counter 6 Tanda Hubungan Anda dan Pasangan Sedang Bermasalah – Sami Share

Asmara

6 Tanda Hubungan Anda dan Pasangan Sedang Bermasalah

on

Tidak selalu hubungan dengan pasangan berjalan adem ayem dalam keharmonisan. Ada kalanya mengalami gesekan yang membuat suasana menjadi panas dan mengganggu keharmonisan.

Hal tersebut sebenarnya hal biasa dan umum terjadi. Gesekan – gesekan kecil justru menjadi sebuah bumbu kemesraan yang menjadikan hubungan terasa makin indah.

Tapi, bila berlangsung dalam waktu yang agak lama, Anda perlu waspada. Barang kali ada hubungan Anda sedang berada di ambang batas. Seorang ahli psikologi bernama Seema Hingonranny, menuturkan “Ada beberapa tanda-tanda yang memudahkan Anda untuk mengukur apakah hubungan Anda sedang di ujung tanduk, seperti sudah hilangnya rasa hormat diantara pasangan, hilangnya rasa empati dan mulai berkomentar menyakitkan pada setiap argumen apapun.”

Bertengkar

Bila beberapa hal berikut terjadi pada Anda, Anda harus menyadari bahwa ada suatu problem sedang mengganggu hubungan Anda.

1. Berkurangnya kedekatan

Hubungan yang harmonis memiliki kedekatan sangat mendalam karena kedekatan adalah salah satu hal penting dalam sebuah hubungan. Kedekatan ini bisa ditandai dengan keinginan selalu berdekatan dengan pasangan atau takut kehilangan. Bila kedekatan mulai berkurang seperti menghindari bersentuhan bagi seorang istri atau menjaga jarak agar tak berdekatan dengan suami, itu menandakan bahwa hubungan Anda sedang dalam masalah.

2. Kehilangan rasa percaya

Dasar dari semua hubungan adalah kepercayaan. Tidak ada rasa curiga, tidak ada rasa cemburu buta, dan tidak ada perasaan negatif lain. Baik Anda ataupun pasangan Anda, semua harus bisa menjaga kepercayaan ini dengan sebaik – baiknya.

Mengapa? Karena saat kepercayaan ini mulai rusak yang disebabkan karena perselingkuhan, penyimpangan masalah keuangan, berpura – pura baik atau sebab – sebab yang lain, Anda tidak akan bisa memperbaikinya 100%. Selalu saja ada perasaan menyelidik, jangan – jangan kejadian yang sudah berlalu terulang kembali.

Bila sudah tidak ada rasa saling percaya antara Anda dengan pasangan Anda, itu menandakan hubungan Anda sudah memasuki rambu – rambu warna kuning atau di ujung tanduk.

3. Lebih banyak cemoohan dan hinaan

Efek lain dari hilangnya rasa saling percaya adalah emosi mudah terpancing. Hari – hari Anda akan sering diwarnai dengan percekcokan dan perselisihan pendapat tanpa ada yang mau mengalah.

Bila kemudian menjadi pertengkaran, hampir bisa dipastikan cemoohan dan hinaan akan keluar dari mulut Anda berdua. Kalimat yang sederhana seperti “Tolong, ambilkan minuman di belakang” malah dibalas dengaan ucapan bernada tinggi “Ambil aja sendiri, memangnya tanganmu buat apa. Sudah gak suka punya tangan, sini saya potong!”

Tentu saja perkataan ini sangat menyakitkan dan memicu rasa dendam mendalam. Pada waktunya nanti, semua kekurangan – kekurangan kecil akan menjadi alat untuk memulai sebuah perang, saling mencemooh dan menghina hingga berujung pada kata terakhir “kita putus!”

4. Hilangnya perasaan

Hal lain yang lebih halus namun tetap menyakitkan dan menjadi tanda adanya masalah dalam hubungan Anda adalah kehilangan perasaan emosional dengan pasangan Anda. Terjadi perang dingin dan sikap saling tertutup antara Anda dengan pasangan Anda. Tidak adalagi keterbukaan terhadap hal – hal yang sebenarnya bukan rahasia. Dengan pasangan Anda, Anda merasa sebagai orang lain, begitu pula sebaliknya serta tidak ada lagi kepedulian.

5. Tidak lagi tertarik

Hubungan Anda dengan pasangan perlahan – lahan akan mati membeku bila sudah tidak ada lagi ketertarikan satu sama lain. Hilangnya rasa bahagia dan sayang menjadi sinyal awal bahwa tidak ada lagi ketertarikan antara Anda dengan pasangan Anda.

6. Cuek

Cuek

Saat pasangan Anda tidak lagi marah dan terganggu dengan sikap kurang baik Anda atau sebaliknya, dan lebih memilih untuk acuh tak acuh alias cuek, itu menjadi satu sinyal bahwa pasangan Anda tak lagi peduli pada hubungannya. Bila pun kemudian terjadi pertengkaran, hal itu cuma sekedar untuk mencari alasan untuk mengakhiri hubungan Anda.

Itulah beberapa tanda bahwa hubungan Anda dengan pasangan sedang dalam masalah. Bila masih mungkin Anda untuk berbaikan dan memperbaiki hubungan Anda ke arah yang lebih baik dan lebih harmonis, lakukanlah karena semua hal yang Anda alami di atas akan menjadi bumbu kelezatan hubungan Anda.

Tapi bila sudah tak bisa diperbaiki, tidak semestinya Anda mempertahankan hubungan Anda dengan pasangan Anda karena akan semakin menambah beban pikiran dan perasaan Anda. Bersikaplah bijak dengan mengukur perasaan Anda lalu tentukan pilihan yang terbaik buat masa depan Anda.

Recommended for you

2 Comments

  1. Pingback: Inilah Alasan Mengapa Pasangan Bahagia Masih Berselingkuh | Sami Share

  2. Pingback: Beberapa Alasan Menyakiti Hati Istri Bisa Bikin Rejeki Seret | Sami Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *