Calya – Sigra Sudah Banyak Makan Korban

Ada yang menanjak, ada yang “terinjak”. Mungkin kalimat itu yang cocok untuk menggambarkan tingkat persaingan otomotif saat ini, khususnya mobil. Dari awal diluncurkan, Toyota Calya yang berduet dengan kembarannya, Daihatsu Sigra memang sudah diprediksi bakal memakan banyak “korban”.

Salah satu korban yang cukup terlihat jelas adalah Ayla dan Agya. Duo LCGC yang sebelumnya kokoh diangka 4.000 hingga 5.000 unit perbulan itu mengalami penurunan penjualan hingga 50 persen.

Data yang diperoleh dari wholesale Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Juli 2016 menjadi titik terendah penjualan Agya yang hanya mencatatkan angka 2.401 unit. Bulan Agustus juga tak ada peningkatan karena hanya terkirim 2.845 unit. Tak berbeda dengan Agya, Daihatsu Ayla juga mengalami penurunan bahkan lebih parah. Juli 2016 Ayla hanya terkirim sekitar 1.500 unit. Sedangkan bulan Agustus sedikit naik di angka 2.191 unit.sigra-calya

Meski terjadi penurunan, hal ini tidak membuat terkejut PT Toyota Astra Motor (TAM). Sebelumnya memang sudah diprediksi bila duet Calya – Sigra kemungkinan besar akan menggerus pasar model lain, bukan hanya tipe LCGC, namun juga kelas lain seperti LMPV.

Rupa-rupanya mobil keluarga dengan banderol murah dan berkapasitas 7 penumpang sedang ngeHits pasaran Indonesia. Calya – Sigra yang ramah lingkungan dan “konon” mendapat sokongan subsidi dari pemerintah versi termahalnya hanya Rp 150 juta. Menarik bukan?

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *