counter 8 Tips Mengatasi Masalah Rambut Kering – Sami Share

Kecantikan

8 Tips Mengatasi Masalah Rambut Kering

on

Mengatasi masalah rambut kering dapat dilakukan dengan beberapa cara baik secara tradisional maupun secara modern. Secara modern, Anda tinggal datang ke salon kecantikan rambut atau layanan kecantikan lainnya. Tidak perlu repot-repot, Anda tinggal mengutarakan permasalahan rambut kering Anda dan apa yang Anda inginkan, lalu nikmati pelayanan yang diberikan. Tentu saja, ada biaya yang harus Anda keluarkan sesuai dengan service yang Anda dapatkan.rambut kering

Jika Anda ingin berhemat, Anda dapat melakukan perawatan sendiri terhadap rambut kering Anda. Sebaiknya Anda mengetahui dulu apa penyebab rambut kering agar mudah cara mengatasinya. Lakukan beberapa tips mengatasi rambut kering di bawah ini :

1. Tidak perlu keramas tiap hari
Kecuali Anda seorang olahragawan yang sering mengalami hiperhidrosis atau memiliki pekerjaan yang selalu berhubungan dengan kotor-kotor, Anda tidak perlu keramas tiap hari. Keramas tiap hari kurang bagus untuk kesehatan rambut. Setiap kali keramas, kutikula atau lapisan luar rambut akan berkurang kualitasnya sehingga menyebabkan warna rambut memudar. Rambut jadi terlihat kering dan kusam. Lakukan keramas dengan air dingin dua hari sekali atau tiga kali dalam seminggu cukup untuk menjaga kelembaban rambut.
Jika Anda seorang olahragawan yang sering mengalami hiperhidrosis (keringat berlebih) atau pekerjaan Anda berhubungan dengan kotor-kotor, Anda boleh keramas tiap hari dengan menggunakan shampo berbahan ringan disesuaikan dengan jenis rambut.

2. Gunakan shampo khusus untuk rambut kering
Menggunakan shampo bagus untuk menjaga kesehatan rambut. Namun pemilihan shampo harus disesuaikan dengan jenis rambut. Perhatikan label yang ada pada kemasan shampo. Jangan gunakan shampo untuk jenis rambut kering sementara rambut Anda berminyak karena berakibat rambut semakin lepek dan berminyak. Begitu pula sebaliknya, jangan gunakan shampo untuk jenis rambut berminyak sementara rambut Anda kering karena menyebabkan rambut makin kering dan kusam.

3. Gunakan shampo untuk rambut kering secukupnya
Sekalipun bagus menggunakan shampo, penggunaan yang berlebihan justru berakibat buruk buat rambut. Rambut menjadi makin kering dan kusam karena penggunaan bahan kimia berlebihan. Gunakanlah shampo secukupnya, tuangkan sedikit demi sedikit. Jika dirasa kurang Anda bisa tambah sedikit demi sedikit lagi. Anda tentu tak mau rambut kesayangan Anda rusak karena kebanjiran zat kimia bukan ?

4. Gunakan air dingin untuk membasahi rambut kering Anda saat keramas
Air dingin memiliki banyak manfaat buat rambut. Selain segar, air dingin membantu menutup kutikula atau lapisan luar rambut yang sebelumnya terbuka. Rambut pun menjadi lebih kuat dan warna tidak pudar. Air dingin juga mampu melindungi kandungan minyak alami rambut atau sebum sehingga rambut tetap terlihat lembab berkilau, tidak kering dan tidak mudah rontok.

5. Saat keramas rambut kering jangan digosok keras-keras dan jangan ditarik-tarik
Rambut kering lebih rentan terhadap patah dan bercabang. Karena itu perlakukan rambut kering Anda dengan penuh kelembutan. Jangan menggosok – gosok rambut dengan keras saat keramas. Begitu pula jangan melakukan tarikan keras karena rambut Anda mudah tercabut dan patah. Pijatlah kulit kepala secara perlahan namun pasti.

Conditioner Rambut Kering

6. Gunakan conditioner untuk rambut kering
Caranya cukup mudah. Pilih conditioner yang pada kemasannya tercantum label khusus rambut kering (conditioner for dry hair).

7. Sisir rambut kering Anda dengan benar
Kebiasaan menyisir secara sembarangan pada rambut kering berakibat kurang baik. Rambut menjadi patah bahkan dapat tercabut dari akarnya. Sisirlah rambut dengan perlahan dan pasti. Kalau dirasa agak kesulitan karena kusut, gunakanlah minyak rambut yang berfungsi melembutkan agar rambut tidak lagi kelihatan kering dan menjadi mudah disisir.

8. Lindungi rambut dari terik matahari langsung
Tujuannya agar lapisan kutikula rambut yang berfungsi melindungi warna rambut tetap aman dan tidak terbakar. Gunakan topi yang bertepi lebar untuk melindungi rambut dari terik sinar matahari langsung. Boleh juga Anda menggunakan tabir surya yang melindungi rambut dari sinar UV matahari sebelum keluar rumah.

Itulah beberapa tips mengatasi rambut kering yang bisa dengan mudah Anda praktekkan agar rambut Anda tetap sehat dan terlihat indah terawat. Ketahui juga bagaimana cara merawat rambut agar sehat, lebih cepat panjang, tidak mudah rontok dan tidak bercabang agar anda tidak mudah terjebak mitos seputar rambut yang beredar di masyarakat.

Selamat mencoba !

Recommended for you

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *