counter 7 Alasan Utama Mengapa Anda Harus Menikah Muda – Sami Share

Asmara

7 Alasan Utama Mengapa Anda Harus Menikah Muda

on

Menikah merupakan satu – satunya proses membentuk suatu hubungan manusia lawan jenis dalam satu tujuan dan kepentingan meraih kebahagiaan secara bersama – sama dalam satu ikatan yang sah. Proses yang harus ditempuh sangatlah komplek mulai dari persiapan fisik, mental, pikiran serta membutuhkan satu keberanian untuk menjalani.

Banyak orang yang memilih untuk menikah pada usia tertentu karena barbagai alasan. Biasanya, semua pertimbangan bermuara pada satu kesimpulan yaitu faktor kesiapan. Dalam kebudayaan barat, menikah usia muda adalah hal yang sangat tabu dan mengherankan terlebih di jaman sekarang. Mereka lebih mengutamakan mengejar karir kerja yang tinggi, mengejar kekayaan semaksimal mungkin sebelum memutuskan untuk menikah. Mereka tidak sadar telah diperbudak oleh perasaannya sendiri, bekerja siang dan malam tanpa ada seorang pun untuk berbagi suka dan duka di sisinya.

Sebagian lagi ada yang beralasan menunggu lebih dewasa. Mereka ingin mempelajari sifat dan karakter lawan jenis yang diinginkan menjadi pendamping hidupnya sedalam mungkin. Mencari pasangan yang betul – betul sempurna, padahal itu tidak mungkin. Lantas sampai seberapa dewasa sampai keputusan menikah akan diambil ?

Berbagai survey menunjukkan bahwa sekalipun memiliki kekurangan, menikah muda ternyata lebih baik dari pada menikah pada usia setelahnya. Inilah alasan mengapa Anda harus menikah muda yang harus Anda ketahui :

1. Terhindar dari perbuatan maksiat

Melihat fakta yang ada jaman sekarang dimana pergaulan muda mudi hampir tidak ada batasan, menikah adalah satu – satunya jalan agar terhindar dari perbuatan dosa dan maksiat. Dalam aturan agama, kita dianjurkan untuk menjauhi zina dan hal-hal yang bisa mendekatkan pada perzinahan seperti pacaran, pergaulan bebas, pornografi, berduaan dengan lawan jenis di tempat sepi. Semakin lama menunda pernikahan dan terjerumus dalam pergaulan bebas, semakin lama pula Anda berbuat dosa. Dengan menikah, Anda akan lebih terhindar dari dosa berbuat zina baik zina mata, zina tangan maupun zina hati.

2. Membahagiakan orang tua

Satu hal yang cukup membahagiakan orang tua adalah saat melepas status lajang anaknya atau mantu. Orang tua merasa bahwa tugasnya sebagai orang tua menjadi lebih ringan karena melihat anak laki – lakinya berani menjadi mandiri, memikul tanggung jawab sebagai seorang suami dan mencoba untuk tidak lagi bergantung pada orang tua. Begitu juga mereka bahagia karena melihat anak perempuannya sudah ada melindungi dan bertanggung jawab.

Selain itu, menikah muda bisa membahagiakan orang tua karena adanya perasaan aman dan tenang. Tidak lagi takut dan cemas anaknya terjerumus pergaulan bebas.

3. Lebih baik buat masa depan anak

Orang tua sangat berperan terhadap masa depan anak. Banyak hal harus diperhatikan agar anak memiliki masa depan yang baik terutama adalah faktor pendidikan. Menikah muda memiliki keuntungan sangat besar buah pendidikan anak. Saat anak membutuhkan banyak pengorbanan dari orang tua dalam hal ini Anda, orang tua masih dalam umur dewasa, belum memasuki usia lanjut yang membuat kondisi fisik mengalami penurunan sehingga orang tua bisa memaksimalkan pendidikan bagi buat anak.

Begitu pula saat tiba saatnya anak menikah dan kemudian Anda memiliki cucu, Anda masih bugar dan sehat, memiliki banyak kesempatan bercengkerama bersama cucu tercinta, bisa menjaga cucu dengan baik saat ditinggal orang tuanya bekerja.

4. Kerja lebih semangat dan Keuangan lebih terkontrol

Menikah muda menjadi motivasi tersendiri dalam bekerja. Kerja menjadi lebih semangat dan bergairah, keuangan juga lebih terkontrol. Kebanyakan anak muda yang masih bujangan alias jomblo lebih mudah menghambur-hamburkan uang dan penghasilannya untuk sesuatu yang tidak penting. Dalam hal pekerjaan, orang yang sudah menikah lebih serius menjalaninya karena ada semacam tuntutan keberlangsungan ekonomi rumah tangganya. Kalau boleh dibuat istilah “uang sedikit di tangan orang tua berharga buat keluarga, uang banyak di tangan anak muda menguap di mana-mana” adalah istilah yang tepat.

5. Usia 20 tahun masa produksi paling puncak

Menurut konsep Departemen Kesehatan tahun 2003, Wanita Usia Subur (WUS) adalah wanita dalam masa reproduktif yaitu antara usia 15 – 49 tahun. Sedangkan Wanita Usia Subur (WUS) dengan organ reproduksi berfungsi dengan baik adalah antara usia 20 – 45 tahun. Puncak kesuburan Wanita Usia Subur adalah antara usia 20 – 29 tahun dimana pada masa itu, wanita memiliki kemungkinan hamil sebesar 95%. Saat memasuki usia 30 tahun, prosentase kemungkinan hamil menurun menjadi 90%. Pada usia 40 tahun, wanita hanya memiliki kemungkinan hamil hingga 40%. Lebih dari 40 tahun, kemungkinan hamil semakin menurun hingga 10% dan memiliki risiko lebih besar.

Wedding Ring

6. Awet Muda

Sebenarnya bukan awet muda secara realita dan tak berubah menjadi tua. Saat menikah usia muda, Anda akan mendapatkan keturunan dan menjadi seorang ibu dalam usia muda pula. Saat anak Anda menikah kemudian punya anak, Anda akan menjadi seorang kakek atau nenek termuda dibanding yang lain. Begitu pula saat cucu Anda makin besar dan beranjak dewasa, Anda tetap dibilang “enak ya, cucunya sudah besar tapi masih seger dan awet muda”, ya awet muda untuk seorang simbah.

7. Mau alasan apa lagi …

Kuliah ?
Banyak yang menikah, tapi tetap kuliah dan melanjutkan hingga tingkat yang lebih tinggi.
Belum kerja ?
Tidak sedikit orang yang menemukan pekerjaan dan jalan rejeki Tuhan setelah menikah.
Belum siap punya anak ?
Lebih takut mana Anda terjerumus dosa dari pada berhubungan halal dengan pasangan Anda melalui nikah.
Takut jadi tua ?
Tua bukan karena menikah. Tua adalah faktor umur. Tanpa menikah pun kalau umur Anda semakin bertambah, Anda akan semakin tua. Lebih menyenangkan mana menikah muda dan segera punya anak atau tetap jomblo dan dapat julukan “perawan tua”.

Selamat menikah muda !

Recommended for you

5 Comments

  1. Mas mujib

    May 18, 2015 at 11:46 am

    Waw, ni artikel bikin horny deh 😀

  2. Refiza

    Jan 5, 2016 at 11:16 am

    Artikel yang bagus.
    Jangan lupa kunjungi http://www.refiza.com
    Ada banyak souvenir cantik untuk pengajian, haji, pernikahan.

  3. Miqdad

    Mar 26, 2016 at 9:28 pm

    wah jadi pengen cepet nikah nih mas…. do’ain aja mas 2 thn lagi…
    makasih mas artikelnya…

  4. Pingback: Tidak Perlu Khawatir, Menunda Punya Anak Tidak Bikin Wanita Jadi Sulit Hamil - Sami Share

  5. Pingback: 7 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Anda Mencari Jodoh Secara Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *