counter 6 Tips Meredakan Tangisan Bayi Yang Tak Kunjung Reda

Info

6 Tips Meredakan Tangisan Bayi

on

Anda pasti gelisah melihat tangisan bayi Anda tak kunjung reda. Padahal Anda sudah suapin dia, sudah tidurkan dia, sudah mandikan dia dan sudah ganti pakaiannya dengan yang bersih dan wangi.

Boleh jadi Anda kemudian berpikir apa yang belum saya lakukan hingga dia masih menangis ?

Don’t worry ! Anda tidak perlu berpikir negatif dengan menyalahkan diri sendiri. Karena bayi Anda sebenarnya tidak apa – apa. Yang perlu Anda perhatikan pertama kali adalah apakah ada keluhan yang berhubungan dengan kesehatannya. Apakah tubuh bayi Anda terasa panas, Apakah tangisan bayi Anda diiringi batuk – batuk, Apakah tubuhnya terlihat menggigil, Apakah buang air besarnya normal ?Jika tidak ada keluhan yang berhubungan dengan kesehatannya berarti Anda boleh bernafas lega karena bayi Anda sebenarnya sedang caper alias cari perhatian.

Bayi Menangis

Lakukan hal – hal ringan di bawah ini dengan penuh kasih sayang untuk meredakan tangisan bayi Anda yang tidak Anda ketahui penyebabnya.

1. Berikan bayi Anda dot

Cara ini adalah paling banyak dilakukan para ibu ketika bayi kesayangannya menangis tanpa sebab agar tangisannya reda. Sebuah riset mengungkap bahwa mengedot dapat meningkatkan kinerja jantung pada bayi. Jantung bisa berdetak lebih stabil. Disamping itu, mengedot juga akan meredakan ketegangan tubuh bayi yang menegang pada waktu menangis.

Yang perlu Anda perhatikan adalah sebelum Anda memberinya dot atau jari untuk dihisap, pastikan dot dan jari Anda dalam keadaan steril dan bersih. Cuci tangan Anda dari bekas makanan berbahaya bagi bayi seperti bekas cabe atau yang lain.

Ngedot

2. Timang bayi Anda di ayunan

Menimang bayi dengan ayunan dapat membuat bayi merasa aman dan nyaman. Kalau bayi Anda menangis tanpa ada sebab yang Anda ketahui, cobalah Anda timang di ayunan. Rasa tenang dan nyaman akan mambuat tangisan bayi Anda cepat reda. Namun, Anda juga harus memperhatikan faktor keamanan. Lakukan ayunan pada bayi Anda secara perlahan dan lembut. Posisikan bayi Anda diayunan secara horizontal atau datar. Kalau terlalu melengkung bisa berpengaruh kurang baik pada tulang punggungnya.

Ayunan Bayi

3. Peluk bayi Anda agar dia merasa hangat

Sembilan bulan sebelum dilahirkan, bayi benar – benar mendapatkan berbagai perlindungan serta kehangatan di dalam kandungan. Ketika kemudian dilahirkan, bayi akan mengalami adaptasi terhadap apapun yang ada disekitarnya. Bayi juga berusaha menyesuaikan suhu tubuhnya.

Kalau Anda melihat bayi Anda masih saja menangis padahal sudah Anda susui, pakaiannya sudah Anda ganti dengan yang bersih, juga sudah cukup tertidurnya, mungkin bayi Anda butuh tambahan kehangatan. Cobalah selimuti dia dengan selimut hangat, lalu dekap dan peluk dia secara halus agar bayi Anda tidak terkejut.

Bila belum dirasa cukup, atau tangisannya belum juga reda, cobalah angkat dia dan timang pelan-pelan dalam dekapan Anda. Perlu diketahui bahwa menimang dalam dekapan dapat membuat bayi cepat tenang dan apabila menangis, tangisannya juga cepat reda.

Peluk Bayi

Penting !
Ketika Anda menimang bayi Anda untuk meredakan tangisnya atau menghentikan rengekannya, jangan pernah Anda menggoncang – goncang tubuhnya dengan keras. Bayi Anda bisa terkena Shaken Baby Syndrome (SBS) atau Sindrom Bayi Digoncang yang sangat berbahaya karena bisa mengakibatkan cedera pada otak secara permanen, cedera urat syaraf, dan dapat mengakibatkan kematian mendadak.

4. Perdegarkan bayi Anda nada – nada lembut

Jika belum juga reda tangisannya, Anda bisa menimangnya sambil memperdengarkan nada – nada lembut di telinga bayi Anda. Bisa dengan lagu – lagu anak atau yang lain. Kalau Anda beragama Islam, perdengarkan di telinga bayi Anda lagu – lagu religi, lagu – lagu pujian kepada Allah atau sholawat. Kalau Anda hafal sebagian surat dalam Al Qur’an, perdengarkan apa yang Anda hafal tersebut di telinganya. Perdengarkan apa yang Anda bisa sehingga Anda mengetahui yang mana yang cepat menenangkan dan meredakan tangisan bayi Anda.

Nada Lembut

5. Bawa bayi Anda ke ruang terbuka yang udaranya bersih

Bisa jadi bayi Anda merasa tidak nyaman, merasa panas dan butuh suasana segar. Bawalah bayi Anda ke tempat lain yang lebih terbuka yang udaranya bersih agar tubuhnya merasakan kesegaran udara luar. Bisa di taman luar rumah atau di pekarangan, bisa juga di ruangan yang lebih luas di dalam rumah yang memiliki sirkulasi udara baik. Kalau ada kemungkinan bayi Anda menangis karena hawa yang panas, berikan dia kesejukan dengan mengipasinya pelan – pelan, atau nyalakan AC rumah Anda dengan mengatur temperatur tidak terlalu dingin.

Bayi Di Taman

Penting !
Jangan sekali – kali Anda membawa bayi ke tempat terbuka yang udaranya penuh polusi seperti di pinggiran jalan yang ramai kendaraan bermotor, di dekat pembangunan proyek, di pinggiran penampungan sampah, atau di dapur pada saat ada aktifitas memasak bumbu yang beraroma menyengat dan dapat menimbulkan bersin, karena udaranya juga akan terhirup bayi Anda dan dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Jauhkan pula dari asap rokok para perokok.

6. Lakukan pada bayi Anda sentuhan – sentuhan halus

Secara umum bayi sangat menyukai sentuhan – sentuhan halus. Cobalah lakukan hal ini ketika tangisan bayi Anda yang tanpa sebab tak juga reda. Sentuh dia dengan halus, lembut dan penuh rasa sayang, karena dengan Anda sentuh, bayi Anda akan merasa lebih tenang dan diperhatikan. Anda tidak perlu takut yang Anda lakukan membahayakan sang bayi. Selama sentuhan itu pelan, halus dan lembut, bayi Anda tidak akan merasa tersakiti.

Sentuhan Halus Untuk Bayi

Demikian 6 Tips Meredakan Tangisan Bayi. Jika Anda melakukannya dengan lembut dan penuh rasa kasih sayang, insyaallah tangisan bayi Anda akan cepat reda dan Anda akan kembali tersenyum bahagia. Selamat mencoba !

Recommended for you

2 Comments

  1. Pingback: Cara Meredakan Tangisan Bayi - Bag. 2 | Sami Share

  2. Pingback: Jangan Abaikan Merawat Gigi Susu Anak Usia Dini | Sami Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *