8 Tips Menghilangkan Stres Saat Kerja

Banyak hal ditemui saat kerja yang kadang membuat Anda stres. Pekerjaan menumpuk, dikejar deadline, persaingan, bertengkar dengan teman kerja atau atasan, iri pada yang lain atau karena efek kemacetan hingga membuat Anda terlambat adalah beberapa hal yang bisa membuat Anda stres saat kerja. Anda bisa kehilangan konsentrasi, kerja tidak semangat, terkadang bisa juga Anda jatuh sakit mendadak.

Apapun alasannya, tidak ada ruang bagi Anda untuk menyesalinya. Anda harus segera menghilangkan perasaan stres Anda agar tidak berakibat lebih buruk terhadap Anda dan pekerjaan Anda.

stres

Berikut adalah 8 tips yang bisa Anda coba untuk menghilangkan stres saat kerja :

1. Bersyukur

Menurut Robert Emmons, seorang ahli psikologi, bersyukur dapat menghidupkan dan mempertebal sistem kekebalan psikologis sehingga tidak akan mudah down saat menghadapi berbagai masalah. Bersyukur dapat dilakukan dengan cara menyadari bahwa permasalahan yang sedang Anda hadapi membuat Anda lebih dewasa dan membuat Anda terbantu untuk menangani dan menghadapi permasalahan di lain waktu.

2. Tari Nafas Dalam – dalam

Diamlah sejenak, pejamkan mata lalu tarik nafas dalam-dalam lewat hidung dan buang pelan – pelan lewat mulut. Lakukan berulang-ulang selama 2-5 menit.
Dengan menarik nafas dalam-dalam, syaraf-syaraf otak yang tegang bisa menjadi reda sehingga akan lebih mudah meningkatkan konsentrasi.

3. Tertawa

Bila pikiran Anda mulai merasakan ketegangan dan mulai stres, cobalah untuk tertawa. Bisa dengan cara memaksa diri untuk tertawa, atau menonton video – video lucu menggemaskan youtube. Bila Anda bisa menyendiri di dalam ruangan atau di toilet, bercerminlah dan tertawa. Pertama kali mungkin Anda merasa aneh, lama – lama Anda akan terbiasa.
Menurut penelitian, tertawa bisa memicu kinerja hormon endorfin dan dopamin dalam otak, yaitu hormon yang berfungsi membuat bahagia dan rileks.

4. Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik membantu pikiran dan otak menjadi lebih tenang dan rileks. Ketika stres tiba – tiba datang saat kerja, cobalah untuk mendengarkan musik – musik bernuansa lembut, atau musik lain yang menjadi favorit Anda. Lakukan tanpa mengganggu teman kerja dengan memakai headset.
Sekalipun begitu, Anda tetap harus sadar bahwa Anda sedang kerja, bukan sedang bersantai. Jadi jangan terlalu lama mendengarkan musik supaya pekerjaan tidak terbengkalai, atau Anda akan ditegur oleh pengawas Anda.

5. Istirahat Sejenak

Bisa jadi stres yang Anda alami adalah karena Anda terlalu capai dalam bekerja sehingga tubuh dan pikiran Anda kelelahan. Bila itu penyebabnya, Anda memerlukan istirahat. Beristirahatlah, letakkan pekerjaan Anda, berbincang – bincang ringan dengan teman kerja, atau sekedar minum kopi. Bisa juga Anda beristirahat untuk melakukan meditasi selama kurang lebih 5 menit.

Meditasi

Bila pekerjaan Anda menuntut Anda untuk banyak duduk, cobalah berdiri sekitar 5 – 10 agar otot yang tegang bisa mengendur. Bila tiba waktu isoma, gunakan semaksimal mungkin untuk beristirahat, sholat dan makan. Bila mungkin makanlah di tempat terbuka yang sejuk dan udara bersih. Makan dengan tenang dan jangan pikirkan pekerjaan agar terasa nikmat.

6. Segera Hilangkan Penyebab Stres

Stres ibarat asap. Ia tak akan muncul tiba-tiba tanpa ada api. Stres juga tidak datang tiba – tiba tanpa ada sebab. Cari tahu secara pasti apa yang menyebabkan Anda stres saat kerja.

Misal; Anda memiliki masalah dengan rekan kerja Anda, segera temui dia dan bicarakan masalah Anda secara baik-baik. Bila perlu Anda minta maaf, mintalah maaf dengan segera. Pikiran Anda pasti plong dan tidak terbebani. Suasana kerja pun menjadi lebih menyenangkan.
Bila Anda stres karena terlalu dikejar banyak deadline, pilih pekerjaan dengan deadline terdekat lalu selesaikan pekerjaan tersebut secara fokus.
Bila stres karena pekerjaan menumpuk. Selesaikan semua secara berurutan. Satu selesai baru ganti yang berikutnya. Jangan memaksakan diri untuk menyelesaikan banyak pekerjaan secara bersamaan karena akan semakin membuat Anda stres.

7. Curhat Pada Sahabat

Anda pasti memiliki teman kerja terdekat diantara teman-teman yang lain. Curhatlah padanya tentang keluhan dan kegalauan yang Anda rasakan. Jangan pendam sendirian permasalahan Anda saat Anda tidak mampu atau belum mampu menemukan solusi. Siapa tahu, sahabat Anda bisa memberikan jalan keluar atas Anda. Kalaupun tidak, beban pikiran Anda paling tidak sudah berkurang.

8. Sholat

Bila Anda orang muslim, Anda dapat menghilangkan rasa stres saat kerja dengan melakukan sholat dan berdo’a. Saat Anda melakukan sujud, aliran darah ke otak semakin meningkat sehingga oksigen yang masuk ke otak pun tersuplai dengan baik.
Sholat juga membuat pikiran menjadi lebih tenang. Anda makin percaya bahwa Allah SWT pasti memberikan jalan keluar atas masalah yang membebani pikiran Anda yang membuat Anda stres.

Menghilangkan stres saat kerja bukanlah hal rumit. Anda tak perlu cemas, beberapa tips di atas bisa Anda lakukan sesuai situasi dan kondisi yang ada. Lakukan secara continue sampai stres Anda hilang sama sekali.

Selamat mencoba !

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

2 Comments
  1. 2 years ago
    esa putra tanjung

    kiraiin makan yang banyak

    Reply
  2. 9 months ago
    Karbon Aktif Tambang Emas

    Waaaw manfaatnya sangat bagus gan, akan saya coba tipsnya di rumah

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *