counter 8 Tips Agar Mata Tetap Sehat Hingga Usia Senja – Sami Share

Info

8 Tips Agar Mata Tetap Sehat Hingga Usia Senja

on

Mata adalah salah satu organ tubuh kita yang sangat penting dan berharga karena mata merupakan satu – satunya indera penglihatan kita. Dengan mata yang sehat, kita dapat melihat indahnya dunia dengan segala isinya. Oleh karena itu, menjaga mata tetap sehat adalah hal yang sangat penting bagi kita. Mata harus tetap sehat, terhindar dari macam – macam penyakit mata agar kita bisa merasakan manfaat mata secara maksimal tanpa ada yang berkurang.

Mata Sehat

Ada bermacam – macam penyakit mata yang sewaktu-waktu bisa menyerang kita dari mulai yang kita kenal sampai yang belum kita kenal seperti saat kita terlalu sering membaca buku dalam waktu lama, menonton televisi terlalu lama, menatap monitor komputer terlalu lama tanpa berpindah dan sebagainya, kita bisa terkena penyakit miopi atau rabun jauh, yaitu tidak bisa melihat benda berjarak jauh secara jelas.

Selain rabun jauh, ada banyak pula penyakit mata yang lain seperti hipermetropi / hiperopia atau rabun dekat, yaitu bisa melihat jelas benda di kejauhan namun tidak bisa melihat jelas benda yang berdekatan, presbiopi, yaitu tidak bisa melihat secara jelas benda yang berdekatan maupun di kejauhan, buta warna, rabun senja, katarak, konjungtivitis, trakoma, selulitis orbitalis, blefaritis, dakrosistitis, ulkus kornea dan degenerasi manula.

Agar terhindar dari bermacam – macam penyakit mata seperti tersebut di atas, kita perlu melakukan pencegahan sejak dini dimulai saat usia masih belia. Banyak sekali hal yang bisa kita lakukan agar mata tetap sehat dan terjaga hingga usia senja. Berikut adalah tips agar mata tetap sehat dan terjaga

1. Riwayat kesehatan mata keluarga

Tanyakan kepada orang tua atau anggota keluarga yang lain apakah mereka pernah didiagnosis menderita penyakit mata keturunan. Dengan mengetahui riwayat kesehatan mata pada anggota keluarga terutama orang tua, kita bisa menentukan apakah kita memiliki risiko mudah terkena penyakit mata atau tidak. Kalau memang iya, kita bisa mengambil langkah antisipasi agar penyakit mata yang pernah diderita orang tua tidak menurun kepada kita.

2. Jaga jarak pandang

Jangan terlalu sering memandang satu objek terlalu dekat karena sangat berisiko terhadap kesehatan mata. Misal, jarak pandang ideal saat di depan komputer adalah antara 35 cm hingga 60 cm, jarak pandang ideal saat membaca buku adalah sekitar 30 cm. Memandang satu objek terlalu dekat atau kurang dari jarak pandang ideal bisa menjadi sebab terkena penyakit mata Miopi atau rabun dekat.

Jarak Pandang Ideal Antara Mata Dengan Monitor

3. Hindari kebiasaan mengucek mata

Kebiasaan mengucek mata adalah satu kebiasaan buruk yang jarang kita sadari. Saat mata kita gatal, secara reflek kita akan mengucek mata menggunakan tangan. Kita tidak tahu apakah tangan kita benar – benar bersih atau tidak. Bahayanya, bila tangan kita sehabis memegang sesuatu kotor yang membahayakan organ mata, tentu dapat berakibat buruk bagi kesehatan mata.

4. Istirahatkan mata

Sebagaimana anggota tubuh yang lain, mata pun butuh istirahat. Jangan memaksakan mata untuk terus memandangi buku atau menatap komputer dalam waktu lama tanpa jeda sekalipun karena mata bisa sakit. Paling tidak, alihkan pandangan selama beberapa menit sebelum melanjutkan membaca buku atau bekerja di depan komputer.

5. Makan makanan yang mengandung vitamin A

Vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin larut dalam lemak yang berperan penting dalam pembentukan sistem penglihatan yang baik. Vitamin A banyak terdapat pada wortel, kentang, susu, dan ikan. Mengkonsumsi vitamin A membantu menjaga mata tetap sehat.

Vitamin A

6. Pakai pelindung mata

Pelindung mata baik digunakan dalam berbagai aktifitas seperti saat berolah raga di cuaca panas, saat naik motor dan sebagainya. Dengan memakai kacamata saat naik motor, mata akan terlindung dari terpaan angin jalanan yang kotor dan berdebu. Untuk berolah raga, ada sekali kacamata yang memang khusus dirancang untuk dipakai saat olah raga guna menghindari cidera mata.

7. Periksa mata

Walau tidak sedang merasakan sakit mata, ada baiknya memeriksakan mata kepada dokter spesialis mata secara berkala guna mengetahui apakah ada gejala – gejala penyakit pada mata. Tujuannya agar kita tehindar dari penyakit mata yang dapat menyerang sewaktu-waktu.

8. Berhenti merokok

Merokok berpotensi besar terhadap gangguan penglihatan. Para perokok berat lebih rentan terhadap penyakit mata seperti katarak dan degenerasi manula yang memiliki akibat terburuk yaitu kebutaan permanen di usia senja. Berhenti merokok mulai sekarang merupakan satu upaya menjaga mata tetap sehat.

Demikian beberapa tips agar mata tetap sehat. So, berusahalah menjaga mata tetap sehat sejak sekarang agar kita bisa tetap menikmati keindahan isi dunia dengan mata kita dari sekarang hingga usia senja.

Semoga bermanfaat !

Recommended for you

1 Comment

  1. Laisani

    Jun 27, 2015 at 4:36 pm

    Terima kasih, infonya sangat bermanfaat. Mohon izin untuk mencobanya dan jangan lupa kunjungi kami ya http://warungaceh.com,
    terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *