6 Risiko Menjalin Hubungan Jarak Jauh

Tak setiap orang selalu berkumpul dengan keluarga serta orang-orang yang dicintainya. Begitu pula, tak setiap orang selalu berdekatan dengan istri maupun pacarnya. Kadang kala karena sebuah situasi, pekerjaan atau karena menuntut ilmu, orang harus berpisah dan menjalani hubungan jarak jauh.

Dalam liku – liku percintaan, orang kadang harus menjalani hal – hal sulit semacam ini. Berpisah dengan orang yang dicintai tentu tidak menyenangkan dan tidak diharapkan. Sekalipun perpisahan itu hanyalah sementara.

Wajar perasaan gelisah itu muncul kala harus menjalani hubungan jarak jauh. Sebab hubungan jarak jauh selalu rentan terhadap berbagai masalah dan risiko menyakitkan.Hubungan Jarak JauhKalau Anda termasuk orang yang harus menjalani hubungan jarak jauh semacam ini, lebih baik Anda ketahui risiko – risiko yang mungkin timbul menerpa Anda agar Anda tahu bagaimana mengatasinya.

Berikut 5 risiko menjalin hubungan jarak jauh yang perlu Anda tahu.

1. Rasa Cemas

Kala awal-awal Anda ditinggal pasangan Anda, rasa cemas akan menyusup ke hati Anda. Berbagai perasaan dan pertanyaan mulai berkecamuk di hati Anda. Anda mengkhawatirkan tentang keselamatannya, bagaimana kesehatannya, bagaimana lingkungan tempat tinggalnya, bagaimana hubungan dengan teman-temannya, bagaimana pula dengan makan minumnya. Apa yang dimakan dan siapa yang melayani.

Agar perasaan cemas ini mereda, sebaiknya segera hubungi dia. Tanyakan kabarnya, bagaimana keadaannya. Jika Anda masih tak yakin, mintalah dia untuk mengirimkan foto dirinya dan keadaan disana. Dengan begitu Anda bisa lebih tenang.

2. Rasa Rindu

Saat belum terpisah, perasaan ini mungkin tidak terlalu Anda rasakan, dikarenakan Anda selalu melihatnya, setiap saaat bisa ngobrol dengannya, mencurahkan segala isi hati dan perasaan Anda secara langsung. Namun, ketika Anda harus terpisah dengannya dan menjalani hubungan jarak jauh, Anda akan merasa betapa kehadirannya di hadapan Anda selalu Anda rindukan. Anda tidak bisa memandanginya setiap saat, Anda tidak bisa lagi berbincang-bincang, bercanda tawa dengannya setiap kali Anda inginkan seperti sebelumnya.

Anda hanya bisa membayangkan keindahan – keindahan itu dalam lamunan. Bahkan bukan tidak mungkin kerinduan Anda terbawa ke alam mimpi.

3. Rasa Cemburu

Banyak hal yang memicu perasaan cemburu dikala Anda berjauhan dari pasangan. Tempat kerja yang menyenangkan, teman baru yang cantik – cantik, serta tersedianya segala fasilitas memicu perasaan Anda untuk cemburu. Terlebih jika kemudian pasangan Anda memperlihatkan foto dirinya di media sosial dengan teman-teman kerjanya terlihat asyik bercengkerama. Anda lantas menyesal karena tidak bisa mengikutinya.

Jika perasaan Anda digelitik rasa cemburu, sebaiknya Anda tepis perasan itu segera. Tetaplah percaya berperasangka positif pada pasangan Anda. Mantapkan dalam hati Anda bahwa pasangan Anda sedang menjalani sebuah tugas dari tempatnya bekerja.

4. Rasa Takut Kehilangan

Adalah hal wajar jika rasa takut kehilangan ini muncul kala Anda menjalani hubungan jarak jauh dengan pasangan Anda. Banyak alasan perasaan takut ini muncul. Anda cemas jika dia disana tidak terlalu memikirkan Anda. Anda cemas dia tidak mengaku telah memiliki pasangan kala dia bertemu dengan orang baru disana yang menarik hatinya. Intinya Anda takut dia meninggalkan Anda tanpa Anda ketahui.

5. Timbul Pertengkaran

Efek dari rasa cemburu adalah terjadinya perselisihan dan rasa tidak percaya. Tanpa sebab yang pasti, karena memang berjauhan, Anda bisa tiba – tiba marah kepada pasangan Anda.

Petengkaran juga kadang terjadi karena perbedaan pendapat tanpa ada yang mau mengalah. Jangankan dalam jarak yang berjauhan, dalam keadaan berkumpul saja pertengkaran bisa terjadi hanya karena beda pendapat.

Agar tidak timbul benih – benih pertengkaran, sering – seringlah berkomunikasi terhadap segala hal yang Anda hadapi. Seringlah minta pendapat jika hendak melakukan sesuatu yang dirasa penting. Dengan seringnya berkomunikasi, Anda akan merasa berdekatan dengan pasangan Anda.

6. Selingkuh

Bisa jadi ini adalah risiko yang paling ditakuti kala menjalani hubungan jarak jauh. Jarak yang terpisah, Anda tidak melihat dan mengetahuinya memungkinkan pasangan Anda untuk selingkuh dan menjalin hubungan istimewa dengan orang lain.

Jika khawatir terjadi perselingkuhan, cobalah sesekali waktu Anda dan pasangan Anda bertemu. Jika perlu lakukan secara diam-diam tanpa harus memberitahu terlebih dahulu. Mungkin hal ini perlu dilakukan karena dua alasan.
Pertama; bisa menjadi sebuah kejutan menyenangkan alias surprise.
Kedua; bisa mengetahui situasi sebenarnya jika ada yang mencurigakan.

Itulah beberapa hal harus Anda ketahui tentang risiko menjalin hubungan jarak jauh. Satu hal penting yang harus selalu dilakukan agar risiko – risiko tersebut dapat diminimalisir adalah selalu ciptakan komunikasi yang baik dan intens antara Anda dengan pasangan Anda.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *