9 Keunikan Bulu Mata Yang Tidak Banyak Diketahui

Seperti halnya anggota tubuh yang lain, bulu mata memiliki peranan khusus dalam mempercantik penampilan. Semakin lentik dan indah bulu mata, semakin cantik pula wajah dipandang. Itulah salah keunikan bulu mata.

Maka tak heran jika banyak wanita tidak puas dengan bulu mata yang dimilikinya dan menggantinya dengan bulu mata palsu yang mudah didapatkan di salon – salon kecantikan. Terlebih saat hendak menghadiri acara-acara yang membutuhkan tampik cantik menawan. Namun, sebelum kita mengambil keputusan untuk memasang bulu mata palsu seperti keinginan kita, ada baiknya kita mengetahui sedikit lebih dalam tentang hal – hal yang berkaitan dengan bulu mata.

bulu mata

Sebagai salah satu ciptaan Tuhan, bulu mata tidak hanya memiliki fungsi menambah kecantikan. Terdapat banyak sekali keunikan bulu mata yang belum diketahui banyak orang. Dan karena belum banyak yang tahu itulah, banyak orang menganggap bahwa bulu mata itu adalah hal biasa dan tak ada yang istimewa untuk diketahui dan diperhatikan.

Diantara keunikan – keunikan yang ada, berikut adalah 9 keunikan bulu mata yang belum diketahui banyak orang seperti dikutip dari situs kecantikan daily makeover.

1. Hanya mamalia yang memiliki bulu mata

Dari sekian banyak makhluk hidup selain manusia, mamalia adalah satu-satunya jenis hewan yang diketahui memiliki bulu mata. Bahkan di beberapa hewan mamalia, bulu mata memiliki fungsi layaknya manusia seperti bulu mata pada kucing.

bulu mata pada kucing

2. Memiliki banyak kandungan protein

Pada bulu mata terdapat kandungan protein yang sangat tinggi. Kandungannya terdiri dari 97% keratin dan 3% air.

3. Hanya berumur 90 hari

Durasi siklus hidup pada bulu mata adalah 90 hari. Setelah itu biasanya bulu mata akan rontok lalu tumbuh bulu mata yang baru. Artinya, jika kembang tumbuh bulu mata tidak dalam waktu yang sama, maka saat rontok juga dalam waktu yang berbeda.

4. Selalu ada yang rontok tiap hari

Kaitannya dengan durasi umur bulu mata yang hanya 90 hari, Tidak kurang dari satu helai, selalu saja ada bulu mata yang rontok tiap hari. Untuk mendapatkan kembali pertumbuhan bulu mata dengan panjang normal seperti ukuran sebelumnya dibutuhkan waktu antara 6 hingga 8 minggu.

5. Antara bulu mata bagian atas dan bagian bawah memiliki jumlah berbeda

Bisa dilihat secara kasat mata bahwa jumlah bulu mata bagian atas selalu lebih banyak daripada bulu mata bagian bawah. Bulu mata bagian atas berjumlah kurang lebih 200 helai, sedang bulu mata bagian bawah kurang lebih setengah dari bulu mata bagian atas atau sekitar 100 helai. Cobalah periksa bulu mata kita sendiri di depan cermin.

6. Bulu mata bagian tengah selalu lebih panjang dari yang lain

Bisa dilihat secara kasat mata pula bahwa bagian tengah bulu mata biasanya selalu lebih panjang dari bulu mata bagian sisi kiri dan sisi kanan. Perbedaan ini merupakan salah satu faktor mengapa bulu mata terlihat indah dan menarik.

7. Ada kutunya juga

Berdasarkan berbagai sumber dan penelitian, pada bulu mata ternyata terdapat makhluk hidup kecil yang hidup membaur dengan bulu mata yaitu kutu. Kutu pada bulu mata yang disebut Demodex ini tumbuh dan hidup di dasar bulu mata. Tapi tidak perlu dikhawatirkan. Kutu Demodex termasuk kutu yang baik dan bersahabat. Dia baru keluar saat kita benar-benar sedang tidur untuk memakan sel-sel mati pada bulu mata.

8. Memiliki kelenjar khusus

Bulu mata memiliki kelenjar khusus yang bernama Moll dan Zeis. Kedua kelenjar ini berfungsi menjaga agar folikel atau lubang tempat tumbuhnya bulu mata tetap steril, bebas dari bakteri dan tidak tersumbat. Dengan begitu, bulu mata tumbuh secara normal dan sehat.

moll dan zeis

9. Panjangnya kurang dari 1 cm

Secara umum dan rata-rata, panjang bulu mata yang tumbuh pada banyak orang maksimal adalah kurang dari 10 milimeter atau 1 centimeter. Namun ada juga orang yang memiliki bulu mata dengan panjang lebih dari 1 centimeter. Dalam catatan Guinness Book Of Record, bulu mata terpanjang adalah 6.99 centimeter atas nama Stuart Muller dari Florida Amerika Serikat pada tahun 2007.

Itulah 9 keunikan bulu mata yang belum diketahui banyak orang, Semoga kita menjadi orang yang selalu bersyukur kepada Tuhan, selalu berpikir dan percaya bahwa selalu ada hikmah yang besar dibalik ciptaanNya sekalipun itu ciptaan itu terlihat kecil dan seolah tak berharga.

Semoga bermanfaat !

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *