Cara Hentikan Kebiasaan Makan Tengah Malam

Tidak hanya olahraga dan makan makanan bergizi untuk menjaga kesehatan tubuh, pola makan yang sehat juga harus diperhatikan dan dilakukan. Kebiasaan makan tengah malam atau sekedar ngemil makanan di malam hari sebenarnya kurang baik untuk tubuh dikarenakan kurangnya metabolisme pada malam hari yang menyebabkan bertambahnya berat badan.

Bagi sebagian orang, kebiasaan makan tengah malam seakan sulit untuk dihentikan, apalagi bila sudah menjadi kebiasaan. Bahkan banyak juga yang terbiasa makan malam melewati jam seharusnya.

makan tengah malam

Apapun alasannya, kebiasaan makan tengah malam harus dihentikan. Ada beberapa langkah yang bisa dicoba untuk menghentikan kebiasaan makan malam atau ngemil di malam hari.

1. Makan yang cukup di siang hari

Guna menghindari rasa lapar di malam hari terutama di tengah malam, usahakan pada saat siang hari kita tidak sampai “kelaparan”. Makanlah yang cukup, bergizi seimbang di siang hari dan usahakan untuk tidak coba – coba menahan rasa lapar dalam waktu yang lama. Lebih baik makan yang cukup di siang hari dari pada banyak makan di tengah malam. Makan cukup bukan berarti makan sebanyak – banyaknya atau berlebihan, tapi makan sesuai dengan kebutuhan tubuh.

2. Sediakan snack yang sehat

Bila sudah menjadi kebiasaan, sulit rasanya menghindarkan diri dari makan di tengah malam. Menahan diri untuk tidak makan malam hari menjadi sesuatu yang berat dilakukan.

Cobalah untuk mengganti menu makan tengah malam dengan makanan ringan atau snack yang sehat, non kalori, namun bisa menjadi pengganti makanan berat yang biasa di makan seperti buah – buahan, snack non kalori, minuman dengan gula kalori rendah atau makanan sehat yang lain. Sediakan makanan – makanan tersebut di rumah agar kita tidak tergoda untuk memesan makanan cepat saji yang tidak sehat atau makanan lain yang memiliki kalori tinggi.

3. Perbanyak minum air

Dengan memperbanyak minum air terutama air putih, perut akan terasa lebih kenyang. Dengan begitu, keinginan untuk makan tengah malam bisa tercegah. Banyak minum juga bisa menghindarkan diri dari berlebihan saat makan.

4. Kurangi porsi makanan

Bila memang tidak bisa berhenti dari kebiasaan makan tengah malam seratus persen, mulailah dengan mengurangi porsi makanan yang dimakan. Bila makan tengah malam biasa menghabiskan banyak makanan seperti satu piring penuh, kurangi menjadi tiga perempat atau setengah piring. Tahan diri untuk tidak nambah bila sudah habis. Ulangi lagi pada malam berikutnya sampai akhirnya terbiasa makan tengah malam dalam porsi yang sedikit. Lalu semakin dikurangi pada malam-malam berikutnya sampai kebiasaan makan malam bisa terhenti dengan sendirinya.

5. Lakukan kegiatan bermanfaat yang lain

Terkadang kebiasaan makan tengah malam adalah karena tidak adanya kegiatan lain yang lebih penting untuk dilakukan atau tidak ada aktifitas yang bisa mengalihkan perhatian.

Cobalah untuk melakukan kegiatan lain agar otak dan pikiran tidak hanya terfokus pada makan makan dan makan. Kita bisa mencoba mengisi waktu dengan mengisi teka-teki silang, bermain game yang membutuhkan fokus pikiran seperti racing, ice breaking, puzzle dan catur. Atau melakukan kegiatan lain yang bermanfaat membaca buku-buku ilmu pengetahuan, membaca berita – berita menarik di internet. Kegiatan – kegiatan tersebut akan mengalihkan pikiran dan membuat lupa untuk makan tengah malam. Biasanya bila sudah lelah, kita lebih memilih untuk tidur.

6. Usahakan tidur lebih awal

Bila tidak ada kegiatan sangat penting untuk dilakukan, tidak perlu kita membiasakan diri terjaga hingga larut malam. Selain buang – buang waktu dan menyebabkan ngantuk di pagi hari, terjaga hingga larut malam berpotensi menimbulkan rasa lapar. Semakin larut, keinginan untuk makan biasanya juga semakin membesar.

Oleh sebab itu, lebih baik kita tidur lebih awal agar esok hari bisa bangun lebih pagi tanpa rasa ngantuk dan pegal. Kita juga bisa melakukan hal bermanfaat di pagi hari seperti shalat tahajud dan shalat subuh berjamaah bagi yang muslim, berolah raga lebih lama, mandi pagi lebih pagi, sarapan pagi tanpa terburu – buru dan berangkat kerja dengan tubuh segar dan pikiran cerah.

Selamat mencoba !

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *