Cara Mudah Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami

Selain bisa bikin orang kehilangan rasa percaya diri, bau mulut sering menjadi pengganggu kenyamanan orang di sekitar, terlebih buat orang yang diajak bicara. Akibatnya, banyak orang menjauh baik secara langsung maupun perlahan – lahan dan cari – cari alasan.

Banyak hal bisa menyebabkan timbulnya bau mulut dan nafas tak sedap mulai dari kurang rajin gosok gigi, gogok gigi dengan pasta gigi yang salah, sariawan, penumpukan plak, sistem pencernaan terganggu, pola makan tidak benar.

Apapun yang menjadi penyebabnya, bau mulut memang harus segera diatasi agar tidak menimbulkan dampak buruk yang lebih besar seperti timbulnya penyakit atau dijauhi banyak orang. Selain rajin memperhatikan kebersihan gigi dan mulut, penerapan pola makan yang benar sangat penting agar terhindar dari bau mulut.

Bau Mulut

Beberapa makanan di bawah ini bisa dijadikan alternatif menghilangkan bau mulut secara alami, tanpa obat dan tanpa bahan kimia berbahaya.

1. Banyak Minum Air Putih

Saat mulut lama tak tersentuh air, mulut akan mengalami dehidrasi, bakteri penyebab bau mulut juga makin cepat dan mudah berkembang. Minum air putih dapat menstimulasi saliva atau cairan bening dalam mulut yang berfungsi melawan bakteri penyebab bau mulut. Selama tidak puasa, minumlah air putih secara berkala setiap satu atau dua jam agar terhindar dari bau mulut atau bau mulut bisa berkurang.

2. Makan Buah dan Sayur Mentah

Selain banyak minum air putih, makan buah dan sayur mentah yang masih segar juga efektif menghilangkan bau mulut. Asam yang berputar dalam mulut adalah salah sebab mulut menjadi bau. Dengan makan buah dan sayur mentah segar, asam penyebab bau mulut dan nafas tak sedap bisa dinetralisir. Beberapa buah yang cukup efektif bisa melawan bau mulut dan membuat nafas menjadi lebih segar adalah seledri, apel, selada, ketimun juga wortel.

3. Berkumur Dengan Air Garam

Berkumur dengan air garam memiliki banyak manfaat untuk kesehatan terutama bagian mulut. Selain dapat meredakan sakit tenggorokan, berkumur dengan air garam juga membantu menghilangkan bau mulut yang disebabkan oleh bakteri. Tidak perlu berkumur dalam waktu lama, cukup 1- 2 menit yang dilakukan secara rutin atau saat dibutuhkan.

4. Mengunyah Yogurt atau Keju

Banyak makanan hasil olahan pabrik justru memberikan efek nafas tidak sedap dan bau mulut. Begitu juga saat usai makan berat atau makan makanan yang memiliki tekstur aroma tajam menyengat seperti jengkol, petai dan sebagainya. Yogurt atau keju mengandung bakteri baik yang dapat mengurangi kadar asam dalam mulut. Usahakan untuk mengunyah sedikit yogurt non gula atau keju sesaat setelah makan.

5. Mengulum Permen Tanpa Gula

Salah satu yang banyak membantu mengurangi bau mulut adalah makan makanan yang meningkatkan produksi saliva atau cairan bening dalam mulut. Salah satu diantaranya adalah permen. Usahakan pilih permen yang tanpa gula agar efek pencegahan bisa maksimal. Saat ini, beberapa permen sudah diformulasikan dengan bahan pengcegah bau mulut seperti cengkeh dan daun mint.

Permen Mint

Selain 5 cara di atas, ada satu lagi cara hal penting yang harus diperhatikan agar terhindar dari bau mulut dan nafas tak sedap, yaitu berhenti merokok. Survey membuktikan bahwa kaum pria memiliki keluhan bau mulut lebih banyak dibanding kaum wanita. Penyebabnya adalah karena pria lebih banyak menjadi perokok berat dibanding wanita. Mengunyah permen mint atau sikat gigi hanyalah solusi sesaat. Mau tidak mau, kebiasaan merokok harus dikurangi bahkan bila mungkin dihentikan agar bau mulut bisa hilang dan menjauh.

Advertisements
--------------------
Semoga artikel di atas bermanfaat ! Jika Anda memiliki pendapat berbeda atau memiliki informasi lebih akurat dari artikel di atas, silahkan berbagi disini bersama kami.

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *