counter 9 Tips Agar Sandal Tidak Hilang Di Masjid Saat Jum'atan – Sami Share

Info

9 Tips Agar Sandal Tidak Hilang Di Masjid Saat Jum’atan

on

Tips ini bukan candaan atau hiburan, sudah terbukti dengan tingkat keberhasilan hingga 99 %.

Sebel kan, kalau keluar masjid sandal tak ada lagi, apalagi jika sandalnya bagus. Dicari kemana – mana tak ditemukan. Mau tanya petugas parkir, petugas parkir mana tahu sama soal sandal. Lagian petugas parkir kan bukan petugas keamanan sandal, dia cuma mengatur mobil dan motor yang mau parkir.

Sandal di depan masjid

Kejadian sandal hilang di masjid saat Jum’atan, musholla, dan tempat umum lain memang sering kita dengar. Bahkan mungkin Anda sendiri pernah mengalami. Bila sudah begitu, Anda paling – paling cuma bisa memendam rasa sebal. Pulang sambil tanpa alas kaki alias nyeker. Ujung-ujungnya beli sandal lagi beli sandal lagi.

Anda tentu tak ingin kejadian tidak menyenangkan ini terulang lagi bukan ?

Karena itu Anda memerlukan beberapa tips agar sandal tidak hilang lagi di masjid saat Jum’atan, musholla atau tempat umum lain. Berikut adalah 9 tips yang bisa Anda lakukan agar sandal tidak hilang lagi. Tips ini bukan candaan atau hiburan, sudah terbukti dengan tingkat keberhasilan hingga 99 %.

1. Tidak usah memakai sandal

Sarungan, tidak memakai sandal

Sudah pasti, kalau Anda tidak memakai sandal saat pergi ke masjid atau musholla, Anda tidak akan kehilangan sandal disitu. Anda bisa pergi ke masjid tanpa memakai alas kaki. Sampai di masjid, Anda langsung menuju tempat wudhu dan cuci kaki disana sekalian berwudhu. Setelah itu langsung masuk ke masjid melalui jalan penghubung antara masjid dan tempat wudhu. Sholat dengan tenang tanpa khawatir kehilangan sandal.

2. Titipkan sandal ke tempat penitipan

Penitipan sandal

Di masjid – masjid besar dengan jamaah sangat banyak biasanya selalu disediakan tempat penitipan barang termasuk sandal, sepatu, helm, dan barang lain yang selalu dijaga oleh petugas. Anda bisa menitipkannya disitu karena lebih aman, sandal Anda akan diberi tanda nomor pentitipan yang hanya bisa diambil oleh Anda sendiri yang bawa nomor. Bila tak ada yang jaga, Anda tetap bisa meletakkannya disitu karena biasanya orang enggan kalau mau ambil sandal bukan miliknya yang berada di tempat penitipan.

3. Bungkus sandal dan bawa ke dalam

Plastik Bungkus Sandal

Persiapkan plastik agak besar yang bisa muat sandal. Setelah sandal Anda lepas, segera bungkus dengan plastik yang Anda bawa tadi lalu bawa masuk kedalam. Letakkan di samping kiri atau kanan dengan posisi agak ke depan.

Apakah ini salah, membawa sandal masuk ke dalam masjid. Tentu tidak, karena tujuan Anda membawa bukan untuk mengotori atau menghina masjid. Sama halnya dengan Anda membawa pakaian kotor yang disimpan dalam tas kemudian ikut dibawa masuk ke dalam masjid. Terkecuali jika mengotori masjid atau punya niatan menghina tempat ibadah, tentu saja Anda salah dan berdosa.

4. Letakkan sandal secara terpisah

Sandal Terpisah

Saat Anda melepas sandal mau masuk masjid, musholla, atau tempat lain yang mengharuskan Anda melepas alas kaki, sebaiknya pisahkan antara sandal sebelah kanan dan sebelah kiri agak sedikit jauh. Sandal yang kanan Anda letakkan sebelah kiri pintu, sandal yang kiri Anda letakkan sebelah kanan pintu.

5. Letakkan dalam posisi terbalik

Sandal dibalik

Sandal yang terbalik akan terlihat selayaknya sandal kotor. Kemungkinan besarnya, orang lain jadi enggan jika mau memakai. Terlebih jika kotornya tak hanya debu dan tanah, tapi kotoran ayam atau hewan lain, tentu orang lain akan makin jijik dan menjauh.

6. Jangan pakai sandal merek terkenal

Bakiak

Walaupun kasus kehilangan sandal tidak selalu sandal yang bagus – bagus, sandal dengan merek terkenal biasanya lebih merangsang orang lain untuk memilikinya. Bisa saja mereka memakainya begitu saja tanpa khawatir ketahuan yang punya. Kalaupun ketahuan tinggal beralasan “eh iya keliru, maaf”, urusan selesai.

Sebaiknya Anda memakai sandal yang biasa saja seperti sandal jepit, bakyak atau sandal dari karet ban yang harganya relatif lebih murah.

7. Pakai sandal beda warna

Sandal beda warna

Sepintas mungkin Anda berpikir terlihat seperti kurang waras, memakai sandal beda warna. Tapi tak apa lah. Anda pergi ke masjid memakai sandal bukan untuk pamer. Anda memakai sandal karena tak ingin kakinya kotor, sebab mau masuk tempat ibadah yang suci.

Tidak masalah sandal yang Anda pakai beda warna, asal bersih dan suci. Toh di dalam masjid sandal juga dilepas. Justru dengan memakai sandal beda warna Anda lebih merasa aman saat di dalam masjid karena tak ada yang kepincut dengan sandal Anda yang membuat sandal Anda hilang.

8. Gembok sandal Anda

Sandal digembok

Tidak perlu gembok yang besar dan berkode untuk menggembok sandal Anda, cukup dengan gembok kecil yang masih kuat. Sekalipun tak ada jaminan 100% tidak hilang, paling tidak orang akan berpikir terlalu lama jika harus melepas gembok lalu memakainya.

9. Berdo’a

Cara terakhir agar sandal Anda aman, tidak hilang adalah berdo’a kepada Tuhan. Anda berdo’a supaya dijaga segala milik Anda karena hakikatnya yang Anda miliki adalah milik Tuhan sekalipun hanya sepasang sandal.

Itulah 9 tips yang bisa anda lakukan agar sandal tidak hilang di masjid saat Jum’atan, musholla atau tempat umum yang lain. Sekalipun tak ada jaminan 100% sandal Anda tidak hilang, paling tidak Anda sudah melakukan hal – hal yang membuat hati Anda tenang.

Masih ada lagi tips lain ?

Recommended for you

1 Comment

  1. Pingback: Selalu Kehilangan Sandal Pas Sholat Jumat Itu Apes Gaes, Nah Ini Dia Tips Paling Tekooo Agar Sandal Kamu Nggak Hilang Waktu Sholat Jumat | tekOOO

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *