counter Bahaya Besar Sering Minum Minuman Bersoda – Sami Share

Kesehatan

Bahaya Besar Sering Minum Minuman Bersoda

on

Dahulu manusia minum hanyalah untuk memenuhi kebutuhan hidup. Mereka tidak pernah berpikir gaya hidup atau kebanggaan dari minuman yang mereka minum. Bahkan mereka tidak menghiraukan apakah air yang diminumnya perlu dimasak atau tidak. Asal sudah mendapatkan air dan terlihat bersih, mereka sudah merasa cukup.

Lain dulu lain sekarang. Kebutuhan minum tidak lagi hanya memenuhi kebutuhan hidup semata namun juga dapat menjadi gaya hidup. Bahkan bagi sebagian orang apa yang diminumnya kadang menjadi hal yang membanggakan bagi mereka. Karena gaya hidup dan kebanggaan ini pula, mereka sering tidak sadar bahwa perilaku yang mereka terapkan merupakan gaya hidup tidak sehat. Terlebih ditunjang semakin mudahnya mereka mendapatkan berbagai macam hal yang mereka inginkan dengan menjamurnya berbagai pusat perbelanjaan seperti mall, supermarket, minimarket serta pengaruh iklan di berbagai media, maka lengkap sudah.

Minum Soda

Minum minuman bersoda dan makan makanan cepat saji adalah sebagian diantara gaya hidup yang bagi sebagian orang sangat membanggakan. Padahal disadari atau atau tidak, minuman bersoda dan makanan cepat saji adalah asupan yang buruk bagi kesehatan.

Bila Anda termasuk orang yang sering minum minuman bersoda, waspadalah terhadap bahaya besar sering minum minuman bersoda yang bisa menimpa Anda kapan saja.

1. Penyakit gula atau Diabetes

Adalah larangan keras bagi penderita penyakit gula untuk mengkonsumsi gula baik itu secara langsung ataupun dicampurkan dalam makanan dan minuman termasuk didalamnya minum minuman bersoda. Hal ini dikarenakan tidak adanya kemampuan hormon insulin tubuh untuk mengubah zat gula menjadi glikogen atau gula otot. Mengkonsumsi gula dan minum minuman bersoda dapat meningkatkan kadar gula dalam darah (glukosa) sehingga membahayakan. Semakin banyak minum minuman bersoda terutama bagi yang memiliki keluhan diabetes berpotensi memunculkan penyakit lain seperti penyakit jantung.

Adanya anggapan bahwa penyakit gula atau diabetes disebabkan karena keturunan adalah mitos. Orang yang asalnya normal pun bisa terkena penyakit gula atau diabetes jika pola hidupnya tidak teratur. Termasuk kebiasaannya minum minuman bersoda.

2. Meningkatkan Risiko Tulang Rapuh

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Harvard Amerika Serikat mengungkapkan seorang atlet yang memiliki kebiasaan minum minuman bersoda ternyata pernah menderita tulang patah 5 kali lebih banyak dari atlet lain yang tidak memiliki kebiasaan minum minuman bersoda.

Tentu ada benarnya karena minuman bersoda mengandung zat asam fosfat. Zat ini melarutkan mineral kalsium dalam tulang sehingga menyebabkan osteoporosis, tulang menjadi keropos dan rapuh.
Patah Tulang

3. Hipertensi atau tekanan darah tinggi

Anda jangan berpikir bahwa penyakit tekanan darah tinggi hanya mengancam orang yang suka makan daging kambing dalam porsi besar. Terlalu banyak dan sering minum minuman bersoda juga bisa menjadi sebab terkena penyakit tekanan darah tinggi. Bila kurang yakin, cobalah anda cek tekanan darah anda di poliklinik atau dokter terdekat. Lalu anda berhenti minum minuman bersoda hingga beberapa hari ke depan. Cek kembali tekanan darah anda dan bandingkan dengan tekanan darah anda sewaktu masih sering minum minuman bersoda. Bagi anda yang sudah memiliki keluhan peyakit tekanan darah tinggi, sebaiknya mulai sekarang anda berhenti mengkonsumsi minuman bersoda agar tekanan darah anda tidak semakin naik yang akan membahayakan diri anda.

4. Penyakit jantung

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang memiliki kebiasaan minum minuman bersoda setiap hari secara rutin memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit jantung dari pada orang yang tidak pernah minum minuman bersoda sama sekali. Minuman bersoda umumnya mengandung bahan fruktosa yang memicu terjadinya peradangan serta memicu meningkatnya kadar lemak pada darah yang disebut trigliserida yang menjadi penyebab utama penyakit jantung.
Sakit Jantung

5. Batu ginjal

Semakin banyak minum air semakin jauh dari kemungkinan dehidrasi. Tapi tidak semua minuman menjauhkan dari dehidrasi dan penyakit lain. Sering minum minuman bersoda justru semakin rentan terhadap terkena penyakit batu ginjal. Kandungan fruktosa dalam minuman bersoda selain meningkatkan kadar lemak dalam darah juga meningkatkan kadar oksalat, asam urat urin, kalsium dan juga beberapa zat lain yang akhirnya berkonsentrasi dan menggumpal menjadi batu ginjal.

Mungkin Anda bertanya-tanya, dengan adanya ancaman berbagai macam penyakit, apakah yang harus saya lakukan? Apakah saya harus meninggalkannya dan tidak minum minuman bersoda sama sekali? Bagaimana jika tak bisa ?

Tidak ada yang melarang Anda untuk minum minuman bersoda karena itu adalah hak Anda. Yang perlu Anda perhatikan adalah, apakah Anda sayang terhadap diri Anda? Apakah Anda siap menerima berbagai macam risiko penyakit karena kebiasaan Anda tersebut?

Minum Banyak Soda

Jika mungkin bagi Anda untuk meninggalkan minum minuman bersoda, lebih baik Anda meninggalkannya. Jika tidak bisa seratus persen, berusahalah untuk mengurangi jumlah porsi dari yang biasa Anda minum. Gantilah dengan minuman lain yang lebih menyehatkan seperti susu rendah lemak, susu kedelai, madu, teh hijau atau air kelapa muda. Atau jika mau air putih justru lebih menyehatkan karena hampir tidak memiliki risiko apapun.

Semoga bermanfaat !

Recommended for you