6 Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki

Salah satu aktifitas fisik yang paling banyak dilakukan banyak orang tiap hari tanpa mengenal usia adalah berjalan kaki. Sejak dari bangun tidur hingga akan tidur lagi, orang bisa menempuk jarak puluhan kilo meter dengan berjalan kaki. Berjalan kaki juga menjadi olahraga yang paling mudah dilakukan dan sangat menyehatkan. Namun, untuk mendapatkan manfaat jalan kaki yang maksimal ada satu tips yang patut dicoba yaitu berjalan tanpa alas kaki.

Bagi orang yang hidup di perkotaan, berjalan kaki tanpa alas kaki mungkin sangat jarang dilakukan. Andai bisa pun, paling dilakukan di dalam rumah. Sayangnya, banyak rumah masa kini lantainya dilapisi keramik halus atau ubin.

Manfaat berjalan tanpa alas kaki yang maksimal bisa diperoleh bila terjadi bila kaki bersentuhan langsung dengan alam seperti bebatuan kasar, tanah tidak rata atau rumput – rumput yang tumbuh di alam. Menurut sebuah penelitian, dengan berjalan tanpa alas kaki di alam bisa membuat kita serasa menyatu dengan alam, merasa stabil dan peredaran darah di kaki terasa lebih lancar.

Beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dengan berjalan tanpa alas kaki di alam sebagaimana dikutip dari Boldsky.com adalah sebagai berikut:

  1. Dapat menurunkan risiko peradangan dalam tubuh. Efek lainnya, kaki akan memperoleh dampak baik antioksidan alami.
  2. Membantu menurunkan perasaan stres dan menjadikan hati terasa lebih bahagia sehingga risiko depresi bisa dihindarkan.
  3. Bagi yang memiliki gangguan tidur atau insomnia, berjalan tanpa alas kaki bisa menjadi satu terapi yang sangat baik. Pijatan alami dari alam pada kaki bisa menurunkan kadar kortisol dan membantu meningkatkan kualitas tidur.
  4. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa sentuhan langsung kaki dengan rumput atau bebatuan alam bisa memperbaiki jaringan dalam tubuh dengan lebih baik sehingga membantu mempercepat penyembuhan luka pada tubuh.
  5. Terungkap juga dari sebuah penelitian bahwa berjalan tanpa alas kaki mampu menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler, yaitu penyakit yang disebabkan gangguan fungsi jantung dan pembuluh darah, seperti penyakit jantung koroner, penyakit gagal jantung, darah tinggi dan stroke.
  6. Meminimalisir gangguan perut kembung, kelelahan dan sakit kepala berlebihan serta membantu menurunkan berat badan.

Itulah beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan berjalan tanpa alas kaki. Meski begitu, teknik berjalan kaki yang baik juga harus diperhatikan agar terhindar dari risiko yang tidak diinginkan.

Selamat berjalan kaki!

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *