counter 6 Tips Agar Anak Suka Buah Dan Sayuran – Sami Share

Kesehatan

6 Tips Agar Anak Suka Buah Dan Sayuran

on

Dalam hal makan, umumnya anak-anak sering pilih-pilih. Mereka biasanya lebih tertarik pada makanan yang menarik dan menggoda mata, padahal belum tentu makanan yang dipilihnya merupakan makanan sehat. Anak-anak juga biasanya kurang menyukai makanan yang bersifat alami. Jarang anak suka buah dan sayuran.

Anak Tak Suka Buah dan Sayuran

Bagi para orang tua, tentu hal semacam ini harus menjadi perhatian sebab kegemaran anak mengkonsumsi makanan sangat berpengaruh pada pertumbuhan fisik dan mental anak. Bila anak sudah terbiasa makan makanan tidak sehat, akan akan lebih rentan terhadap berbagai masalah kesehatan dan pertumbuhan. Tidak hanya itu, makanan tidak sehat juga mempengaruhi tingkat kecerdasan otak anak.

Membiasakan anak untuk selalu makan makanan sehat tidak segampang yang dibicarakan. Namun, juga bukan sesuatu yang sulit jika orang tua benar – benar punya keinginan kuat untuk melakukannya karena ada banyak tips yang bisa dilakukan agar anak terbiasa makan makanan sehat alami seperti buah dan sayuran.

Berikut adalah 6 tips agar anak suka buah dan sayuran tanpa harus dipaksa.

1. Perkenalkan manfaat buah dan sayuran

Sebagai seorang anak, apalagi di usia yang masih sangat dini, anak belum bisa memahami dan mengerti apa itu makanan sehat, manfaat makanan sehat, manfaat buah dan sayuran. Kewajiban orang tua untuk mulai mengenalkan berbagai macam makanan sehat, fungsi makanan sehat, manfaat buah dan sayuran bagi tubuh dan otak anak. Untuk memperkenalkannya, gunakan kata – kata yang lembut yang disukai anak seperti selayaknya mendongeng atau bercerita tentang sesuatu. Bila anak sudah sedikit besar, tingkatkan lagi pemberian pengetahuan manfaat buah dan sayuran dengan bahasa ringan yang bisa dicerna dengan mudah.

Mengenalkan manfaat buah dan sayuran pada anak

2. Berikan contoh pada anak

Selain memperkenalkan manfaatnya, agar anak menjadi lebih suka buah dan sayuran, orang tua harus memberi contoh. Orang tua juga harus gemar mengkonsumsi buah dan sayuran seperti apa yang diceritakan pada anak. Akan menjadi ironi jika orang tua menginginkan dan menyuruh anak untuk suka makan buah dan sayuran, tapi orang tua sendiri lebih suka makan makanan instan kemasan. Dengan orang tua juga gemar mengkonsumsi buah dan sayuran, anak akan merasa bahwa apa yang diajarkan orang tuanya memang benar karena sudah dibuktikan.

Orang tua memberi contoh makan sayur

3. Sediakan selalu buah dan sayuran

Tips berikutnya agar anak suka buah dan sayuran adalah selalu sediakan buah dan sayuran di rumah. Menjadi percuma bila orang tua hanya mengenalkan tentang buah dan sayuran serta manfaat besarnya, sementara orang tua jarang menyediakan buah dan sayuran seperti yang dibicarakan. Bagaimana anak akan terbiasa makan buah kiwi bila anak sendiri jarang bertemu buah kiwi. Bagaimana anak akan terbiasa makan dengan sayuran bila orang tua jarang menyediakan masakan berbahan sayuran.

Persediaan Buah dan Sayur di Rumah

4. Sajikan buah dan sayuran dengan kreasi indah

Buah dan sayuran yang dikreasi indah bisa menimbulkan rasa tertarik. Dan tentu saja akan memicu rasa penasaran anak untuk mencoba merasakan buah yang dikreasi indah tersebut.

5. Berikan hadiah

Secara berkala, berikan reward atau hadiah bila anak bersedia mengurangi kebiasaannya jajan dan makan makanan instan kemasan serta mau beralih makan makanan yang lebih sehat seperti buah dan sayuran. Dengan sedikit hadiah, akan memicu anak untuk selalu membiasakan diri makan makanan sehat. Anak juga merasa bangga bisa menaklukkan tantangan orang tua untuk makan buah dan sayuran.

Bangga Makan Sayuran

6. Hindarkan dari makanan instan kemasan

Tak kalah pentingnya dengan poin-poin di atas, orang tua juga harus mengontrol persediaan makanan yang ada di rumah. Sebisa mungkin, hindarkan anak dari makan makanan tidak sehat dan makanan instan kemasan dengan tidak menyediakannya di rumah. Ganti dengan stok buah dan sayuran yang beraneka macam agar tidak ada kebosanan.

Keberhasilan orang tua dalam membiasakan anak suka buah dan sayuran lebih banyak ditentukan pada seberapa kuat keinginan orang tua. Anak biasanya hanya mengikuti apa yang diajarkan orang tua. Tidak hanya dengan tips-tips di atas, orang tua bisa mencari seribu cara terbaik agar anak suka buah dan sayuran dan membiasakan pola hidup sehat yang lain sehingga anak akan berkembang dengan sehat, terhindar dari berbagai macam penyakit.

Selamat mencoba !

Recommended for you

4 Comments

  1. Pingback: 6 Cara Cepat Mengecilkan Perut Buncit | Sami Share

  2. Pingback: Pengertian Makanan Gizi Seimbang | Sami Share

  3. Pingback: 5 Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan Tubuh | Sami Share

  4. Pingback: 5 Manfaat Kangkung Bagi Kesehatan Tubuh – Sami Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *