5 Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan Tubuh

Kangkung merupakan salah satu tumbuhan sayuran yang memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan. Salah satu manfaat kangkung yang tidak disangka – sangka dan paling unik adalah kemampuannya memerangi penyakit diabetes.

Selain memiliki banyak manfaat, kangkung juga mudah didapat. Kangkung bahkan dapat tumbuh dan hidup di mana – mana terutama di daerah yang berair. Kangkung juga termasuk salah satu tanaman sayur yang berumur panjang. Ia dapat tumbuh lebih dari setahun, menetap, menjalar atau membelit.

Kangkung

Dari banyak jenis kangkung, ada 2 jenis kangkung yang bisa dikonsumsi yaitu kangkung darat, yang memiliki daun panjang berujung runcing, berwarna hijau keputihan dan berbunga warna putih. Dan kangkung air, yang memiliki daun panjang warna hijau kelam, berujung agak tumpul dan berbunga warna putih keunguan.

Kangkung banyak mengandung vitamin A, C serta mineral terutama zat besi yang semuanya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat kangkung bagi kesehatan tubuh.

1. Meningkatkan Produksi Sel Darah

Salah satu manfaat sayur kangkung adalah bisa meningkatkan produksi sel darah, hal ini karena sayur kangkung mempunyai banyak vitamin seperti mengandung mangan, zat besi, kalium, seng dan masih banyak lagi. Zat-zat tersebut mampu memproduksi sel darah dalam tubuh, sehingga anda tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

2. Meningkatkan Nafsu Makan

Jika anda merasa malas makan atau kehilangan nafsu untuk makan, sayur kangkung bisa jadi solusi. Mengkonsumsi kangkung ternyata dapat membantu meningkatkan nafsu makan, sehingga tubuh selalu penuh energi. Bagi anda yang berat badannya kurang atau menurun, maka cobalah untuk makan sayur kangkung ini sehingga nafsu makan kembali meningkat seperti sebelumnya.

3. Mengatasi Masalah Insomnia

Menderita gangguan insomnia atau susah tidur? Cobalah mengkonsumsi sayur kangkung. Kangkung banyak terbukti mendatangkan kantuk dengan cepat. Begitu pula bagi yang sering begadang, namun ingin cepat tertidur, cara mengatasinya sangat mudah dan juga aman, yakni dengan mengkonsumsi sayur kangkung saja.

4. Menyembuhkan Perut Kembung

Jika anda merasa perut kembung, maka jangan langsung mengkonsumsi obat kimia yang banyak dijual pada apotik atau pun minimarket. Mengapa demikian? Karena dikhawatirkan bisa membuat anda sakit atau bahkan bisa menimbulkan penyakit baru. Cara mudahnya adalah dengan mengkonsumsi sayur kangkung, baik itu direbus atau pun dibuat menjadi sayuran tumis.

5. Mengurangi Stress Berlebih

Kandungan vitamin B compleks dan omega 3 sayur kangkung dapat membantu mengurangi rasa stres berlebihan yang sangat tidak baik untuk kesehatan, dan bisa meningkatkan kualitas kerja otak.

Itulah beberapa manfaat sayur kangkung bagi kesehatan. Tidak perlu berlebihan dalam mengkonsumsinya karena sedikit saja namun rutin sudah memberikan efek.

Semoga bermanfaat !

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

2 Comments
  1. 2 years ago
    Arni

    Saya sangat terkesan dengan web ini, web ini sangat bermanfaat dan sangat membatu bagi si pembaca .

    Reply
    • 2 years ago
      Fatchur sag

      Terima kasih, jangan lupa untuk share

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *