5 Macam Susu Nabati Pengganti Susu Sapi

Kehebatan susu sebagai salah satu minuman yang kaya gizi dan nutrisi tidak diragukan lagi. Susu mengandung hampir semua zat gizi yang dibutuhkan tubuh. Karenanya tak heran jika dari dulu sampai hingga sekarang susu konsisten menjadi minuman terbaik untuk kesehatan.

Dilihat dari asal didapatkannya, yang paling populer hingga saat ini adalah susu yang berasal dari hewan sapi atau susu sapi. Kemudian ada susu kambing, susu kuda, susu unta dan yang lain.

Hanya saja, tidak setiap orang menyukai minum susu sapi atau susu hewan lainnya. Berbagai hal menjadi alasan ketidaksukaannya. Ada kalanya tidak suka dengan aroma dan rasanya yang sedikit agak amis.

Adakalanya karena mengindap lakstosa intoleran atau tubuh tidak tahan terhadap susu yang disebabkan tidak memiliki kemampuan mengolah gula yang terdapat di dalam susu. Ditandai dengan munculnya berbagai keluhan kesehatan seperti rasa kembung, mencret, diare, selalu ingin kentut setelah minum susu sapi.

Juga adakalanya alergi terhadap protein pada susu sehingga harus menjauhi segala olahan makanan yang mengandung susu sapi atau susu hewan lain.

Bagi Anda yang benar – benar tidak menyukai susu sapi atau susu hewani, jangan khawatir, Anda tetap masih bisa mendapatkan berbagai manfaat susu tanpa harus menahan rasa enek dan dibayangi rasa takut alergi susu sapi. Caranya adalah dengan mengkonsumsi pengganti susu sapi berupa susu nabati atau susu yang berasal dari tumbuhan.

Berikut adalah 5 Macam Susu Nabati Pengganti Susu Sapi yang baik untuk dikonsumsi dan bisa dijadikan alternatif pengganti bagi yang tidak menyukai susu sapi.

1. Susu Kedelai

Susu Kedelai

Terbuat dari sari biji kedelai. Memiliki kandungan gizi yang hampir mirip dengan susu sapi yaitu 3,5% protein, 2% lemak, serta 2,9% karbohidrat.

Seperti dikutip dari wikipedia, susu kedelai memiliki banyak manfaat untuk kesehatan diantaranya sebagai antioksidan, mengurangi resiko penyakit jantung, mencegah kanker, mengurangi rasa sakit saat menstruasi, mencegah osteoporosis, mengatasi gejala menopause, memberi efek baik untuk diabetes dan sakit ginjal, serta menjaga berat badan.

Bagi yang tidak menyukai susu sapi karena aroma dan rasanya yang enek, susu kedelai bisa dijadikan alternatif pengganti karena susu kedelai tidak memiliki rasa amis dan enek.

Saat ini susu kedelai bisa dengan mudah ditemukan di berbagai pasar dan pusat perbelanjaan. Rasanya pun semakin bervariasi dari vanilla, cokelat, strawberry dan rasa lain.

Susu Beras

Susu BerasSusu beras atau lebih populer dengan nama tajin adalah susu yang dibuat dari bahan asal berupa beras. Berbagai jenis beras bisa diolah untuk menghasilkan susu beras, namun yang paling baik adalah susu dari beras merah.

Susu beras banyak mengandung karbohidrat, vitamin B12, vitamin B3, zat besi serta kalsium. Susu beras sangat bermanfaat bagi tubuh karena bebas lemak dan kolesterol, membantu pembentukan tulang dan gigi, menyehatkan jantung serta banyak mengandung antioksidan.

Susu Kelapa

Susu KelapaDari segi warna dan tekstur, susu kelapa atau santan adalah yang paling serupa. Baik digunakan sebagai pengganti susu sapi karena memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak. Dalam setiap 1 cangkir susu kelapa mengandung total lemak 57,2 g, kalori sebesar 552 kal, natrium 36 mg, kolesterol 0 mg, protein 5,5 g, total karbohidrat 13,3 g, vitamin C 11%, zat besi 22% dan kalsium 4%.

Susu kelapa bisa dikonsumsi langsung sebagai minuman seperti kolak dan bajigur, bisa juga dikonsumsi sebagai campuran bahan makanan seperti kaldu, opor dan untuk bahan pembuatan aneka kue.

Diantara manfaat dari susu kelapa adalah Menyeimbangkan berat badan, Meningkatkan sistem imun, Menurunkan risiko penyakit jantung, Menyehatkan kulit dan rambut

Susu Almond

Susu Almond

Susu almond atau yang terbuat dari buah biji almond bisa dijadikan alternatif pengganti susu sapi. Susu almond memiliki kadar lemak tak jenuh yang sangat rendah serta tidak mengandung laktosa atau gula susu. Sangat baik dikonsumsi untuk orang – orang yang memiliki gangguan kolesterol dan penyakit jantung. Secara lengkap, kandungan nutrisi satu cangkir susu almond adalah sebagai berikut :

Kalori 60 kalori, Lemak 2,5 gram, Serat 1 gram, Protein 2 gram, Kalium 180 miligram, Karbohidrat 10 gram, Kalsium 200 miligram, dan Gula 7 gram.

Susu Biji Rami

Cewek masih SMA

Bagi yang tidak suka susu sapi dan memiliki keluhan alergi terhadap kacang-kacangan, susu biji rami bisa dijadikan alternatif pengganti. Susu biji rami memiliki kandungan nutrisi yang lebih besar dari susu sapi. Dalam setiap satu cangkir susu biji rami, terdapat kandungan 100 kalori dan 400 miligram kalsium.

Susu biji rami juga tidak mengandung kolesterol dan banyak mengandung asam lemak omega 3 sehingga aman dikonsumsi penderita kolesterol.

Selamat minum susu !

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *