7 Manfaat Luar Biasa Tomat Untuk Kesehatan

Minum jus tomat siang hari saat cuaca panas memang nikmat. Apalagi jika dicampur es, rasanya bagai bunga layu tersiram hujan. Segarrrr…

Tahukan Anda, dibalik kesegaran buah tomat tersimpan banyak keajaiban dan keistimewaan yang mungkin belum Anda ketahui.

Tomat, siapa tak kenal dengan buah yang satu ini. Buah yang matangnya berwarna merah menyala ini memang sangat populer hampir di seluruh dunia termasuk Indonesia. Tomat dikenal sebagai buah yang memiliki kandungan gizi lengkap dan manfaat luar biasa untuk kesehatan.

Jus Tomat

Tomat merupakan salah satu sumber vitamin A dan C. Vitamin C dalam buah tomat terbilang tinggi. Dari setiap 100 gram, buah tomat sudah cukup untuk memenuhi 20 persen kebutuhan vitamin tubuh selama sehari. Vitamin C ini sangat penting karena akan membantu mencegah penyakit scorbut (scurvy), menjaga kesehatan gusi dan gigi dan mempercepat penyembuhan pada luka.

Sama dengan kandungan vitamin C-nya, tomat memiliki kandungan vitamin A yang tinggi yang diperlukan dalam memelihara organ penglihatan, memperkuat sistem kekebalan tubuh, membantu sistem pertumbuhan dan reproduksi. Selain itu, kandungan vitamin A dan C juga dapat berfungsi sebagai antioksidan atau penangkal berbagai macam penyakit.

Para ahli mengungkapkan bahwa dalam setiap 100 gram sari buah tomat terdapat kandungan vitamin vitamin A (1.050 IU), vitamin B1 (0,05 mg), vitamin B2 (0,03 mg), dan vitamin C (16 mg). Sedang untuk kandungan mineralnya adalah kalsium 7 mg, fosfor 15 mg, zat besi 0,9 mg, natrium 230 mg, dan kalium 230 mg.

Tomat yang sudah masak memiliki warna kulit merah menyala. Warna merah ini dihasilkan dari kandungan Likopen yang tinggi. Likopen adalah zat warna alami pada makanan. Likopen memiliki sifat hidrofobik yaitu mudah larut dalam lemak, namun sulit terurai dalam air. Sifat lain dari Likopen adalah mengkilap. Buah tomat memiliki kandungan Likopen paling tinggi diatara berbagai macam buah dan sayur.

tomat

Beberapa ahli meneliti bahwa tomat memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

1. Penangkal radikal bebas penyebab kanker

Radikal bebas adalah cikal bakal penyakit kanker. Jika dibiarkan tumbuh tanpa ada penangkalan, sel kanker akan melakukan multiplikasi atau perbanyakan sehingga dapat menyebabkan penyakit kanker menjangkit. Salah satu pencegah pertumbuhan sel kanker adalah dengan memperbanyak zat Likopen dengan cara mengkonsumsi buah dan sayur yang memang memiliki kandungan Likopen, salah satunya adalah tomat. Likopen mampu menangkal berbagai jenis penyakit kanker seperti kanker esopagus, kanker payudara, kanker ovarium dan kanker prostat.

2. Mencegah penyakit darah tinggi

Darah tinggi adalah meregangnya dinding pembuluh darah yang disebabkan kuatnya tekanan cairan darah yang dipompa jantung. Apabila berulang – ulang dalam waktu yang lama dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan seperti penyakit jantung. Kuatnya tekanan cairan darah juga menimbulkan plak pada dinding arteri. Likopen pada tomat memiliki manfaat menormalkan tekanan darah sehingga kemungkinan timbulnya plak dapat teratasi dan pemompaan jantung kembali normal.

3. Mengurangi risiko terkena stroke

Stroke disebabkan karena adanya gangguan pembuluh darah menuju otak seperti penyumbatan, penyempitan atau pecah akibat tekanan darah yang meningkat. Karena adanya gangguan tersebut, darah dan oksigen yang menuju otak tidak dipasok secara sempurna sehingga menyebabkan rusaknya sel-sel otak. Stroke adalah salah satu penyakit paling membahayakan di dunia. Risiko terberat dari stroke bagi penderitanya adalah kematian mendadak. Kalaupun bisa diselamatkan, penderita biasanya mengalami kelumpuhan sebagian anggota badan. Kadang disertai kehilangan ingatan atau kemampuan berbicara. Buah tomat dipercaya dapat mengurangi risiko terkena stroke dikarenakan kandungan Likopennya memiliki fungsi menormalkan tekanan darah dari jantung ke seluruh tubuh termasuk ke otak.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Radikal bebas yang masuk dalam tubuh tanpa terkendali akan menyebakan sistem ketahanan tubuh menjadi berkurang. Kekebalan tubuh pun menjadi rusak sehingga tubuh akan mudah sakit. Mengkonsumsi buah tomat dapat menangkal radikal bebas yang akan merusak sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh menjadi lebih sehat, tidak mudah terkena penyakit.

5. Mencegah pengeroposan tulang

Pengeroposan tulang atau Osteoporosis adalah berkurangnya kekuatan tulang akibat dari pengeroposan yang disebabkan karena kekurangan kalsium atau faktor usia. Mengkonsumsi buah tomat dapat membantu menghambat proses Osteoporosis karena zat Likopen memiliki kemampuan menstimulasi sel – sel pembentuk tulang dan menghambat pengurangan zat kalsium.

6. Melancarkan sistem pencernaan

Bagi yang mengalami gangguan pencernaan, mengkonsumsi buah tomat dapat membantu memberikan ketenangan dikarenakan buah tomat juga memiliki manfaat membersihkan usus, perut, menyembuhkan gangguan susah buang air besar, wasir dan sembelit. Buah tomat juga membantu menyembuhkan perut dari penyakit diare.

7. Meningkatkan produksi sperma

Di Prancis, tomat dikenal dengan sebutan “pomme d’amour” atau buah apel cinta. Dikarenakan kandungan Likopen buah tomat juga memiliki manfaat membantu meningkatkan produksi sperma laki-laki. Jadi, bagi para lelaki yang ingin spermanya melimpah, cobalah mengkonsumsi buah tomat.

Selain manfaat di atas, buah tomat masih memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan seperti membantu menurunkan kadar kolesterol, mengurangi risiko penyakit diabetes dan asma.

Buah tomat dapat dikonsumsi dengan cara langsung dimakan tanpa diolah, juga bisa dengan diolah terlebih dahulu menjadi produk lain yang lebih menarik seperti Jus Tomat, Sari Tomat, Yoghurt Tomat, Saos Tomat, Selai Tomat, Puree Tomat, ToRaKur (Tomat Rasa Kurma), Jelly Tomat, Dodol Tomat dan lain – lain.

torakur

Di beberapa daerah, produk olahan tomat bahkan memiliki nilai jual tinggi seperti Torakur Bandungan, makanan khas asli Bandungan kabupaten Semarang. Torakur adalah buah tomat yang diolah sehingga menyerupai buah kurma baik rasa maupun bentuknya. Yang membedakan adalah torakur tidak memiliki biji dan warnanya agak kemerah-merahan.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *