Cara Mengatasi Rambut Kering Dan Kusut

Mengatasi rambut kering memang butuh kesabaran ekstra, namun bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan rambut yang lebih sehat dan lembut alami. Rambut kering merugikan Anda itu benar, karena ketika rambut Anda kering, Anda menjadi lebih sulit untuk menyisir rambut yang pada akhirnya menyebabkan rambut menjadi patah dan rontok karena terlalu keras disisir.

Bila dibiarkan terurai tanpa disisir, tentu saja membuat penampilan menjadi tidak menarik. Anda akan terlihat kusut seperti orang tak pernah merawat diri. Karena itu, rambut kering perlu segera diatasi agar kembali menjadi indah dan menarik. Berikut 5 cara mengatasi rambut kering dan kusut yang bisa Anda lakukan setiap saat.

Coba bilas rambut dengan menggunakan air dingin

Jujur! Apa Anda lebih suka mencuci rambut dengan menggunakan air hangat atau air dingin? Nyatanya tidak sedikit orang lebih suka mencuci rambutnya dengan air hangat, padahal itu adalah langkah yang keliru, air yang hangat cenderung akan merusak kelembaban rambut sehingga rambut menjadi lebih mudah patah dan kering. Maka dari itu, mulai mencuci rambut dengan air dingin, karena air dingin dinilai lebih efektif untuk menjaga kelembaban rambut.

Jangan gunakan ikat rambut

Jangan Mengikat Rambut

Suhu udara di Indonesia memang cenderung lebih ke panas ketimbang dingin, oleh karenanya banyak wanita yang mau tidak mau akan mengikat rambutnya untuk menghalau rasa gerah dan lembab pada rambut karena keringat. Cobalah untuk tidak mengikat rambut ketika berada di lingkungan yang sejuk. Cara ini cukup efektif untuk mencegah kerusakan rambut dan rambut rontok.

Hindari penggunaan peralatan rambut

Cara mengatasi rambut kering juga bisa diusahakan dari menghentikan kebiasaan buruk menggunakan peralatan rambut, seperti hair dryer, pelurus dan pengeriting rambut dsb. Semua peralatan rambut tersebut sementara harus Anda simpan rapi di lemari untuk menghindari rambut kering. Suhu panas yang dihasilkan dari semua peralatan rambut tersebut bisa memicu kerusakan dan rambut kering, sehingga sangat tepat jika Anda memilih untuk mengungsikan peralatan tersebut di tempat yang aman.

Tidak keramas setiap hari

Keramas setiap hari bukannya membawa kesehatan dan kecantikan bagi rambut kering melainkan memupuk rambut kering untuk menjadi lebih rusak. Mungkin Anda yang memiliki masalah rambut berminyak kurang setuju dengan opini ini, karenya nyatanya keramas setiap hari justru bisa mengatasi problem rambut berminyak. Namun keramas setiap hari menjadi bumerang bagi kondisi kesehatan rambut Anda. Kandungan minyak alami yang terdapat di dalam rambut akan terus berkurang sehingga rambut akan semakin kering dari hari ke hari.

Rawat rambut dengan kondisioner

Cara mengatasi rambut kering terutama untuk Anda yang suka mewarnai rambut. Supaya rambut tidak kehilangan kelembabannya dan berubah menjadi kering dan kasar, rawatlah selalu rambut dengan menggunakan shampo dan kondisioner yang tepat, di samping itu Anda bisa mencoba menggunakan masker rambut alami atau vitamin rambut sehingga rambut tetap sehat dan jauh dari rambut kering.

Kondisioner Rambut Kering

Pemilihan perawatan yang tepat akan memberikan hasil yang baik bagi rambut anda, sebaliknya jika anda salah memilih produk atau cara perawatan maka bisa jadi rambut anda yang akan rusak dan kering. Maka dari itu, telitilah sebelum membeli atau menggunakan produk perawatan rambut tertentu agar rambut anda tidak rusak karena kesalahan dalam memilih produk. Beberapa produk perawatan tertentu menawarkan hasil yang instan, namun belum tentu akan bertahan lama, jadi pilihlah produk yang kira-kira cocok dan bisa memberikan hasil yang bertahan lama. Kemudian, setelah anda mendapatkan rambut yang terlihat lembab dan indah, maka jangan lupa untuk melakukan perawatan berkala untuk menjaga rambut anda tetap indah.

Selamat mencoba !

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *