counter 5 Penyebab Pusing Setelah Bangun Tidur – Sami Share

Info

5 Penyebab Pusing Setelah Bangun Tidur

on

Kesehatan adalah karunia yang paling berharga yang diberikan Tuhan kepada kita yang harus kita jaga. Diantara cara menjaga kesehatan adalah dengan beristirahat yang cukup. Berhenti dari segala aktifitas agar tubuh yang lelah setelah melakukan pergerakan selama seharian bisa kembali normal.

Tidur adalah salah satu istirahat yang paling baik karena dengan tidur, kita bisa mengistirahatkan seluruh aktifitas otak dan tubuh secara bersamaan sehingga pada saat kita bangun, tubuh akan kembali terasa segar, otak pun kembali bisa berfikir dengan jernih dan tenang.Tidur Sehat

Bagaimana andai setelah tidur, kepala justru merasa pusing ?

Beberapa orang dapat mengalami gangguan pusing kepala pada saat bangun tidur. Mata berkunang – kunang, kepala terasa nyut – nyut dan kadang – kadang tubuh kehilangan keseimbangan. Bahkan ada kemungkinan kita jatuh jika memaksakan diri bangun dari tempat tidur.

Ada banyak hal yang menyebabkan terjadinya rasa pusing setelah bangun tidur. Antara satu orang dengan orang lain pun bisa berbeda – beda penyebabnya. Dalam beberapa kejadian, rasa pusing kepala setelah bangun tidur adalah hal biasa dan bukan suatu masalah serius. Rasa pusing ini akan lenyap dalam beberapa saat. Situasi ini oleh para ahli dikenal dengan sebutan presyncope. Yaitu rasa pusing biasa yang tidak sampai membuat hilangnya kesadaran.

Akan tetapi, ada juga rasa pusing kepala setelah bangun tidur ini yang disebabkan oleh adanya gangguan medis. Rasa pusing ini biasanya akan sulit hilang dalam waktu singkat.

Berikut beberapa hal yang menyebabkan rasa pusing setelah bangun tidur tidak lekas hilang.

1. Tekanan darah rendah

Beberapa penyebabnya adalah gangguan jantung, dehidrasi, pendarahan, kehamilan, dan kekurangan vitamin B12.

Ketika kita tidur dalam kondisi dehidrasi atau kekurangan cairan, kemungkinan besar kita akan merasakan pusing ketika bangun. Solusinya, minum air putih secukupnya sebelum tidur, atau sediakan air putih di samping tempat tidur sehingga begitu bangun tidur kita merasa pusing, langsung bisa kita minum.

Kekurangan vitamin B12 juga dapat menyebabkan tekanan darah rendah. Vitamin B12 berfungsi meningkatkan produksi sel darah merah. Jika kekurangan, maka akan timbul anemia yang menyebabkan tekanan darah menurun. Selain mudah pusing, efek lain dari kekurangan vitamin B12 adalah mudah mengantuk, mudah kesemutan, tak tahan sinar matahari dan selera makan berkurang.

Sering – seringlah makan makanan yang mengandung vitamin B12 seperti hati, dada ayam, daging sapi, telur, yogurt, oatmeal, tahu, tempe serta susu agar tidak mudah terkena tekanan darah rendah serta tidak mudah pusing setelah bangun tidur.

2. Rasa cemas dan gelisah

Rasa cemas dan gelisah yang terbawa tidur membuat nafas kita keluar masuk secara cepat sehingga mengganggu keseimbangan antara oksigen dan karbondioksida. Efeknya, pembuluh arteri menjadi sempit dan ketika bangun tidur kepala akan terasa pusing.

Solusinya, kalau kita punya permasalahan, selesaikan permasalahan tersebut sesegera mungkin agar tidak terbawa tidur. Andai permasalahan belum juga selesai, sadarilah bahwa masih ada hari esok untuk berfikir dan menyelesaikan masalah. Sekarang adalah saatnya istirahat.

3. Terkena vertigo

Menurut wikipedia, Vertigo adalah pusing yang disebabkan adanya gangguan keseimbangan pada bagian dalam telinga. Pusing yang ditimbulkan biasanya disertai sensasi berputar seolah ditarik ke alam lain. Di banyak kasus, penderita vertigo juga disertai gangguan pendengaran.

Gejala lain dari vertigo adalah mual, nyeri otot, peka pada cahaya, dan mudah lelah. Jika kita mengalami gangguan pusing kepala setelah bangun tidur disertai gangguan pendengaran, periksa segera ke dokter agar didiagnosa.

4. Efek samping obat-obatan

Obat-obatan memang memiliki khasiat masing-masing. Obat sakit kepala mempunyai khasiat meredakan atau menghilangkan sakit kepala. Obat flu berkhasiat meredakan dan mengobati flu. Obat sakit perut berkhasiat mengobati sakit perut. Begitu pula yang lainnya.

Namun, hampir semua obat – obatan juga memiliki efek samping bagi peminumnya. Diantara berbagai efek samping yang ada, pusing kepala adalah salah satunya. Obat yang memiliki kandungan diuretik, analgesik, transquilizer, anticonvulsant adalah diantara obat-obatan yang memiliki efek samping pusing kepala terutama setelah bangun tidur.ObatJika karena suatu hal Anda harus meminum obat, jangan lupa baca aturan pakai, kandungan, serta efek samping yang ada dalam kemasan. Kalau obat tersebut dari dokter, jangan sungkan untuk bertanya efek samping obat yang diberikan.

5. Bangun terkejut dan bangun secara tiba – tiba

Penyebab lain rasa pusing setelah bangun tidur adalah terkejut atau bangun secara mendadak.
Menurut dr. Rahajeng A.P., penjawab rubrik konsultasi kesehatan viva.co.id, secara medis sebenarnya tidak masalah bangun tidur secara kaget atau dibangunkan mendadak. Hanya saja bangun dengan cara seperti ini membuat suasana tidak nyaman dan mempengaruhi mood. Kadang juga disertai dada berdebar dan rasa pusing kepala. Solusinya, jika tak ingin tidur terganggu oleh anak – anak, kuncilah pintu kamar sebelum tidur. Jika tak ingin tidur terganggu nada dering ponsel, jauhkan ponsel dari tempat tidur, atau matikan nada deringnya. Pesan kepada istri agar tidak mengganggu atau membangunkan tidur kita sampai kita bangun sendiri.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan rasa pusing setelah bangun tidur dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat !

Recommended for you

40 Comments

  1. Jam Tangan Murah

    Feb 19, 2015 at 4:55 am

    saya sering mengalami pusing saat bangun tidur, mungkin karena tekanan darah saya rendah,,

    • Fatchur sag

      Feb 19, 2015 at 2:14 pm

      coba ke dokter atau puskesmas supaya di periksa tekanan darahnya juga yang lain

  2. Dimas

    May 29, 2015 at 9:59 am

    Pusing berhari hari

  3. farida

    Jun 24, 2015 at 5:46 pm

    Pusingnya lama sampai bethari-hari krn bangun kaget

  4. Tukang gali sumur

    Aug 7, 2015 at 8:53 am

    Saya sering pusing saat ga punya duit, solusinya apa yah.

    • Fatchur sag

      Aug 7, 2015 at 10:37 am

      Jangan biarkan diri Anda kehabisan duit, apapun caranya.

      • sukirman

        Sep 9, 2015 at 12:21 pm

        wah ini nasehat bs bikin org berbuat kriminal! apapun caranyta??? trmasuk making gitu???!! hey klo ga punya uang kerja dong!!! makes to mo punya duit ngimpi!!! semua org jg pd kerja!

        • Fatchur sag

          Sep 9, 2015 at 12:30 pm

          hehehe bukan itu maksudnya. “apapun caranya” alias kerja apapun asal halal. tidak harus dapet banyak yang penting bisa mencukupi kebutuhan.

  5. siapa aja boleh

    Aug 23, 2015 at 8:25 pm

    Saya selalu pusing brtahun2 bhkn dsertai skit kepala…apkh itu brbahaya?
    Saya takut diperiksa krn biaya CT scan ny mhal skli…
    Kra2 skit apa ya?

  6. Pingback: Ini 5 Bahaya Ibu Hamil Tidur Pagi Hari | Sami Share

  7. Pingback: Inilah Sebabnya Wanita Hamil Mudah Emosi | Sami Share

  8. Denz

    Nov 14, 2015 at 5:54 am

    Saya suka sakit kepala terkadang kandang saat aku bangun tidur terasnya sakit banget , bagaimana solusinya untuk melenyakan tenaga , otak lancar normal ,

  9. Pingback: Tiga Saat Paling Tepat Minum Air Putih | Sami Share

  10. Tekanan darah rendah dan juga vertigo menjadi salah satu penyebab kenapa pusing setelah bangun tidur. Selain tu efek samping dari obat-obatan juga menjadi penyebab yang sama. Terima kasih atas informasinya

  11. IRMAND SYAH

    Dec 23, 2015 at 1:38 am

    Saya sering pusing ketika bangun tidur, detak jantung terasa cepat, mual,

  12. Pingback: SEO Sederhana Ini Bikin Artikel 'Nangkring' Di Halaman 1 Google | Sami Share

  13. Awas Ada Kanjeng

    Jan 1, 2016 at 12:34 pm

    Kepala sering pusing kalau dibuat kerja lama dikit,,,,ini gimana ya,,,kan ganggu bgt buat pekerjaan saya,,,,trims

  14. Terdapat banyak efek yang menyebabkan pusing setelah bangun tidur seperti tekanan darah rendah, rasa cemas dan gelisah, vertigo, sampai dengan efek samping dari obat-obatan. Terima kasih untuk informasinya mengenai penyebab pusing setelah bangun tidur.

  15. Pingback: Fase Tidur Yang Mesti Dilewati Sekalipun Tanpa Disadari - Sami Share

  16. rosa

    Feb 19, 2016 at 6:47 pm

    Saya seperti kena vertigo ya tapi lom pernah saya ke.dokter tapi gimna Cara sembuhin nya ya pdahal.Saya masih kls 3 smk udah kena pusing”

  17. ade nangga

    Mar 1, 2016 at 9:46 am

    Jadi kepala ku yg sllu pusing di sebabkan oleh kurang cairan

  18. Arya Saputra

    Apr 22, 2016 at 5:43 pm

    Saya sering tdur antara jm: 3 atau jm: 4 pagi karna kerjaan sya sore & plg antara jm 12. Apkah sya kurg darah. Klu mslah mkan terkadang saya mkan hanya di saat pulang kerja sja.

    • Fatchur sag

      Apr 22, 2016 at 8:19 pm

      Belum tentu kurang darah. Cek ke dokter atau klinik untuk memastikan apakah Anda kurang darah atau tidak.

  19. dek ary

    Apr 29, 2016 at 8:33 am

    Pusing setelah bangun tidur pagi…sampe kehilangan kesadaran..kira2 apa penyebabnya?

    • Fatchur sag

      Apr 29, 2016 at 9:43 am

      apabila sampe kehilangan kesadaran, lebih baik konsultasi ke dokter.

  20. Anna Rosa Balqisanti

    May 2, 2016 at 8:39 pm

    Saya pas hari kerja selalu begadang buat bikin tugas yang banyaknya gk kira”, nah di hari libur biasanya tidur buat ngisi jam tidur yg blm cukup pas hari biasa, apa itu salah?

  21. Wienda

    Jun 3, 2016 at 3:08 pm

    Saya pusing klo tidur siang lebih darri 30 menit
    Tapii ngantukkk

  22. nella

    Jun 17, 2016 at 10:34 am

    kalo pusing disertai mata merah namun hanya sebelah. itu kenapa ya

  23. Gen

    Jul 10, 2016 at 8:19 pm

    Saya selalu merasa pusing hamya setelah terbangun dari tidur siang. Dan pusingnya terasa sampai malam hari. Kenapa ya?

  24. bambang

    Jul 13, 2016 at 2:58 pm

    kalo pusing di sertai rasa rindu kenapa ya?

    • Fatchur sag

      Jul 16, 2016 at 11:29 am

      namanya jatuh cinta

  25. Irham

    Jul 21, 2016 at 11:54 pm

    Saya sangat pusing setelah bangun tidur dan anehnya juga saat saya ingin berbaring atau ingin tidur di kasur saya selalu merasa pusing. Ketika melakukan aktivitas biasa saya tidak pernah merasakan pusing paling hanya sedikit saja. Itu kenapa ya? Waktu itu saya pernah bangun mendadak gara-gara saya merasakan telinga saya sakit berhari-hari dan saya juga sering terkena bangun mendadak setelah itu bahkan sampai sekarang. Apa solusinya? Mohon dijawab, karena sudah saya bookmark konten ini agar saya dapat melihat jawaban yang memuaskan terima kasih.

  26. roy

    Jul 24, 2016 at 7:54 am

    Sy selalu pusing ketika bangun tidur apa karena tiap tidur dari malam sampai pagi sy pakai kipas angin pusingnya bisa sampe siang padahal sy sudah sarapan dan makan

  27. Herlina

    Sep 19, 2016 at 3:32 pm

    Saya baru-baru saja mengalami Pusing saat bangun Tidur dan saat ingin Tidur kalau Merebahkan Kepala saya langsung Pusing seperti Berputar-putar solusinya bagaimana iya….??Terimakasih

    • Fatchur sag

      Sep 19, 2016 at 3:42 pm

      Ada banyak kemungkinan penyebabnya. Terkadang pikiran gelisah, panik atau depresi juga memicu rasa pusing di kepala. Bila itu yang jadi penyebab, solusinya adalah menghilangkan hal yang menyebabkan gelisah dan panik. Cobalah berwudhu, kemudian duduk dengan tenang dan ambil nafas dalam-dalam hembuskan pelan-pelan.
      Tapi bila penyebabnya adalah masalah pikiran, berarti ada yang tidak beres dengan masalah kesehatan tubuh Anda. Cobalah periksa ke dokter atau klinik kesehatan untuk didiagnosa dan dicari obat yang paling tepat.

  28. Pingback: Tujuh Penyebab Pusing Saat Berdiri Setelah Duduk - Sami Share

  29. Dayat

    Dec 27, 2016 at 6:53 am

    mksh srnnya sgt bermanfaat.

  30. Nand7

    Jan 4, 2017 at 6:15 pm

    Saya selalu pusing setiap bangun tidur atau setelah tiduran dan jika keluar dari ruangan (kamar) yang gelap langsung terkena ruangan yg terang pasti pusing

  31. Deri Reynaldi

    Jan 13, 2017 at 10:57 am

    Saya suka pusing, kleyengan pas di diagnosa kena tekanan darah rendah,
    Tapi ciri2 pusingnya kaya ada semua divertigo.
    Jadi yg bener yg mana?
    Apakah pusing karena darah rendah itu sama kaya pusing karena vertigo ??

    • Fatchur Sag

      Jan 13, 2017 at 3:40 pm

      Vertigo umumnya terjadi karena ada masalah pada bagian syaraf dalam telinga yang kemudian mengganggu mekanisme keseimbangan tubuh.
      Sedang gejala darah rendah umumnya disebabkan karena kekurangan nutrisi dan gizi makanan. Banyak yang menganggap kalau darah rendah bukan penyakit. Hanya perlu makan makanan yang bisa meningkatkan tekanan darah.
      Kalau mas mengalami pusing semacam itu, coba makan kacang-kacangan, sayur bayam, hati ayam, jus alpukat dan banyak minum air mineral.
      Bila beberapa hari masih ada keluhan coba periksa ke dokter THT, mungkin ada masalah dengan syaraf telinga mas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *