counter Cara Jitu Mendapatkan Tidur Berkualitas – Sami Share

Kesehatan

Cara Jitu Mendapatkan Tidur Berkualitas

on

Tidur adalah kebutuhan hidup setiap orang yang tak bisa ditinggalkan. Dengan tidur, kesehatan akan terpelihara, kinerja otak bisa stabil dan meningkat. Tidur berkualitas bisa membangkitkan kembali mood dan gairah yang menurun.

Namun, tidak setiap tidur bisa memberikan efek positif seperti tersebut di atas. Tidur yang tidak berkualitas justru bisa menimbulkan efek buruk yang tidak diharapkan. Tubuh bisa menjadi sakit, kinerja otak menurun, juga bisa meningkatkan risiko celaka saat kerja dan saat berkendara.

Tidur Berkualitas

Dikarenakan sangat pentingnya tidur bagi kesehatan dan produktifitas diri, maka penting bagi kita untuk selalu mendapatkan tidur yang baik dan tidur berkualitas. Berikut adalah beberapa cara jitu mendapatkan tidur berkualitas :

1. Hindari kebiasaan bergadang tiap malam

Jika memang tak ada hal yang terlalu penting untuk dilakukan, tidak perlu untuk bergadang malam-malam. Lebih baik gunakan waktu untuk tidur agar esoknya bisa bangun dengan mudah dalam keadaan bugar dan segar.

2. Hindari makan dan minum yang mengandung kafein

Hindari minum kopi malam hari karena kopi mengandung kadar kafein yang cukup tinggi. Salah satu fungsi kafein adalah “membohongi” otak yakni membuat otak serta tubuh terjaga.

3. Jangan terlalu banyak minum

Banyak minum terutama air putih memang menyehatkan. Tapi jika ini dilakukan malam hari sebelum tidur, bisa meningkatkan keinginan buang air kecil malam hari. Secara otomatis, tidur anda menjadi terganggu dan kurang nyaman.

4. Konsumsi makanan dan minuman yang membantu tidur

Ada beberapa makanan dan minuman bisa membantu tidur lebih lelap karena beberapa kandungannya dapat meningkatkan hormon serotonin dan melatonin yaitu hormon yang berfungsi membantu tidur menjadi lelap seperti pisang, teh chamomile, susu hangat, madu, kentang, havermut (oatmeal), kacang almond, benih lenan (flaxseed), roti gandum (whole wheat bread) serta daging kalkun. bila kita memiliki kebiasaan makan malam, sebaiknya konsumsilah makanan atau minuman tersebut dalam porsi sewajarnya.

Teh Chamomile

5. Letakkan handphone jauh dari jangkauan tangan

Selain yang dibutuhkan seperti alarm, sebaiknya matikan gadget saat akan tidur. Matikan juga nada dering handphone dan letakkan agak jauh dari jangkauan tangan. Tujuannya agar tidur tidak terganggu adanya pesan atau panggilan yang masuk.

6. Hindari main game saat akan tidur

Game dirancang untuk selalu penasaran dan memancing kita untuk selalu main terus menerus. Jika kita main game saat akan tidur, bukannya tidur yang didapat tapi malah semakin terjaga.

7. Jangan letakkan televisi dalam kamar

Meletakkan televisi di dalam kamar bisa memancing kita untuk menyalakan dan menonton. Begitu juga dengan televisi yang ada pada smartphone, harus dimatikan karena membuat kita susah tidur.

8. Mandi air hangat

Bila badan terasa gerah dan tak enak, mandilah dengan air hangat agar tubuh menjadi nyaman dan tidur menjadi lebih mudah.

9. Tata interior kamar tidur

Tujuannya untuk membuat kamar menjadi lebih nyaman. Tata supaya lebih rapi. Gantilah seprei dan selimutnya bila sudah tak sedap. Beri wewangian lembut pada ruangan. Bila diperlukan, pasanglah lampu kamar tidur yang agak redup. Jangan lupakan juga sirkulasi udara yang terjaga dengan baik. Jauhkan juga kamar dari nyamuk penghisap darah yang berkeliaran dengan memasang kelambu anti nyamuk. Cara ini lebih aman bagi kesehatan daripada menggunakan obat nyamuk kimia seperti obat nyamuk bakar, semprot, elektrik atau lotion anti nyamuk.

Kamar Tidur Cantik

Jika dengan beberapa beberapa cara jitu di atas masih belum membuat kita mendapatkan tidur berkualitas, nyaman dan menyehatkan, ada baiknya kita berkonsultasi dengan ahli kesehatan atau dokter agar didiagnosa dan dicarikan solusi terbaik. Barangkali ada yang tidak beres dengan kesehatan kita.

Selamat mencoba !

Recommended for you