counter Cara Mengatasi Lidah Mati Rasa Karena Kepanasan Makanan – Sami Share

Info

Cara Mengatasi Lidah Mati Rasa Karena Kepanasan Makanan

on

Benar juga kata orang tua, ‘ojo kesusu’ alias jangan tergesa – gesa dalam hal apapun, termasuk makan minum. Barang kali kita sering lupa wejangan itu, saat nafsu makan sudah memuncak, begitu melihat makanan langsung saja mau sikat. Baru tahu rasa kalau makanan yang dilahap ternyata panas banget. Akibatnya, lidah terasa terbakar, kasar bahkan mungkin melepuh. Walhasil, makanan yang seharusnya terasa enak dan nikmat menjadi hambar tak berasa karena lidah mati rasa.

Memang, lambat laun mati rasa pada lidah bisa sembuh dengan sendirinya. Tapi ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Sementara rasa lapar sudah tak bisa ditahan dan ingin cepat menyantap makanan. Oleh karena itu, perlu dicari cara mengatasi lidah mati rasa akibat terbakar makanan dan minuman panas.

Seperti dikutip dari boldsky, ada beberapa cara cepat dan efektif untuk mengatasi lidah mati rasa akibat kepanasan.

  1. Menghisap es batu. Bila disitu ada tersedia es batu, ambil satu potong kecil dan tempatkan pada bagian lidah yang mati rasa kena makanan panas.
  2. Mengulum gula. Gula memiliki kemampuan sembuhkan luka bakar. Begitu pula saat lidah mati rasa karena kepanasan, butiran – butiran gula bisa mempercepat penyembuhan.
  3. Berkumur dengan air dingin. Bila kedua hal di atas tak bisa dilakukan, air dingin bisa jadi alternatif mudah sembuhkan lidah yang mati rasa akibat kepanasan. Berkumurlah dengan air dingin yang berada di tempat Anda. Cara ini cukup efektif mengurangi rasa sakit pada lidah yang terbakar.
  4. Oleskan madu. Madu memiliki khasiat anti oksidan, anti jamur, anti inflamasi. Madu juga dikenal sebagai bahan alami untuk mengobati berbagai penyakit. Salah satu khasiat madu adalah mempercepat penyembuhan pada luka bakar, termasuk pada lidah yang kepanasan makanan. Cukup dengan mengoleskan sedikit madu pada bagian yang terbakar dan tunggu beberapa saat. Rasa sakit akan segera reda.
  5. Yogurt. Makanan ini terkenal kaya akan vitamin B5 dan antoksidan. Salah satu khasiatnya adalah memberikan efek dingin pada lidah yang terbakar makanan panas sehingga proses penyembuhan bisa lebih cepat.
  6. Oleskan pasta gigi yang mint. Bila di rumah tersedia pasta gigi yang mengandung mint, Anda bisa menggunakannya untuk mengatasi lidah mati rasa akibat makanan panas. Kandungan mint memberikan efek dingin yang langsung terasa. Ambil sejumput lalu oleskan di bagian lidah yang terbakar. Tunggu beberapa saat sampai kering. Setelah itu berkumurlah dengan air dingin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *