Cara Mudah Baca Artikel Dari Internet Di Saat Offline

Kita sering menjumpai artikel menarik saat browsing di internet via smartphone. Namun, kita sering meningggalkan begitu saja karena suatu alasan dan saat kita ingin membacanya ulang, sulit untuk menemukannya lagi. So, adakah cara mudah baca artikel dari internet di saat offline?

Bagi yang telah terbiasa, bookmark mungkin menjadi salah satu cara paling simple menyimpan URL artikel atau situs yang disukai. Hanya sayangnya, untuk membukanya lagi dibutuhkan koneksi internet. Tentu hal ini tidaklah menyenangkan terutama bila sedang tidak ada koneksi internet baik itu wifi atau sedang kehabisan paket data. Bagaimana solusinya?

Tidak perlu khawatir bila hal itu benar – benar terjadi. Sebenarnya ada cara lain selain membookmark-nya yaitu dengan menyimpannya dengan format PDF yang bisa dibaca di saat offline. Berikut beberapa caranya:

Android

Boleh dibilang gadget Android adalah yang paling populer, setidaknya untuk saat ini. Berbagai fitur yang disematkan pun cukup banyak dan mudah termasuk untuk penyimpanan. Untuk menyimpan sebuah artikel web menjadi PDF cukup mudah. Buka artikel tersebut menggunakan browser Google Chrome. Lalu buka menu dan pilih menu ‘print’. Pilih format penyimpanan dengan format PDF.

Jendela baru akan muncul untuk mengkonfirmasi apakah artikel akan disimpan dalam format PDF atau cancel. Pilih ‘Save’ untuk menyimpan dan artikel secara otomatis akan tersimpan dalam memori smartphone atau Google Drive. Anda bisa membukanya kapan saja dan dimana saja di saat offline.
Simpan PDF Android

iOS

Selain versi 9 ke atas, untuk menyimpan artikel web atau halaman situs dengan format PDF cukup mudah. Cukup dengan memilih opsi ‘Reading List’ yang ditandai dengan gambar ikon kacamata pada menu ‘share’ browser Safari. Dengan begitu Anda bisa membukanya kapanpun meski tanpa koneksi internet atau di saat offline.

Simpan PDF iOS

iOS 9

Tidak begitu beda jauh dengan versi yang lain, untuk menyimpan artikel web atau halaman situs di iOS 9 juga cukup mudah. Buka URL artikel di browser Safari dan pilih menu Share. Pilih opsi penyimpanan ‘Save PDF to iBooks’. Secara langsung artikel akan tersimpan di iBooks pada kategori PDF dan bisa dibaca tanpa koneksi internet.

Simpan PDF iOS 9

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

1 Comment
  1. 8 months ago
    Kampung Inggris

    Mantaf… Artikelnya sangat membantu, Thanks Min ^_^

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *