7 Tips Agar Bisa Bangun Tidur Pagi Lebih Awal

Ada banyak alasan mengapa orang harus bangun pagi lebih awal, bahkan bangun di pagi buta sebelum subuh. Namun, tidak setiap orang dapat memenuhi keinginannya tersebut.

Bagi Anda yang telah terbiasa menjalani melakukan aktifitas di pagi buta, bangun pagi lebih awal tidak begitu jadi persoalan. Tapi, bagi yang tidak terbiasa, bangun pagi lebih awal adalah hal yang sangat sulit dilakukan. Meski begitu Anda tidak perlu kecil hati lalu mengvonis bahwa Anda tidak bisa bangun pagi lebih awal. Ada beberapa tips yang biasa Anda lakukan agar keinginan untuk bangun pagi lebih awal bisa Anda dapatkan.Bangun Tidur Lebih Awal

Niatkan dalam hati untuk bangun pagi lebih awal,

Dengan niat yang kuat, secara tidak langsung Anda telah menciptakan perintah alam bawah sadar Anda bahwa Anda akan bangun pada waktu yang Anda inginkan. Maka, ketika tiba waktunya untuk bangun, Anda akan terbangun dengan sendirinya.

Jangan penuhi perut dengan makanan saat hendak tidur,

Kebiasaan makan dan minum sebelum tidur dapat menimbulkan efek kurang baik bagi kesehatan. Anda bisa terkena insomnia atau gangguan sulit tidur karena pencernaan Anda yang seharusnya istirahat harus bekerja ekstra mencerna makanan yang Anda makan. Tidur Anda menjadi tidak nikmat karena sedikit sedikit terbangun. Efek berikutnya, begitu Anda dapat tertidur pulas, Anda akan susah susah untuk bangun.

Tidur lebih awal dan kurangi begadang,

Usahakan untuk tidur lebih awal jika memang tidak ada aktifitas penting. Hal ini dimaksud agar Anda tetap mendapatkan waktu tidur yang cukup sekalipun Anda harus bangun pagi lebih awal. Kebiasaan begadang hingga larut disamping membuat Anda jadi sulit bangun lebih awal juga membuat waktu tidur Anda berkurang. Efeknya, Anda mudah lesu, capek dan mengantuk saat Anda menjalani aktifitas siang hari seperti sekolah, kuliah, travelling atau bekerja. Kebiasaan begadang juga sangat tidak baik bagi Anda yang memiliki aktifitas sebagai driver. Akan sangat berbahaya jika gara-gara begadang, Anda jadi mengantuk saat mengemudi.

Aktifkan alarm lalu taruh di dekat tempat tidur,

Cara ini bisa Anda lakukan jika Anda memiliki alarm atau media lain yang bisa berfungsi sebagai alarm seperti ponsel dan smartphone. Aktifkan alarm Anda dengan setting waktu yang Anda inginkan. Gunakan bunyi-bunyian agak keras yang bisa merangsang bahkan memaksa Anda untuk bangun. Lalu taruh di dekat tempat tidur di luar jangkauan tangan Anda. Kebanyakan orang tidak suka jika tidurnya terganggu sekalipun itu berupa alarm sendiri. Kalau Anda menaruh alarm dalam jangkauan tangan Anda, bukan tidak mungkin secara reflek tangan Anda akan mematikannya begitu berbunyi karena Anda merasa terganggu, lalu tertidur lagi. Anda tidak sadar bahwa alarm itu berbunyi atas keinginan Anda agar bisa bangun pagi lebih awal. Karena itu letakkan alarm di luar jangkauan tangan Anda agar Anda terbantu untuk bangun.

Tinggalkan pesan pada orang terdekat,

Kalau Anda yang tinggal bersama keluarga dan ada diantara mereka yang memiliki kebiasaan bangun tidur lebih awal, Anda bisa pesan kepada mereka atas salah satu dari mereka untuk membangunkan Anda pada jam sekian. Anda juga meninggalkan pesan kepada teman Anda kalau sedang bersama teman. Siapa tahu salah satu dari mereka sudah terjaga lalu merespon pesan Anda.

Berdo’a sebelum tidur,

Setelah ikhtiyar lahir tersebut di atas Anda lakukan, saatnya Anda memohon kepada Tuhan agar diberikan perlindungan dan keamanan dari segala gangguan dan hal – hal lain yang tidak Anda inginkan ketika Anda sedang tidur. Anda juga mohon kepada Tuhan agar dikabulkan keinginan Anda untuk bangun pagi lebih awal dalam keadaan sehat wal afiyat.

Kesimpulan

Bangun tidur lebih awal dikenal memiliki banyak sekali manfaat baik yang berhubungan dengan kesehatan maupun yang tidak berhubungan dengan kesehatan. Tips di atas adalah beberapa dari sekian banyak tips yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan bangun tidur lebih awal.

Upaya berikutnya setelah Anda tersadar dan terjaga adalah segera basuh muka Anda dengan air. Rasa dingin membantu menghilangkan rasa ngantuk Anda yang masih tersisa.

Selamat Mencoba!

Image Source
Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *