site stats 6 Tips Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami – Sami Share

Kecantikan

6 Tips Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

on

Rambut rontok merupakan gejala kerusakan rambut yang cukup banyak dialami oleh semua orang terutama wanita. Banyak wanita yang mengeluh mengenai rambutnya yang tetap rontok meskipun sudah mencoba melakukan berbagai hal untuk mengembalikan kekuatan rambutnya, hal itu bisa terjadi karena tiga faktor, yang pertama adalah karena faktor genetika, faktor hormon dan faktor dari produk perawatan rambut rontok yang bisa jadi tidak bisa mengatasi rambut rontok yang sedang dialami.

Rambut Rontok

Untuk mengatasi rambut rontok, ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Selain sehat, tips ini juga sangat sederhana, mudah dilakukan sendiri :

1. Jangan mengikat rambut terlalu kencang

Rambut panjang seringkali membuat beberapa wanita merasa tidak nyaman karena merasa cepat panas dan lembab, apalagi jika sudah memakai hijab, semakin tidak nyaman saja rasanya, oleh karena itu banyak wanita yang mengandalkan karet gelang atau ikat rambut sebagai alternatif terbaik untuk mengatasi rasa tidak nyaman tersebut, kebiasaan mengikat rambut yang kerapkali Anda lakukan bisa membuat kekuatan rambut semakin berkurang setiap harinya. Maka dari itu, kurangi kebiasaan mengikat rambut, setidaknya jangan mengikat rambut ketika hendak tidur.

2. Merawat dengan minyak alami

Ada beberapa minyak alami yang bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok, seperti minyak lavender, minyak zaitun, minyak kelapa dan sebagainya. Minyak alami tersebut bisa menguatkan rambut dan merwat kesehatan rambut sehingga rambut tidak mudah patah dan rontok.

3. Jus rempah

Tips mengatasi rambut rontok dengan menggunakan jus dari rempah-rempah alami yang berkhasiat untuk menguatkan akar rambut, diantaranya, bawang putih, bawang merah dan jahe. Oleskan secara merata jus rempah yang telah Anda haluskan sebelumnya pada rambut dan kulit kepala. Tutup rambut dengan menggunakan shower cap agar rambut Anda tidak mengotori tempat tidur karena butuh waktu yang cukup lama, yakni satu malam sebelum Anda membilas rambut dengan air dan shampo.

4. Berikan antioksidan

Seduh dua kantong teh dengan air hangat, kemudian balurkan ampas teh hijau pada seluruh permukaan rambut. Teh memilki kandungan antioksidan yang cukup besar yang bermanfaat untuk mencegah kerontokan rambut serta merangsang pertumbuhan rambut sehingga volume rambut lebih cepat meningkat. Diamkan ampas teh hijau selama 60 menit, sebelum kemudian dibersihkan.

5. Pijatan kepala

Cara ini selain efektif untuk menjaga folikel rambut supaya tetap aktif, ternyata cukup efektif juga untuk meredakan sakit kepala. Pijatan kepala dengan teknik yang benar akan membuat sirkulasi darah di daerah kepala menjadi lebih lancar. Anda bisa memakai minyak alami selama proses pemijatan ini berlangsung selama kurang lebih 10-15 menit.

6. Lidah buaya

Tips mengatasi rambut rontok dengan mencoba memakai gel lidah buaya. Lidah buaya mengandung banyak vitamin serta mineral sehingga sangat baik untuk mengatasi rambut rontok. Aplikasikan gel lidah buaya setiap hari sekali, untuk rambut yang lebih tebal dan bervolume.

Agar terhindar dari masalah rambut rontok sampai masalah kebotakan (bagi pria), Anda perlu juga melakukan perawatan secara rutin dan berkala terhadap rambut anda. Lakukan perawatan dengan bahan-bahan yang alami agar kesehatan rambut tetap terjaga dan tidak lagi timbul masalah lain, seperti rambut kering atau bercabang. Menggunakan bahan-bahan alami, seperti yang telah anda baca di atas akan memberikan efek kesehatan bagi rambut anda, bukan hanya mencegah dan mengatasi kebotakan, tapi juga memberikan nutrisi bagi rambut agar rambut tetap terjaga kesehatannya. Selain itu, dengan menggunakan bahan-bahan alami anda dapat menghemat kantong anda, daripada pergi ke salon yang biayanya cukup tinggi.

Selamat mencoba !

Recommended for you

1 Comment

  1. Pingback: 5 Manfaat Minyak Kemiri Untuk Kesehatan Rambut - Sami Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *