counter 5 Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan – Sami Share

Kesehatan

5 Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan

on

Labu siam adalah salah satu jenis sayur yang banyak ditemukan di Indonesia. Orang Jawa lebih mengenalnya dengan sebutan Jipang. Sedangkan secara global, labu siam dikenal dengan sebutan Chayote. Dinamakan labu siam karena disesuaikan dengan daerah asalnya yaitu Siam, salah satu wilayah di negara Thailand.

Dari segi fisik, labu siam sangat mudah dikenali, bentuknya bulat agak lonjong seperti buah pear, warna kulitnya hijau sedangkan warna buahnya putih kehijau-hijauan. Labu siam memiliki banyak kandungan gizi dan nutrisi. Sebuah penelitian oleh University of North Florida, Amerika Serikat mengungkapkan bahwa labu siam memiliki kalori rendah namun kaya mineral dan berserat tinggi. Selain itu, labu siam juga mengandung banyak vitamin. Tak mengherankan jika labu siam sangat bermanfaat. Tidak hanya sedikit, manfaat labu siam bagi kesehatan sangat besar dan luar biasa.

Labu Siam atau Jipang

Selain bisa dikonsumsi para orang tua dan dewasa, labu siam juga baik dikonsumsi anak – anak dan balita untuk membantu pertumbuhan dan menjaga kesehatan tubuhnya.

Sebagai sayuran, labu siam dapat diolah dan dimasak apa saja tergantung keinginan. Sebagai sayuran, labu siam dapat diolah dan dimasak apa saja tergantung keinginan. Bisa ditumis, berkuah, berkuah kental, dibuat pepes dan sebagainya.

Sekalipun memiliki banyak manfaat, kenyataannya kebanyakan orang yang makan tidak pernah memperhatikan apa saja manfaat labu siam bagi kesehatan, yang penting rasanya enak, cocok di lidah dan tidak berbahaya.

Berikut adalah 5 manfaat labu siam bagi kesehatan

1. Dapat Mencegah Perut Kembung

Salah satu manfaat sayur labu siam adalah dapat mencegah penyakit perut kembung. Apabila ada keluarga yang perutnya kembung maka berilah ia teh hangat yang sudah dicampur dengan irisan labu siam. Labu siam mengandung zat siuretik yang khasiatnya dapat mengatasi serta mencegah perut kembung, sehingga bisa jadi jadi obat alternatif dan obat alami saat perut terasa kembung.

2. Mampu Menurunkan Darah Tinggi

Manfaat yang kedua adalah dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa labu siam yang dikonsumsi dengan cara menjadikannya sebagai minuman bisa menurunkan tekanan darah. Untuk meraciknya, silahkan masukkan irisan labu siam ini kedalam minuman seperti teh, aduk sampai rata lalu minumlah dengan rutin.

3. Mampu Mencegah Penyakit Jantung

Manfaat sayur labu siam yang ketiga adalah dapat mencegah penyakit jantung. Bagaimana bisa? Kandungan vitamin esensial pada sayur labu siam ini ternyata sangat berguna untuk memelihara kesehatan tubuh. Selain itu juga, kandungan vitamin C beserta anti oksidan pada sayur ini pun bisa mencegah radikal bebas, sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit jantung.

4. Baik Untuk Mencegah Penyakit Sambelit

Serat yang ada dalam sayur labu siam ini ternyata bisa mencegah penyakit seperti sambelit, semakin sering mengkonsumsi sayur labu siam maka semakin banyak pula jumlah serat yang ada dalam tubuh. Serat inilah yang nantinya akan membantu dalam melancarkan pencernaan tubuh, sehingga sambelit bisa di cegah dengan mudah.

5. Dapat Mencegah Penuaan Dini

Labu siam memiliki kandungan antioksidan flavonoid poli fenolik yang dapat melawan zat berbahaya atau radikal bebas yang masuk kedalam tubuh. Apabila zat berbahaya ini masuk ke dalam tubuh, salah satu akibatnya bisa menyebabkan penuaan dini.

Salah Satu Olahan Labu Siam Sautéed Chayote with Sweet Onion and Bacon

Itulah 5 manfaat labu siam bagi kesehatan. Setidaknya setelah Anda mengetahuinya, Anda akan semakin mantap dan yakin bahwa mengkonsumsi labu siam adalah sangat berguna dan menyehatkan.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *