Awas, Hindari Mengompres Anak Saat Demam Dengan Air Es

‘Kompres dahinya dengan air dingin’, itulah yang sering dilakukan para orang tua saat anak demam. Bila cara ini sering dilakukan pada anak Anda, sebaiknya mulai sekarang jangan dilakukan lagi. Mengompres anak saat demam dengan air es sangat berisiko.

Menurut penjelasan seorang dokter di RS Kartika Husada Bekasi, mengompres berfungsi menurunkan suhu panas tubuh dari tinggi menjadi rendah. Namun fungsi ini bisa menjadi gagal bila menggunakan air dingin atau air es.

mengompres anak saat demam

Cara paling dianjurkan mengompres anak saat demam adalah dengan air hangat. Penggunaan air es untuk mengompres bisa menyebabkan tertutupnya pori-pori kulit. Seketika mungkin suhu panas anak akan turun, tapi akan naik lagi dalam beberapa jam.

Dokter juga menjelaskan, mengompres menggunakan air dingin atau air es lebih cocok bila diterapkan untuk menghilangkan bengkak pada kaki dan menurunkan peradangan.

Jadi, sebaiknya orang tua memperhatikan untuk tidak mengompres anak saat demam dengan air es. Selebihnya, lakukan cara lain memberikan pertolongan saat anak demam agar tidak menimbulkan efek yang tidak diinginkan.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *