan di kelenjar kulit. “

Jadi, jangan heran bila wanita muslimah yang rajin berwudhu akan tampak lebih cantik dari yang lain. Wajahnya bersih dan aura memancarkan cahaya cantik yang alami.

2. Salat, terutama Tahajud

Sebagai tiang agama, shalat memiliki banyak manfaat tidak hanya di akhirat, namun di dunia juga memiliki keistimewaan. Saat shalat raga dan ucapan dihadapkan kepada Allah SWT dengan segala kekhusyu’an yang dimiliki.

Dalam shalat terdapat banyak gerakan yang tidak boleh ditinggal karena termasuk rukun dalam shalat. Ternyata gerakan-gerakan dalam shalat semua memiliki manfaat bagi psikologis dan kesehatan.

Secara psikologis, shalat mendatangkan ketenangan. Sedang manfaat dari sisi kesehatan, gerakan shalat bisa memperlancar peredaran darah. Dua hal ini saja sudah cukup membuat wajah muslimah tambah cantik berseri-seri dan bercahaya.

Bagaimana dengan shalat Tahajjud?

Secara khusus Rasulullah pernah menjelaskan kaitan shalat Tahajjud dengan wajah yang berseri.

“Setan membuat tiga ikatan di tengkuk (leher bagian belakang) kalian ketika tidur. Di setiap ikatan setan akan mengatakan, “Malam masih panjang, tidurlah!”. Jika dia bangun lalu berdzikir pada Allah, lepaslah satu ikatan. Kemudian jika dia berwudhu, lalu lagi satu ikatan. Kemudian jika dia mengerjakan sholat, lepaslah ikatan terakhir. Di pagi hari dia akan bersemangat dan bergembira. Jika tidak melakukan seperti ini, dia tidak ceria dan menjadi malas.” (HR. Bukhari dan Muslim)

3. Puasa

Ibadah Puasa juga bisa bikin wanita tambah cantik. Inti dari puasa adalah menahan diri dari lapar, haus, nafsu syahwat, nafsu amarah dan mengendalikan perasaan emosi.

Secara psikologis kesabaran saat berpuasa akan membawa kedamaian dan ketenangan. Perasaan damai dan tenang akan berpengaruh pada fisik sehingga melahirkan pancaran keteduhan dan keanggunan.

Secara medis, puasa membuat pencernaan makin sehat, jauh dari gangguan sakit mag dan yang lain. Puasa juga jadi satu cara diet paling efektif. Wanita yang rajin puasa, bentuk tubuhnya akan relatif lebih ramping dan indah.

4. Zakat dan Sedekah

Zakat dan sedekah adalah ibadah maliyah atau harta benda. Zakat dan sedekah juga sebagai bentuk kepedulian terhadap orang yang berhak dan lebih membutuhkan. Perilaku ini didasari rasa empati, kasihan sekaligus menjauhkan diri dari serakah dunia dan sifat pelit.

Perasaan rasa cinta dunia berlebihan yang ditandai dengan sikap pelit, kikir, serakah dan sifat buruk yang lain membuat hati senantiasa diliputi rasa takut dan stres. Kedua perasaan ini membawa pengaruh besar terhadap pancaran wajah. Kita bisa membedakan dengan mata kepala bagaimana wajah orang stres dengan orang bahagia.

Oleh karena itu jelas, zakat dan sedekah bisa bikin wajah wanita tambah cantik berseri.

5. Zikir

Seperti yang tertera dalam kitab suci Al Qur’an, zikir bisa membawa ketenangan dan ketenteraman hati.

“(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram” (QS. Ar Ra’du: 28)

Dalam kondisi hati tenang tenteram, wajah juga akan terlihat teduh bersahaja. Bagi wanita, keteduhan pada wajah bisa bikin wanita tambah cantik.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *