counter Beragam Manfaat Si Putih Mungil Bunga Melati – Sami Share

Info

Beragam Manfaat Si Putih Mungil Bunga Melati

on

Bunga melati tidak hanya mengandung senyawa kimia yang dapat membuat bunga ini mengeluarkan aroma wangi yang dapat membantu menenangkan pikiran namun ternyata bunga berukuran mungil ini juga mengandung beragam senyawa kimia lainnya yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesehatan dan mengobati penyakit.

Selain mawar, bunga yang kerap kali dijadikan sebagai penghias halaman rumah adalah melati. Bunga berwarna putih dengan ukuran yang mungil ini memang merupakan salah satu jenis tanaman yang digemari oleh masyarakat Indonesia, sebab selain indah dipandang, bunga melati juga mengeluarkan aroma wangi yang semerbak, sehingga semakin membuat taman ataupun halaman rumah menjadi lebih menarik. Namun, ternyata bunga yang dapat tumbuh subur di tanah gembur dan dapat berbunga sepanjang tahun ini mengandung beragam senyawa kimia yang berkhasiat untuk kesehatan manusia.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bunga ini memang memiliki beragam manfaat karena mengandung berbagai senyawa kimia yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Biasanya, senyawa kimia yang terkandung dalam bunga melati lebih sering dimanfaatkan dalam rupa minyak wangi, sebab memang aroma melati yang harum sangat cocok untuk dijadikan parfum atau minyak wangi, namun ternyata beragam senyawa kimia yang terkandung dalam melati juga dapat dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai obat herbal alami guna mengobati berbagai penyakit.

Sebelum membahas mengenai apa saja manfaat yang dapat diperoleh, berikut adalah daftar kandungan senyawa kimia bunga melati yang perlu anda ketahui :

  • Minyak eteris (zat berbau)
  • Indole
  • Linalcohol
  • Asetat benzilic
  • Alkohol benzilic
  • Livalylacetaat
  • Jasmon

Untuk mempermudah dalam mengambil manfaat dari bunga yang memiliki nama latin Jasmine ini, maka kini cukup banyak produk olahan bunga melati yang sudah dikemas dalam bentuk teh. Nah, teh yang diolah dari bunga melati tersebut memiliki khasiat tertentu untuk tubuh manusia, diantaranya seperti :

Membantu proses penurunan berat badan

Bila anda berencana untuk melakukan program diet, maka sebaiknya anda mencoba untuk menggunakan teh melati, pasalnya berdasarkan berbagai penelitian terungkap bahwa teh bunga melati bila diminum secara rutin, mampu membantu mengurangi sel lemak dalam tubuh.

Membantu meredakan stress

Teh bunga melati juga dapat membantu meringankan stress, aroma wangi yang khas dari teh ini saat diseduh dapat membantu mengurangi kecemasan dan ketegangan. Selain itu, teh melati juga dapat membantu meredakan nyeri, oleh sebab itu biasanya wanita pada saat menjelang datang bulan disarankan untuk minum seduhan teh melati ini agar perubahan hormonal yang membuat suasana hati cenderung menjadi tak menentu dapat sedikit teratasi

Melawan radikal bebas

Bunga melati ternyata juga mengandung antioksidan yang kadarnya cukup tinggi sehingga cukup ampuh untuk melawan radikal bebas. Seperti yang kita ketahui, radikal bebas ada kaitannya dengan perkembangan sel kanker dalam tubuh, sehingga dengan kata lain, bunga melati berkhasiat untuk menurunkan resiko terkena penyakit kanker. Radikal bebas juga dapat menyebabkan kulit rusak, sehingga dengan rajin minum teh melati, maka kulit anda pun akan terlihat awet muda.

Mengurangi resiko terkena stroke

Kolesterol jahat dapat meningkatkan resiko seseorang untuk terkena stroke, dan ternyata kandungan senyawa kimia alami yang ada pada melati dapat berkhasiat untuk mengurangi akumulasi kolesterol jahat dan lemak dalam tubuh, sehingga dengan kata lain, melati dapat berguna untuk menurunkan resiko seseorang terserang stroke.

Selain diolah menjadi teh agar dapat lebih mudah dimanfaatkan, ternyata bunga melati juga dapat diolah menjadi obat luar untuk mengobati beberapa penyakit, misalnya seperti :

Menghilangkan jerawat

Bunga melati juga dapat dimanfaatkan sebagai obat penghilang jerawat, untuk menggunakan cara ini anda perlu menumbuk beberapa kuntum bunga melati yang telah dicampur dengan belerang dan beberapa tetes air perasan jeruk nipis. Kemudian oleskan di bagian wajah yang terkena jerawat, diamkan selama 10-20 menit lalu bilas dengan air bersih. Untuk hasil yang maksimal, lakukan cara ini dua kali dalam sehari.

Meredakan Demam

Bunga melati juga dapat digunakan untuk meredakan demam, untuk menggunakan cara ini anda perlu menyiapkan 10 kuntum bunga melati dan segenggam daun melati, kemudian remas-remas dengan tangan dan rendam dalam air. Setelah itu, kompres dahi dengan menggunakan air rendaman tersebut

Mengobati Bengkak karena sengatan lebah

Segenggam bunga melati yang ditumbuk juga dapat digunakan untuk mengobati bengkak yang disebabkan karena sengatan lebah. Untuk menggunakan cara ini, anda hanya perlu menempelkan tumbukan tersebut ke bekas sengatan lebah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *