8 Cara Menyembuhkan Mata Minus secara Alami

Mata minus tentu saja akan membuat seseorang merasa kurang nyaman, pasalnya ada sebagian orang yang tidak terbiasa menjalankan aktivitas sehari dengan memakai kaca mata. Oleh sebab berbagai upaya biasanya dilakukan untuk menyembuhkan mata minus-nya tersebut.

Biasanya bila mereka memiliki cukup uang maka mereka akan lebih memilih untuk melakukan pengobatan / operasi agar daya pandang mereka kembali normal, hanya saja cara tersebut tentunya membutuhkan biaya yang cukup besar. Untuk membantu Anda yang ingin mengurangi minus pada mata sebenarnya ada beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan.

Mata merupakan salah satu panca indera yang sangat penting dalam hidup manusia, oleh sebab itu hendaknya kesehatan mata selalu dijaga dengan baik. Sayangnya, karena pola hidup yang kurang tepat maka kebanyakan orang lebih sering memiliki kondisi mata yang kurang baik, khususnya mengalami mata minus atau dikenal juga dengan istilah rabun jauh. Sesuai namanya, mata minus/rabun jauh adalah kelainan mata yang membuat orang yang menderitanya tidak dapat melihat objek yang berada di jarak yang jauh dengan jelas.

Kondisi seperti itu tentu saja dapat timbul karena ada penyebabnya. Ada beberapa penyebab mata minus yang perlu Anda ketahuiagar upaya menyembuhkan mata minus bisa berjalan lebih mudah dan juga bermanfaat untuk melakukan pencegahan dini bila saat ini kondisi mata Anda masih dalam keadaan normal, setidaknya Anda dapat mencegah faktor pemicu mata minus/rabun jauh :

Keturunan

Sebenarnya, faktor genetika atau keturunan memiliki peran yang cukup besar bagi seseorang untuk memiliki kelainan mata minus juga. Jadi, bila orang tua Anda juga memiliki riwayat rabun jauh, maka resiko Anda untuk menderita kelainan yang sama juga akan semakin besar

Gaya hidup yang tidak menunjang kesehatan mata

Semakin canggih dan banyaknya produk teknologi seperti gadget di sekitar manusia, maka semakin besar pula resiko orang akan banyak yang menderita rabun jauh, pasalnya pancaran gelombang cahaya yang berasal dari perangkat elektronik, mulai dari televisi, monitor komputer / laptop dan smartphone yang terlalu lama dan sering dapat membuat otot mata menjadi kaku dan membuat orang tersebut hanya dapat fokus pada objek yang ada di jarak dekat saja, sedangkan bila melihat dari jarak jauh maka objek yang dilihat tersebut akan menjadi kabur dan tidak jelas.

Pola makan yang tidak tepat

Asupan nutrisi yang cukup juga perlu untuk menjaga kesehatan mata, salah satu vitamin yang paling diperlukan untuk menjaga kesehatan mata adalah vitamin A yang bisa Anda dapatkan dari buah dan sayuran khususnya seperti wortel. Bila Anda kurang mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, apalagi kurang mengkonsumsi jenis makanan yang mengandung vitamin A maka resiko menderita mata minus juga akan semakin besar.

Kelelahan

Mata lelah yang frekuensinya terlalu sering juga dapat berdampak pada kesehatan mata, apalagi bila mata sangat sering digunakan selama berjam-jam setiap harinya untuk menatap monitor komputer / laptop. Oleh sebab itu, usahakan untuk mengistirahatkan mata/tidur minimal 8 jam setiap harinya.

Cara menyembuhkan mata minus

Nah, bila saat ini Anda sudah menderita mata minus/rabun jauh, maka sebaiknya segera berusaha untuk menyembuhkannya agar tidak semakin mengganggu aktivitas sehari-hari, hanya saja pengobatan mata minus secara medis, biasanya membutuhkan biaya yang terbilang cukup besar.

Oleh sebab itu berikut ini ada beberapa tips menyembuhkan mata minus secara alami yang tentunya tidak membutuhkan biaya yang terlalu besar, bila Anda melakukan beberapa tips di bawah ini, maka bukan tidak mungkin, lama kelamaan minus pada mata Anda akan berkurang.

  1. Bila dirasa kurang perlu untuk menggunakan kacamata, maka sebaiknya lepaskan kacamata Anda, khususnya ketika Anda sedang berada di dalam ruangan sempit dan tidak melakukan aktivitas yang sekiranya membutuhkan bantuan kacamata. Coba latih mata tanpa menggunakan kacamata untuk melihat objek dengan jarak yang jauh.
  2. Selain melatih mata untuk melihat objek yang jauh tanpa bantuan kacamata, Anda juga perlu melatih mata tanpa kacamata untuk melihat benda bergerak (misalnya, seperti mobil, sepeda motor) yang ada di sekitar Anda.
  3. Bila memiliki kebiasaan harus menatap monitor komputer dalam jangka waktu yang cukup lama setiap harinya, maka usahakan untuk meluangkan waktu setiap 25 menit sekali untuk mengalihkan pandangan dari monitor komputer ke luar jendela atau ke lingkungan lain di sekitar Anda.
  4. Secara rutin, usahakan untuk selalu membersihkan mata Anda, bila perlu Anda dapat meneteskan obat tetes mata agar mata bersih dari bakteri dan kotoran.
  5. Ketika mengendarai sepeda motor, sebaiknya Anda menggunakan helm yang modelnya memakai penutup mata transparan, sehingga mata terhindar dari debu.
  6. Usahakan untuk selalu rajin mengkonsumsi buah dan sayur khususnya wortel yang kaya vitamin A
  7. Menempelkan daun sirih yang telah dicuci bersih pada mata saat Anda tidur juga dipercaya dapat membuat minus mata akan berkurang.
  8. Selain dengan daun sirih, ada satu lagi cara unik menyembuhkan mata minus yang perlu Anda coba, yakni dengan melakukan terapi lilin, yaitu dengan cara menatap lilin yang menyala tanpa banyak berkedip hingga Anda mengeluarkan air mata.
Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *