11 Bahaya Terlalu Lama Duduk Di Tempat Kerja.

Bebagai kondisi terkadang membuat orang harus duduk dalam waktu yang lama seperti saat menjalani sebuah pekerjaan di depan komputer. Namun, terkadang tidak disadari bahwa ada bahaya yang selalu mengintai orang yang duduk terlalu lama di tempat kerja.

Banyak penelitian yang dilakukan para ahli mengungkap bahwa duduk terlalu lama berjam-jam yang dilakukan secara rutin meningkatkan potensi terkena berbagai penyakit, seperti penyakit jantung yang bisa berujung pada kematian, berisiko lebih besar terkena kanker usus besar jenis tertentu, bahkan juga berisiko membuat orang cacat. Yang lebih berbahaya, bila berbagai penyakit yang disebabkan terlalu lama duduk sudah menyerang penyembuhannya sangat sulit. Dibeberapa kasus malah tidak bisa disembuhkan sama sekali.

Para ahli mencatat setidaknya ada 24 kondisi buruk yang berkaitan dengan bahaya terlalu lama duduk di tempat kerja. Berikut 11 diantaranya seperti dikutip dari boldsky, (12/2/2015).

1. Sakit punggung

Duduk terlalu lama di tempat kerja

Ini adalah dampak buruk terlalu lama duduk di tempat kerja yang langsung terasa, punggung terasa sakit. Beberapa orang malah mengalami sakit yang luar biasa bahkan sulit untuk kembali tegak setelah duduk berjam-jam dalam posisi agak bungkuk ke depan. Bila hal ini berlangsung setiap hari bisa meningkatkan risiko kelainan pada tulang belakang.

2. Kolesterol tinggi

Meningkatnya kolesterol memang tidak dirasakan secara langsung setelah duduk terlalu lama dan baru terasa setelah satu tahun kemudian. Sebabnya adalah terganggunya fungsi metabolisme yang membuat kadar trigliserida plasma meningkat.

3. Obesitas

Duduk terlalu lama membuat pembakaran kalori pada tubuh kurang maksimal. Energi yang seharusnya keluar jadi mengendap. Pada akhirnya kondisi ini bisa menyebabkan kegemukan atau obesitas bila berlangsung terus menerus.

4. Penyakit jantung

Duduk terlalu lama membuat otot yang hanya membakar sedikit lemak dan memperlambat peredaran darah. Hal ini bisa memicu terganggunya organ jantung. Orang yang memiliki kebiasaan duduk terlalu lama kontinyu juga lebih berpotensi terkena berbagai masalah kardiovaskular yang lain.

5. Diabetes

Bagi penderita diabetes, duduk berjam-jam tanpa jeda dapat meningkatkan risiko lebih lanjut karena tubuh bisa kehilangan kemampuan menangani gula darah. Insulin yang seharusnya bertanggung jawab menjaga kestabilan gula darah menjadi kurang sensitiv.

6. Ketagihan merokok

Pria yang duduk terlalu lama saat menyelesaikan pekerjaan cenderung merokok lebih banyak dari pekerjaan yang membutuhkan mobilitas tinggi. Efeknya, sistem pernafasan terutama paru-paru lebih banyak dikotori asap rokok yang dapat menimbulkan berbagai penyakit.

 

7. Varises

Terlalu lama duduk di tempat kerja juga bisa memicu varises. Varises adalah gangguan kesehatan pada kaki berupa pembuluh darah yang melebar dan berkelok-kelok yang bila dilihat sepintas akan mirip seperti jaring laba-laba. Kondisi ini membuat aliran darah dari dan ke bagian kaki kurang lancar sehingga kaki akan terlihat bengkak.

8. Mati rasa

Dalam istilah medis biasa dikenal dengan sebutan neuropati atau gangguan syaraf yang bisa berakibat pada lemah otot atau lumpuh pada beberapa otot tubuh. Terlalu lama duduk di tempat kerja bisa memicu gangguan syaraf terutama pada kaki sehingga kaki terasa mati rasa dan berkurang fungsinya.

9. Pinggul sejajar

Saat duduk, tekanan berat tubuh akan bertumpu pada bagian pinggul, tulang belakang dan lutut. Bila kondisi ini berlangsung dalam waktu lama dan terus menerus, bisa menyebabkan pinggul tidak rata dan ramping. Tentu ini mengurangi keindahan penampilan.

10. Depresi

Duduk dalam waktu lama lebih mudah membuat orang bersedih, melamun, dan kehilangan gairah. Kondisi ini lebih mudah membuat orang mengalami gejala depresi.

11. Berkurangnya kepedulian

Ini adalah bahaya secara psikologis yang perlu penanganan. Saat orang terlalu lama duduk di tempat kerja, dia akan kehilangan sejumlah waktu berinteraksi dengan orang lain. Mungkin tidak jadi soal bila hanya berlangsung satu atau dua kali saja. Tapi, bila berlangsung terus menerus akan berdampak pada berkurangnya kepedulian pada orang lain. Bahkan untuk sekedar menolong mengambilkan sesuatu pun sulit untuk dilakukan.

Dengan banyaknya efek buruk yang ada, sudah sebaiknya untuk lakukan antisipasi sejak dini. Bila harus melakukan pekerjaan dengan duduk dalam waktu lama, selingi beberapa saat dengan jalan-jalan atau hanya sekedar berdiri di tempat.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *