counter 6 Manfaat Sayur Buncis Yang Jarang Diketahui – Sami Share

Kesehatan

6 Manfaat Sayur Buncis Yang Jarang Diketahui

on

Kebanyakan dari kita mungkin tidak mengetahui apa saja manfaat sayur buncis. Dikarenakan kita hanya memasak dan mengkonsumsi tanpa memperhatikan kandungan nutrisinya. Khasiat sayur buncis sebenarnya sangat banyak seperti dapat menjaga sistem metabolisme tubuh. Itulah sebabnya tidak rugi jika kita selalu mengkonsumsi sayur hijau yang satu ini.

Banyak sekali olahan yang bisa dihasilkan dari sayur buncis. Yang paling terkenal sayur buncis biasanya dimasak dengan cara ditumis. Ada pula yang menjadikan sayur buncis ini sebagai campuran dari sayur asam atau direbus kemudian disantap dengan sambal gula asam.

Menurunkan Kadar Gula dengan Sayur Buncis

Selain sebagai santapan lezat, sayur buncis juga memiliki kandungan gizi dan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Berikut adalah 6 manfaat sayur buncis yang jarang kita ketahui.

1. Sangat Aman Untuk Penderita Diabetes

Salah satu manfaat sayur buncis yang pertama adalah sangat baik untuk orang yang mengalami penyakit diabetes, dikarenakan jumlah kadar indeks glikemik-nya sangat rendah sehingga tidak berbahaya. Tak cukup itu saja, kandungan seperti zat glyconutrient ternyata sangat membantu kita dalam mengontrol gula darah, sehingga sangat aman dan tidak ada efek samping.

2. Dapat Melancarkan Sistem Pencernaan

Mengapa dapat melancarkan pencernaan? Karena ternyata sayur buncis ini mengandung serat yang sangat tinggi. Serat inilah yang bisa membantu kita dalam melancarkan sistem pencernaan, sehingga secara tidak langsung zat beracun pun bisa diatasi dengan baik.

3. Dapat Menenangkan Fikiran

Manfaat sayur buncis yang ketiga adalah dapat menenangkan fikiran. Mengapa bisa terjadi? Karena sayur buncis ini memiliki sifat hipoglikemik yang dapat menenangkan syaraf dan juga meningkatkan kesehatan mental seseorang. Jika rajin mengkonsumsi buncis ini, maka secara tidak langsung fikiran pun akan tenang.

4. Dapat Menguatkan Tulang

Buncis ternyata bisa menguatkan tulang, ini terjadi karena buncis mengandung kalsium beserta fosfor. Kedua jenis zat inilah yang akhirnya bisa membantu seseorang dalam menguatkan tulang, sehingga kesehatan tulang tetap terjaga dan juga kuat. Tulang tidak mudah keropos atau terkena osteoporosis.

Tumis Buncis Pedas

5. Melancarkan Peredaran Darah Dengan Baik

Tahukah kita? Ternyata zat besi yang ada dalam buncis ini mampu melancarkan sistem peredaran darah. Sayur buncis ini dapat meningkatkan produksi hemoglobin yang bisa mengangkut oksigen jauh lebih banyak. Hal inilah yang akhirnya menjadikan sirkulasi darah jauh lebih lancar, baik itu yang mengarah kebagian tubuh atas atau pun tubuh bawah.

6. Cocok Untuk Wanita Hamil

Wanita yang sedang hamil pun bisa mengkonsumsi sayur buncis ini, karena buncis mengandung asam folat yang bermanfaat untuk mencegah bayi lahir cacat. Oleh karena itu, bagi para wanita hamil sering seringlah untuk mengkonsumsi sayur seperti buncis ini.

Itulah 6 manfaat sayur buncis yang jarang kita ketahui.
Semoga bermanfaat!

3 Comments

  1. Saya suka banget tumis buncis, ternyata banyak manfaatnya.

  2. Pingback: 5 Manfaat Sayur Pakis Bagi Kesehatan | Sami Share

  3. Pingback: 5 Manfaat Sayur Pakis Bagi Kesehatan | Sami Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *