6 Manfaat Cabai Rawit, Si Pedas Penggoyang Lidah

Bagi anda penggemar makanan pedas, maka cabai rawit merupakan salah satu bahan atau dapat juga disebut dengan bumbu yang perlu dicampurkan ke dalam makanan yang akan anda santap. Ya, apalagi untuk makanan khas nusantara yang rata-rata memang lebih identik dengan rasa pedas, contohnya seperti pepes, balado, rending, rica-rica dan masih banyak yang lainnya.

Selain digunakan untuk campuran ke dalam masakan, cabai rawit tentu saja digunakan sebagai bahan utama untuk membuat sambal. Ada beragam jenis sambal khas Indonesia yang wajib menggunakan cabai rawit, diantaranya seperti sambal bajak, sambal matah, sambal colo-colo, sambal bawang dan lain sebagainya. Segala jenis masakan yang didampingi dengan sambal biasanya akan lebih dapat membuat nafsu makan semakin bertambah, khususnya bagi orang yang gemar dengan makanan pedas. Namun, tahukah anda bahwa sebenarnya cabai rawit mengandung beragam zat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia?

Kandungan cabai rawit sangat banyak dan beraneka ragam, utamanya mengandung beragam vitamin dan mineral serta fitonutrisi, diantaranya seperti Vitamin C, Vitamin B6, Vitamin A, Vitamin E, Vitamin K, Zat besi, Tembaga, Kalium, Magnesium, Mangan, Fosfor, Selenium, Zinc, Betakaroten, Alfakaroten, Zea xanthin, Lutein, Betakriptosantin dan juga senyawa capsaicin yang memberikan rasa pedas serta senyawa kapsisikol yang dapat menghangatkan tubuh.

Setelah mengetahui beragam jenis nutrisi yang terkandung dalam cabai rawit, maka selanjutnya anda perlu mengetahui manfaat apa saja yang dapat anda peroleh dari si mungil nan pedas ini. Ada beberapa manfaat cabai rawit untuk kesehatan yang perlu anda ketahui, seperti :

1. Mengurangi kadar kolesterol jahat

Apakah anda suka makan gorengan? Bila anda gemar mengkonsumsi segala jenis makanan yang digoreng khususnya gorengan yang kaya minyak sehingga tentunya banyak mengandung kolesterol jahat, maka sebaiknya anda mendampinginya dengan cabai rawit, pasalnya cabai rawit dipercaya dapat mengurangi kolesterol jahat yang merupakan sumber beragam penyakit lainnya.

2. Membantu menurunkan berat badan

Tahukah anda bahwa dengan mengkonsumsi cabe rawit maka anda dapat membakar kalori sekitar 25%? Selain mampu membakar kalori, kandungan senyawa capsaicin dalam cabai rawit juga dapat membantu meningkatkan pengeluaran energi, sehingga secara teknis, cabai rawit dapat membantu seseorang untuk menurunkan berat badan.

3. Membantu mengobati kanker prostat

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan pada tahun 2006, senyawa capsaicin yang terkandung dalam cabai rawit dapat menghentikan penyebaran sel kanker prostat.

4. Mengurangi rasa pegal

Selain untuk dikonsumsi biasanya cabai rawit juga digunakan sebagai campuran untuk membuat balsem dan koyo. Hal tersebut disebabkan karena, cabai rawit mengandung senyawa kapsisikol yang dapat memberikan efek hangat alami sehingga dapat membantu mengurangi rasa pegal pada tubuh manusia.

5. Meningkatkan nafsu makan

Manfaat cabai rawit berikutnya; Senyawa capsaicin yang terkandung di dalam cabai rawit dapat meransang produksi hormon endorphin sehingga nafsu makan orang tersebut akan meningkat

6. Meningkatkan daya tahan tubuh (imunitas)

Cabai rawit juga kaya akan beta karoten dan pro vitamin A serta vitamin C sehingga dapat berfungsi sebagai anti infeksi khususnya untuk membran mukosa yang sehat. Membran mukosa tersebut merupakan membran yang berguna sebagai pertahanan terhadap pathogen dan letaknya terdapat pada saluran pencernaan, saluran kemih, saluran hidung dan paru-paru.

Itulah beragam manfaat cabai rawit untuk kesehatan tubuh manusia. Namun, bila anda termasuk orang yang tidak biasa atau tidak tahan terhadap rasa pedas, maka sebaiknya jangan terlalu berlebihan mengkonsumsi cabai rawit khususnya bagi para penderita gastro esophageal sebab dapat semakin memperburuk kondisi asam lambung.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *