5 Makanan Ini Bantu Otak Anak Jadi Cerdas

Siapapun ingin memiliki anak yang dikaruniai otak cerdas yang mampu memecahkan berbagai persoalan. Faktanya, tidak semua anak bisa memiliki otak yang cerdas dan cemerlang. Banyak alasan kemudian mengemuka.

Selama ini banyak juga orang sering salah memiliki anggapan bahwa orang cerdas itu karena faktor keturunan atau genetika. Bila orang tuanya cerdas, maka anaknya juga cerdas. Padahal tidak begitu. Banyak faktor yang bisa mempengaruhi kecerdasan otak seorang anak, salah satunya adalah dengan selalu memberikan gizi yang cukup makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Makanan dengan menu lengkap seperti sayuran, buah, daging dan ikan sangat penting agar kebutuhan vitamin serta mineral utama yang dibutuhkan untuk kecerdasan mental dan fisik tercukupi. Berikut adalah makanan – makanan yang diyakini mampu merangsang pertumbuhan dan perkembangan sel – sel otak pada anak.

1. Telur

Telur Rebus

Sudah bukan rahasia bila telur adalah sumber protein hewani yang sangat baik buat kecerdasan otak. Kandungan kolin yang terdapat pada kuning telur berfungsi meningkatkan perkembangan memori.

2. Buah berry

Buah Berry

Berbagai buah – buahanan jenis berry seperti blueberry, redberry, dan strawberry secara umum mengandung vitamin C serta kadar antioksidan tinggi.

Diakui oleh para ahli nutrisi bahwa ekstrak buah strawberry dan blueberry bisa membantu memperbaiki fungsi daya ingat. Semakin tajam warnanya, kandungan nutrisinya juga akan semakin banyak dan itu sangat bagus untuk perkembangan otak anak.

3. Ikan salmon

Daging Ikan Salmon

Tak diragukan lagi manfaat ikan salmon untuk otak. Ikan yang memiliki kandungan asam eikosapentanoat (EPA) dan asam lemak omega – 3 ini telah terbukti sejak lama bermanfaat penting untuk perkembangan dan pertumbuhan fungsi otak.

Selain itu, para ahli kesehatan juga mengungkapkan bahwa seorang anak yang memperoleh asam lemak yang cukup akan memiliki otak dan pemikiran yang lebih tajam dari yang lainnya. Bila harus dilakukan uji kemampuan, dia akan mampu mencatatkan hasil yang cukup memuaskan.

4. Kacang-kacangan

kacang lentil

Berbagai macam kacang – kacangan seperti kacang tanah, kacang merah, kacang hijau, kacang kedelai, kacang panjang banyak mengandung karbohidrat komplek dan protein. Zat-zat tersebut kemudian diolah oleh tubuh menjadi energi yang membantu berbagai aktifitas sel – sel dalam otak dan tubuh anak.

Selain itu, kacang – kacangan juga memiliki banyak kandungan mineral, serat serta vitamin. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kacang pinto dan kacang merah memiliki banyak kandungan asam omega – 3 yang sangat bermanfaat bagi fungsi otak.

5. Oatmeal

Oatmeal

Makanan lain yang sangat membantu otak anak menjadi cerdas adalah Oatmeal. Makanan yang kaya akan serat ini selain membantu meningkatkan kinerja otak juga membantu menjaga fungsi jantung tetap sehat. Bahkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli kesehatan membuktikan bahwa anak – anak yang rajin mengkonsumsi oatmeal cenderung lebih mudah menyelesaikan tugas – tugas sekolahnya dibandingkan dengan yang lain.

Itulah beberapa makanan yang dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak anak. Meski itu bukan satu – satunya cara yang bisa dilakukan, namun dengan tercukupinya asupan gizi dan nutrisi akan lebih menjaga kesehatan otak serta meningkatkan kinerja otak.

Semoga bermanfaat !

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

2 Comments
  1. 2 years ago
    vitamin otak anak

    Pretty! This has been an extremely wonderful article. Thank
    you for providing these details.

    Reply
  2. 2 years ago
    Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan Tubuh

    Telur merupakan salah satu sumber makanan yang mengandung protein hewani yang baik dalam membantu kecerdasan otak pada anak. Ini dikarenakan telur mengandung kolin yang mampu membantu dalam meningkatkan memori. Terima kasih untuk informasi mengenai makanan ini bantu otak cerdas

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *